Enam Fitur Keamanan OPPO A16 yang Wajib Kamu Tahu!

Dengan dunia yang serba digital, kini hampir seluruh kegiatan yang kita lakukan sehari-hari berkutat di dalam smartphone. Mulai dari pesan penting, pemesanan barang di situs e-dagang, sampai kelas atau rapat daring. Tentu data harus tersimpan secara tepat, dan fitur keamanan OPPO A16 bisa kamu manfaatkan dengan baik.

Ya, smartphone yang baru saja sebutkan merupakan sebuah penawaran terbaru di tahun 2021 untuk kelas pemula atau entry-level. Dengan harga kurang dari Rp2 juta, Gizmo friends bisa mendapatkan sebuah perangkat yang stylish, punya layar besar, baterai tahan seharian sampai kemampuan gaming yang cukup oke di kelasnya.

Walaupun bukan flagship, fitur keamanan OPPO A16 tidak main-main loh. Hal tersebut salah satunya tentu saja berkat penggunaan tampilan antarmuka terbaru, ColorOS 11 berbasis Android 11. Dengan begitu, pengguna bisa menemukan beberapa fitur yang ada di seri-seri lebih tinggi, sebut saja OPPO Reno6 series. Hadir berikan rasa aman menyeluruh.

Baca juga: Review OPPO A16: Desain Tetap Stylish, Baterai Makin Awet

Setidaknya ada enam fitur keamanan OPPO A16 yang perlu kamu tahu dan manfaatkan dalam penggunaan sehari-hari. Beberapa di antaranya memanfaatkan hardware atau perangkat keras, sementara sisanya dapat mengamankan data maupun aplikasi yang kamu simpan. Agar aman ketika sedang digunakan orang lain, termasuk anak-anak sekalipun.

Side Fingerprint Sensor

OPPO A16

Kalau yang satu ini, tentu Gizmo friends bakal langsung tahu saat pertama kali menggunakan smartphone OPPO terjangkau satu ini. Ya, fitur keamanan OPPO A16 yang satu ini bisa dibilang unggulan, karena peletakannya lebih praktis. Beralih dari bodi belakang ke bagian samping, menyatu dengan tombol power.

Dengan begitu, secara natural kamu dapat membuka kunci layar selayaknya menekan tombol power pada umumnya. Nah, setidaknya ada dua cara untuk membuka kunci layar pada OPPO A16, yaitu dengan hanya menyentuhnya saja, atau harus sambil ditekan.

Saya pribadi memilih opsi kedua, agar tidak terjadi layar terbuka sendiri secara tidak sengaja. Fitur keamanan OPPO A16 berbasis hardware satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuka aplikasi maupun file yang terkunci—akan dijelaskan pada bagian berikutnya.

Face Unlock

Cara kerja fitur keamanan OPPO A16 yang satu ini cukup sederhana, yaitu menjadikan alternatif metode buka kunci layar selain pakai sensor sidik jari. Face unlock bisa digunakan secara bersamaan, artinya ketika gagal mendeteksi wajah, kamu dapat langsung menggunakan metode lainnya.

Meski begitu, jangan kaget kalau fitur ini bekerja sangat-sangat optimal, meski dalam kondisi pencahayaan gelap sekalipun. Pasalnya, layar bisa menyala terang secara otomatis, agar wajah terlihat dan bisa tetap terdeteksi. Kamu bisa atur agar hanya terbuka saat mata terbuka, juga agar posisi tetap di layar kunci (alias harus swipe terlebih dahulu).

App Lock

fitur keamanan OPPO A16 - app lock

Ingin mengunci aplikasi agar tak bisa diakses oleh sembarang orang? Bisa. Terutama aplikasi kantor maupun aplikasi kirim pesan seperti WhatsApp dan Telegram, di mana di dalamnya bisa terdapat informasi-informasi penting. Fitur keamanan OPPO A16 ini bisa kamu aktifkan pula, cegah kebocoran data.

Fitur ini bisa kamu akses pada menu Settings – Privacy. Di dalamnya, Gizmo friends dapat memilih aplikasi apa saja yang ingin dikunci, dan apakah harus meng-inputkan password kembali sesaat setelah keluar dari aplikasi tersebut. Selain password, juga bisa menggunakan sidik jari sampai data wajah sebagai alternatif.

Hide Apps

Kalau opsi sebelumnya memberikan kunci tambahan pada sebuah aplikasi, Hide Apps lebih ke menghilangkan aplikasi penting dari tampilan menu. Mungkin Gizmo friends tak ingin terlihat memiliki banyak gim di smartphone-nya? Cukup manfaatkan fitur keamanan OPPO A16 yang praktis ini.

Masih pada menu yang sama, aplikasi dapat dipilih, kemudian kamu harus meng-inputkan kode untuk akses aplikasi yang disembunyikan. Nantinya saat ingin akses, lakukan panggilan telepon ke kode yang sudah ditentukan, baru nanti akan tampil aplikasi tersembunyi.

Private Safe

Dua fitur di atas lebih ke aplikasi, sementara Private Safe lebih ke file seperti media dan lainnya, disortir dalam empat bagian berbeda; image & videos, audio, documents, dan other files. Gizmo friends bisa simpan media pribadi seperti informasi login kantor, struk tertentu dan sejenisnya.

Yang cukup canggih, selain bisa menyembunyikannya di dalam penyimpanan internal, fitur Private Safe juga bisa disambungkan ke cloud lewat akun HeyTap. Dengan begitu, bila kamu memiliki lebih dari satu perangkat OPPO, data file yang tersembunyi dapat diakses antar perangkat.

Kid Space

fitur keamanan OPPO A16 - kid space

Fitur keamanan OPPO A16 yang wajib tahu satu ini bisa dimanfaatkan untuk anak atau keponakan. Sebelum meminjamkan smartphone, kamu bisa mengakses mode Kid Space supaya perangkat aman saat harus dipinjam untuk bermain. Durasi dapat diatur mulai 15 menit sampai tak terbatas, plus bisa atur agar koneksi data tidak aktif.

Secara manual, kamu dapat memilih aplikasi apa saja yang dapat diakses nantinya. Dengan begitu, aplikasi krusial atau pribadi bakal aman, dan tidak akan terjadi kasus seperti tak sengaja berlangganan konten berbayar di dalam gim.

Nah, dari enam fitur keamanan OPPO A16 yang sudah dijabarkan di atas, mana yang jadi favorit Gizmo friends? Atau justru baru mengetahui beberapa di antaranya? Bila iya, selamat mencoba!

Tinggalkan komen