Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Fitur-Fitur Terbaru Samsung Galaxy Note20 Series Bisa Bikin Kamu Makin Produktif

0 2.224

Penggunaan smartphone dalam keseharian kita saat ini tak hanya untuk sekadar kebutuhan komunikasi saja. Namanya juga ponsel pintar, jadi selain sebagai alat komunikasi, juga dapat difungsikan untuk menyelesaikan tugas sehari-hari dengan lebih mudah, cepat serta efisien. Untuk itu, fitur smartphone masa kini semakin banyak, termasuk seri flagship terbaik seperti Samsung Galaxy Note20 series.

Baru saja diluncurkan awal Agustus kemarin, Samsung Galaxy Note20 series dirilis sebagai sebuah smartphone yang cocok untuk digunakan baik saat bekerja maupun perangkat hiburan. Dengan S Pen dan perangkat lunak yang ditingkatkan, Samsung memperkenalkan beragam fitur baru di Galaxy Note20 series untuk tingkatkan produktivitas. Apa saja fitur-fiturnya?

S Pen yang Ditingkatkan, Proses Pencatatan Lebih Instan

Fitur S Pen Galaxy Note20 Series

Samsung benar-benar menyempurnakan stylus yang ada di kedua smartphone terbaik Samsung pada tahun 2020 ini. Ya, S Pen pada Galaxy Note20 series hadir dengan fitur baru dimana proses pencatatan dapat terjadi secara instan, mudah serta tersinkronisasi otomatis. Untuk memberikan pengalaman menulis yang lebih natural, Samsung hadirkan beberapa peningkatan.

Dengan mempelajari algoritma penggunaan S Pen pada Samsung Galaxy Note series yang sebelumya, Samsung mengolahnya menjadi sebuah AI dengan machine learning untuk tingkatkan akurasi S Pen di Galaxy Note20 series. Hasilnya? Dikombinasikan dengan refresh rate 120Hz pada Galaxy Note20 Ultra, latensi atau jeda waktu antara stylus dengan panel layar hanya 9ms, alias mendekati akurasi menulis di atas kertas.

Air gesture S Pen Galaxy Note20

Ingin berpindah-pindah aplikasi secara cepat? Pengguna tidak perlu menekan tombol kapasitif atau menggunakan gestur dengan stylus ke layar Galaxy Note20 Series. Cukup manfaatkan fitur Anywhere actions seperti ilustrasi pada gambar di atas, maka proses buka tutup aplikasi maupun bernavigasi menjadi jauh lebih mudah.

Kapan pun pengguna mendapatkan inspirasi atau perlu melakukan pencatatan, cukup keluarkan S Pen dan tulis di layar, tanpa perlu buka kunci atau akses aplikasi tertentu. Tulisan tangan kurang bagus? Tenang, Samsung berikan fitur untuk meluruskan tulisan secara otomatis, termasuk mengubahnya dalam format teks yang dapat di-copy & paste.

Samsung Notes yang Terintegrasi

Samsung Notes Galaxy Note20

Akan menjadi sangat merepotkan jika seluruh catatan yang kita simpan pada smartphone ditampilkan secara tidak terstruktur, atau tidak mudah diakses dari perangkat lain. Hal tersebut tentu tidak bakal Gizmo friends alami dengan Galaxy Note 20 series, dengan fitur baru yang ada di Samsung Notes. Seluruh catatan akan secara otomatis terorganisir untuk permudah pencarian.

Ketika mendapat kiriman dokumen dari rekan kerja atau klien, pengguna bisa langsung berikan revisi coretan lewat Samsung Notes. Tinggal impor saja dokumen PDF yang dituju, lalu pilih halaman mana yang ingin dimasukkan ke dalam sebuah catatan. Nantinya, hasil coretan bisa kembali di-ekspor untuk kemudian dibagikan ke rekan kerja. Sembari proses revisi berlangsung, tersedia fitur Audio Bookmark dimana suara dan revisi akan terekam untuk diputar kembali.

