Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Membongkar Komponen Mi 11, Flagship Xiaomi di Awal 2021

0 2.533

Saat ini, desain smartphone makin lama makin dirancang tipis dan lebih stylish dari sebelumnya, meski mungkin lebih besar karena dimensi layar yang ikutan membesar. Padahal, di dalamnya terdapat beragam perangkat keras yang powerful. Sebut saja komponen Xiaomi Mi 11 yang usung kamera superior dengan kemampuan rekam video canggih.

Ada arsitektur kompleks yang sudah dirancang sedemikian rupa oleh Xiaomi supaya seluruh fitur yang dibawa bisa muat dalam sebuah kemasan premium. Xiaomi Mi 11 notabene hadir dengan banderol harga cukup terjangkau bila dibandingkan flagship sekelas lainnya.

Supaya masyarakat dan media dapat mengetahui detil-detil komponen Xiaomi Mi 11, Xiaomi Indonesia mengadakan sebuah sesi teardown di mana smartphone tersebut dibongkar. Dan dalam prosesnya, dijelaskan komponen-komponen penting yang membuat flagship Xiaomi di 2021 ini bisa hadirkan fitur-fitur inovatif. Penasaran gimana isinya? Berikut foto dari jeroan Xiaomi Mi 11!

Baca juga: Review Xiaomi Mi 11: Pertama dengan Snapdragon 888 

Melihat Jelas Isi Komponen Xiaomi Mi 11

Jeroan Xiaomi Mi 11

Lewat sebuah sesi virtual, proses teardown untuk mengetahui isi komponen Xiaomi Mi 11 dilakukan oleh Senior Technical Support Engineer Xiaomi Indonesia, Woro Prasetio bersama dengan Andi Renreng, Product PR Manager Xiaomi Indonesia.

Terlihat pada gambar di atas, tentunya bagian yang menjadi paling lebar secara dimensi adalah penutup bodi belakang yang gunakan material kaca. Ketika bagian tersebut dibuka, langsung terlihat jeroan Xiaomi Mi 11 yang kemudian ‘dipecah’ satu-satu per komponen. Dilepaskan dari bagian frame yang ada di sebelah kiri bodi belakang.

Yang ada di pojok kiri atas adalah penampang pengisian daya nirkabel atau Qi wireless charging, umumnya ditempelkan di atas baterai yang ada di sisi seberangnya. Di antara keduanya, terdapat motherboard tempat cip Snapdragon 888 diletakkan. Bersama dengan komponen kecil lain, termasuk slot kartu SIM.

Sementara di bawah baterai, terdapat bingkai kamera belakang yang punya material kokoh, untuk melindungi modul kamera utama Xiaomi Mi 11. Modul tersebut tergolong besar secara dimensi, karena mengusung resolusi yang juga besar di 108MP.

Lalu juga ada bagian heat pipe yang bertugas untuk memancarkan panas ke bodi bagian luar, supaya performa tetap terjaga meski sedang digunakan secara intensif. Terdapat pula setup speaker stereo yang cukup spesial, karena dibuat langsung oleh pihak harman/kardon.

Masa Pre-order Xiaomi Mi 11 Sudah Dimulai

Harga Xiaomi Mi 11

Dari jeroan Xiaomi Mi 11 yang terlihat cukup kompleks (baik secara jumlah komponen dan cara untuk menggabungkannya), smartphone tersebut bisa berikan fitur unggulan seperti kamera dengan fitur video kreatif, serta layar AMOLED tiga dimensi di depan yang kantongi sertifikasi dari DisplayMate.

Di Indonesia sendiri, Xiaomi telah resmikan smartphone ini dan dihadirkan dalam dua opsi warna; Midnight Gray serta Horizon Blue. Saat ini, masa pre-order telah dimulai di situs e-dagang Shopee, Mi.com dan toko ritel resmi Xiaomi Indonesia dengan harga Rp9,999 juta.

Tinggalkan komen