Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Hands on Samsung Galaxy A50s: Pembaruan dengan Fitur NFC, Super Steady dan Game Booster

Galaxy A50s hadir dengan beragam fitur unggulan seperti kamera utama 48MP, performa unggul AI gaming booster, serta Samsung Pay untuk menjawab tantangan gaya hidup generasi live.

Pada bulan Maret yang lalu, Samsung merilis produk terbarunya di kelas midrange yaitu Galaxy A50. Di luar dugaan, enam bulan kemudian Samsung memperbarui seri tersebut dengan sejumlah peningkatan. Produk baru tersebut adalah Samsung Galaxy A50s.

Bisa dibilang, update yang hadir di Samsung Galaxy A50s cukup penting karena menambahkan hal esensial yang tidak ada di sebelumnya yaitu NFC, Super Steady, dan Gaming Booster. Menurut Irfan Rinaldi, Product Marketing Samsung Electronic Indonesia (SEIN), Samsung Galaxy A50s menyempurnakan seri sebelumnya yang telah mendapatkan sambutan baik dari konsumen dengan sejumlah fitur baru untuk generasi live.

“Melalui Galaxy A50s kami hadirkan fitur yang bermanfaat, mulai dari triple camera 48MP dengan fitur super steady, AI gaming booster untuk pengalaman gaming maksimal, serta dilengkapi NFC dan pre-loaded Samsung Pay yang dapat memfasilitasi pembayaran online yang kini tengah menjadi tren di kalangan konsumen Indonesia,” ujar Irfan saat memperkenalkan Samsung Galaxy A50s di Jakarta (11/9/2019).

Baca juga: OPPO F11 vs Samsung Galaxy A50: Persaingan Smartphone Kelas Menengah

Hands-on Samsung Galaxy A50s

Samsung Galaxy A50sGenerasi masa kini lebih menyukai konten bergerak, seperti video pendek, gif, atau konten yang lebih entertaining dan inspiring. Lahir saat dunia digital sudah semakin canggih, mereka sangat fasih bermain mobile game, hingga melakukan transaksi digital. Inilah yang menjadi alasan Samsung untuk merilis Galaxy A50s ke pasar.

Gizmologi berkesempatan untuk melakukan hands-on secara singkat produk ini saat acara berlangsung. Ponsel ini memiliki tiga pilihan warna yaitu Prism Crush Black, Prism Crush White, dan Prism Crush Green. Namun saat acara berlangsung, hanya ada dua warna yang disediakan yakni hitam dan hijau.

Seperti terlihat pada gambar di atas, body bagian belakang Samsung Galaxy A50s terlihat atraktif dengan motif diamond cutting yang dinamis dan keren. Tetapi di sisi lain jadi terkesan mirip dengan smartphone kompetitor yang sudah lebih dulu menerapkan konsep serupa seperti dari OPPO, Realme, dan lainnya. Dalam dunia bisnis, sah-sah saja menerapkan konsep ATM (amati, tiru, modifikasi).

Kemudian di bagian depan, terdapat layar penuh Super-AMOLED yang luas berukuran 6,4 inci. Resolusinya FHD+ dengan konsep poni mungil di atas untuk menaruh kamera depan. Samsung menyebutnya sebagai Infinity-U walau lagi-lagi ini bukan hal baru di industri.

Samsung Galaxy A50s cameraBeralih ke sektor kamera. Samsung Galaxy A50s memiliki triple camera dengan lensa utama sebesar 48MP, lensa Ultra Wide dengan sudut pandang 123° dan Depth Lens yang dapat menghasilkan efek bokeh secara optimal melalui fitur Live Focus. Pengguna dapat mengatur kedalaman bokeh bahkan memiliki berbagai opsi seperti efek blur yang berputar (spin), zoom, color pop, mono, side, serta efek warna vintage.

Hal baru yang ada di Samsung Galaxy A50s yang diadopsi dari seri flagship adalah fitur Super Steady. Ini penting banget untuk merekam video secara mulus dan meminimalisasi goncancan, bahkan untuk merekam momen aksi cepat di segala situasi agar menghasilkan konten live yang semakin unik, kreatif, dan otentik.

Related Posts
1 daripada 213

Saat dicoba menggunakannya baik menggunakan scooter elektrik maupun berlari-lari kecil, hasil videonya tetap mulus minim goncangan.

Fitur lain yang tak kalah penting, bahkan sangat berguna bagi para komuter maupun pemilik kendaraan pribadi di Jakarta adalah NFC. Ya, Samsung Galaxy A50s telah didukung dengan NFC dan Samsung Pay yang memudahkan untuk melakukan transaksi pembelian tanpa uang tunai maupun kartu kredit.

Dengan NFC, kita bisa melakukan top-up kartu e-money langsung dari smartphone. Maupun berbelanja di sejumlah merchant yang mendukung. Sedangkan Samsung Pay memberikan kemudahan berbelanja dengan swipe-up di home screen. Saat ini Samsung Pay baru bekerja sama dengan DANA.

Selanjutnya bagi yang gemar bermain game, terdapat AI Gaming Booster yang di vendor lain pun, konsep ini sudah diterapkan. Intinya, fitur AI Gaming Booster dapat mengenali tipe game yang sedang dimainkan dan secara otomatis mengoptimalkan performa. Sehingga memberikan tampilan yang detail serta meminimalisir terjadinya lag pada saat proses bermain game online.

Untuk dapur pacunya sendiri, Samsung Galaxy A50s dibekali dengan chipset Exynos 9611 dan kapasitas RAM 4GB / 6GB. Sudah mencukupi untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Terlebih dengan kapasitas baterai 4.000 mAh bisa dipakai untuk seharian yang didukung pula dengan fast charging.

So far, berdasarkan hands-on singkat yang kami lakukan, Samsung Galaxy A50s menyajikan performa dan fitur yang impresif. Bisa dipastikan, konsumen yang baru saja membeli Samsung Galaxy A50 bakal menyesal. Karena beberapa fitur tambahan yang dihadirkan terbilang esensial.

Harga Samsung Galaxy A50s

Samsung menggelar Pre-order Galaxy A50s sejak tanggal 9 – 15 September 2019. Konsumen bisa memiliki Samsung Galaxy A50s dengan harga Rp 4.099.000,- untuk kapasitas RAM 4GB, dan Rp 4.899.000,- untuk RAM 6GB.

Untuk memasarkan produk ini, Samsung bekerja sama dengan sejumlah e-commerce terkemuka seperti Lazada, Blibli, Dinomarket, Shopee, Tokopedia, Erafone, Bhinneka, Telesindo, Bukalapak, dan sejumlah toko retail.  Terdapat promo menarik selama masa pre-order yaitu cashback Rp 200.000,- untuk A50s dengan RAM 4GB dan cashback Rp 300.000,- untuk A50s dengan RAM 6GB.

Spesifikasi Samsung Galaxy A50s

Body : 158.5 x 74.5 x 7.7mm
Colors : Prism Crush Black, Prism Crush White, dan Prism Crush Green
Display:  6.4-inch FHD+ (1080×2340) Super AMOLED Infinity-U Display
Rear Camera: 48MP (F2.0) + 5MP (F2.2) + 8MP (Ultra Wide) (F2.2)
Front Camera: 32MP (F2.0)
Processor : Exynos 9611
RAM : 4GB / 6GB RAM
Storage: 64GB / 128GB Internal Storage Micro SD slot (up to 512GB)
Battery: 4000 mAh
Security: Biometric Authentications, On-screen Fingerprint, Face Recognition
Payment: Samsung Pay & NFC enabled