Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Akankah Lenovo Z5 Mengakhiri Era Smartphone Berponi?

Tanpa poni. Tanpa bezel. Lenovo Z5 disebut menjadi ponsel pertama yang akan benar-benar menampilkan full display bagi penggunanya. Smartphone ini akan dirilis pada 5 Juni 2018 di Beijing, Tiongkok.

Lenovo Z5 akan mencuri “start” seminggu lebih cepat dari Vivo yang kabarnya juga akan meluncurkan all-display smartphone bikinannya di Shanghai. Ponsel Vivo terbaru ini nantinya turut menyematkan pop-up camera, tulis theverge.com.

Tanggal peluncuran Lenovo Z5 diketahui dari undangan peluncurannya pada akun Lenovo di laman Weibo oleh wakil presidennya, Chan Cheng. Tampilan all-display Lenovo Z5 diketahui dari bocoran penggalan gambar desain ponsel ini, yang menunjukkan display sisi ke sisi tanpa ada “poni”

Lenovo Z5 dilaporkan juga mempunyai rasio 95% layar terhadap bodi smartphone. Hingga kini, masih belum ada informasi lagi tentang penempatan kamera depan, sensor dan earpiece.

Teaser Lenovo Z5. Foto oleh theverge.com

Techradar menulis Cheng menyebut ruang penyimpanan di dalam Lenovo Z5 bisa mencapai 4TB, yang jika benar, akan menjadi rekor ruang penyimpanan terbesar bagi smartphone.

Related Posts
1 daripada 215

Diprediksi Z5 akan mempunyai kamera ganda dan mode portrait. Sebagai tambahan, prediksi daya baterai yang besar pada ponsel ini bisa membuat pengguna menikmati 45 hari standy hanya dalam satu pengisian daya saja.

Sebelumnya, Cheng mengatakan Z5 akan menggunakan terobosan teknologi dan 18 teknologi paten tanpa menyebut secara spesifik apa sajakah itu. Sementara gawai seperti, iPhone X, telah menempatkan sensor pada “poninya” maka Z5 kemungkinan tidak akan melakukan hal yang sama sebab tidak menyertakan “poni”.

Menarik untuk ditunggu bagaimana Lenovo meletakkan sensornya dan kamera depannya.

Sebagai informasi, Xiaomi menempatkan kamera depannya pada bagian bawah pada smartphone seri Mi Mix dan Mi Mix 2 yang bezel-less. Bisa saja Z5 akan melakukan hal yang sama atau memunculkan kamera periskop sebagaimana yang dilakukan oleh Vivo dalam konsep ponsel Vivo Apex miliknya.

Baca juga: Yuk Intip 3 Lini Produk Andalan Lenovo 2018 untuk Para Profesional

Konsep Vivo Apex menghadirkan penindai sidik jari yang tertanam pada setengah bagian bawah display OLED sehingga pengguna bisa meletakan jari mereka di mana pun pada setengah bagian bawah display untuk membuka gembok smartphone. APEX menghadirkan pula display OLED 5,99 inci dengan rasio aspek 18: 9.

Vivo APEX menawarkan kamera selfie yang muncul jika dibutuhkan jadi bezel bisa menjadi lebih tipis. Walhasil, Vivo APEX mempunyai rasio layar ke badan melampaui 98%.