Seluruh catatan yang tersimpan di Samsung Notes bisa diakses di perangkat lain seperti tablet dan PC. Tak sampai di situ saja, Samsung telah bekerja sama dengan Microsoft untuk integrasikan Samsung Notes dengan Office 365. Nantinya, seluruh catatan akan otomatis tersambung ke OneNote, termasuk pengingat ke Microsoft To-Do sampai kalender Outlook.

Multitasking Menggunakan Samsung DeX di Galaxy Note20 Series

Wireless DeX Galaxy Note20

Baik Samsung Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra sama-sama dilengkapi layar super lebar, masing-masing berdimensi 6,7 & 6,9 inci. Dengan dimensi layar sebesar itu, menjalankan dua aplikasi akan terasa cukup lega. Namun bagaimana jika ingin menjalankan beragam aplikasi lebih banyak lagi? Pengguna bisa memanfaatkan fitur Samsung DeX.

Diluncurkan sejak tahun 2017, fitur ini memungkinkan kamu untuk menyambungkan smartphone ke layar eksternal, mengubahnya menjadi komputer portabel. Saat itu dibutuhkan aksesori seperti docking khusus sebagai sumber daya tambahan. Kemudian pada seri Galaxy Note9, metodenya dibuat lebih simpel, hanya perlu menggunakan adapter HDMI saja.

Nah, di Samsung Galaxy Note20 series, fitur baru wireless DeX memungkinkan kita untuk menyambungkan ke Smart TV dengan Miracast, tanpa perlu kabel atau tambahan daya eksternal sama sekali. Berbeda dengan Miracast yang hanya teruskan tampilan dari smartphone, DeX akan menampilkan antarmuka selayaknya komputer desktop, dengan jendela aplikasi yang bisa disesuaikan, fungsi drag & drop dan lainnya.

Dengan memanfaatkan wireless DeX, kamu dapat jalankan aplikasi yang berbeda pada TV maupun smartphone. Jika diperlukan, layar Samsung Galaxy Note20 dapat berubah menjadi touchpad untuk mengontrol konten yang ditampilkan. Selain tingkatkan produktivitas, fitur ini dapat dimanfaatkan sebagai media hiburan keluarga di rumah.

Performa Kencang dengan 25W Fast Charging

Wireless PowerShare Galaxy Note20

Dengan chipset Exynos 990, RAM berjenis LPDDR5 serta memori penyimpanan terbaru UFS 3.1, tentunya performa yang lebih kencang di Samsung Galaxy Note20 series bakal membantu Gizmo friends untuk menyelesaikan tugas dengan lebih cepat. Chipset baru ini juga tentunya lebih efisien daya, sehingga penggunaan perangkat bisa tahan lebih lama.

Masing-masing varian punya baterai yang lebih besar dari generasi sebelumnya, yaitu 4,300 mAh untuk Galaxy Note20 dan 4,500 mAh di Galaxy Note20 Ultra. Keduanya sudah mendukung fast charging 25W, yang hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk isi daya lebih dari 50%. Dengan begitu, pengguna dapat kembali beraktivitas tanpa perlu menunggu proses isi daya baterai yang lama.

Selain fast charging, keduanya juga sudah mendukung fast wireless charging 15W, serta reverse wireless charging 9W. Yang terakhir bisa dimanfaatkan untuk isi daya perangkat aksesoris seperti Galaxy Watch 3 maupun Galaxy Buds Live ketika diperlukan. Tak perlu lagi membawa banyak kabel untuk isi daya beragam perangkat.

Pre-order Samsung Galaxy Note20 series masih berlangsung hingga 19 Agustus 2020 mendatang. Selain berpotensi untuk mendapatkan cashback hingga Rp1 juta, pembeli Samsung Galaxy Note20 Ultra bakal mendapatkan bonus e-voucher untuk membeli earphone TWS terbaru, Galaxy Buds Live seharga Rp2,599 juta (dan Galaxy Buds Plus untuk pembelian Samsung Galaxy Note20). Jangan sampai terlewat atau kehabisan bonusnya ya, Gizmo friends!


Cek harga Smartphone Samsung di:

ERASPACE.com Lazada.co.id Shopee.co.id Blibli JD.ID Tokopedia.com


Disclosure: artikel ini merupakan kerja sama dengan Samsung Electronics Indonesia