Samsung Galaxy Z Fold3 5G Diresmikan, Harga Mulai Rp24 Jutaan

Seoul, Gizmologi – Yang dinanti-nanti akhirnya diresmikan! Vendor elektronik asal Korea Selatan, Samsung Electronics Co., Ltd. akhirnya meresmikan dua smartphone lipat terbarunya. Jadi yang paling premium, Samsung Galaxy Z Fold3 5G kini dirancang lebih canggih. Berikan banyak peningkatan dari generasi sebelumnya.

Galaxy Z Fold3 5G adalah smartphone lipat generasi ketiga untuk seri Fold, dirancang lebih tahan lama dan berikan pengalaman lebih optimal. Tak seperti Z Flip3 5G yang dirancang lebih kompak, opsi lebih besar ini jadi perangkat powerhouse yang bisa maksimalkan produktivitas sekaligus hiburan.

Baca juga: 3 Cara Asah Kreativitas dengan Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G

“Sebagai pionir dan pemimpin industri di kategori perangkat foldable, kami bangga dapat memperkuat warisan inovasi kami melalui Z Fold3 5G dan Z Flip3 5G,” kata Dr. TM Roh, President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics. Lantas apa saja peningkatan yang dibawa untuk smartphone dengan harga Rp20 jutaan ini?

Galaxy Z Fold3 5G Lebih Kuat & Tahan Air

Galaxy Z Fold3 5G

Yang paling dikhawatirkan dalam menggunakan sebuah smartphone layar lipat adalah daya tahannya. Meski sudah ditingkatkan pada seri sebelumnya, Galaxy Z Fold3 5G dibuat lebih kokoh lagi. Bingkainya terbuat dari Armor Aluminum, lebih kuat dari aluminum biasa.

Material bodi luarnya sepenuhnya dilapisi oleh Gorilla Glass Victus agar lebih tahan pecah ketika terjatuh, lengkap dengan kaca sensor kamera yang mengusung Gorilla Glass DX. Galaxy Z Fold3 5G juga jadi smartphone lipat pertama yang dirancang tahan air, dengan standar IP68. Semuanya bisa dibawa dengan profil sedikit lebih kompak.

Bobotnya turun menjadi 271 gram, sementara opsi warnanya kini ada tiga; Phantom Black, Phantom Silver serta Phantom Green. Tak hanya bagian luar, bagian dalamnya juga dirancang lebih kuat. Mengingat sekarang sudah mendukung input sentuh lewat stylus S Pen.

Layar Canggih dengan Kamera Under Display

Galaxy Z Fold3 5G

Di bagian luarnya, terdapat layar 6,2 inci yang memanjang ke atas, gunakan panel Dynamic AMOLED 2X dengan refresh rate 120Hz. Ketika dibuka, ada layar lipat 7,6 inci Infinity Flex yang juga punya refresh rate sama. Kini tanpa batasan alias tampil penuh.

Hal tersebut berkat penggunaan kamera depan under-display, menyatu dengan layar. Meski resolusinya hanya 4MP, ukuran piksel individunya sangat besar mencapai 2um, plus diafragma f/1.8. Selain pertama di Samsung, juga pertama pada layar lipat yang usung teknologi tersebut.

Bekerja sama dengan Wacom, Samsung hadirkan stylus S Pen Fold Edition khusus Galaxy Z Fold3 5G, tanpa Bluetooth namun tetap mendukung gestur Air Commands. Tidak ada slot khusus, alias terpisah selayaknya Galaxy S21 Ultra.

Samsung juga optimalkan jalannya aplikasi dengan layar besar. Multitasking dirancang lebih baik, bahkan bekerja sama dengan TikTok untuk jalankan aplikasi lebih optimal. Atau bersama Microsoft, optimalkan aplikasi Outlook untuk tampilkan dua email berbeda pada masing-masing layar.

Spesifikasi Lain Setara Flagship 2021

Galaxy Z Fold3 5G

Samsung Galaxy Z Fold3 5G mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 888, dipasangkan dengan RAM 12GB plus penyimpanan internal berjenis UFS 3.1. Gunakan sistem baterai ganda, kapasitasnya sedikit mengecil di 4,400 mAh. Mendukung arus 25W lewat kabel dan 11W secara nirkabel. Termasuk reverse wireless charging 4,5W.

Tertarik untuk membeli Galaxy Z Fold3 5G? Pre-order sudah dimulai di hari yang sama sejak peluncurannya, sementara penjualan perdananya bakal diadakan 27 Agustus mendatang di beberapa wilayah. Indonesia termasuk negara yang kebagian pre-order sejak hari pertama.

Konsumen bisa mendapatkan Galaxy Z Fold3 5G dengan harga mulai dari Rp24,999 juta. Harga yang jauh lebih murah dari generasi sebelumnya, tentu bakal meminat lebih banyak konsumen. Terutama dengan bonus yang umumnya menarik saat penjualan pertama.

Tinggalkan komen