Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Smartphone LG V30S ThinQ Hadir dengan Kecerdasan Buatan, Sepintar Apa?

Pengoperasian teknologi AI pada LG V30S ThinQ ini mengikuti perilaku pengguna smartphone zaman now.

Halo Gizmolovers. Pasti sudah tahu kan kalau pekan ini lagi ramai Mobile World Congress 2018 di Barcelona. MWC selalu menjadi ajang bagi produsen smartphone untuk berlomba-lomba menyuguhkan produk terbaiknya. Tak terkecuali dengan LG Electronics (LG) yang meski popularitasnya menurun, tetapi berupaya untuk terus eksis. Produk yang diluncurkan vendor Korea Selatan tersebut di Barcelona adalah LG V30S ThinQ. Apa sih yang menarik dari smartphone ini?

Pada dasarnya, smarpthone ini masih memakai DNA LG V30. Penambahan label ThinQ yang membuat smartphone ini menjadi terasa istimewa. ThinQ adalah teknologi kercerdasan buatan atau artificial Intelligence yang sebelumnya diimplementasikan di beberapa produk elektronik LG. Teknologi ThinQ pertama kali diperkenalkan di CES 2018 Las Vegas pada awal tahun. Kini, ThinQ coba diaplikasin LG di produk smartphone-nya.

Upaya LG menonjolkan teknologi kecerdasan buatan ini seolah memberi pesan mereka ingin keluar dari zona nyaman. Di mana sebagian besar produsen smartphone berlomba-lomba di sektor kamera. Pengoperasian teknologi AI pada LG V30S ThinQ ini  disebut mengikuti perilaku pengguna smartphone zaman now agar lebih mudah digunakan.

Nah, seperti apa sih sebenarnya pengaplikasian teknologi AI di smartphone ini? Apakah sekadar gimmick atau memang benar-benar cerdas? Dari informasi yang kami terima, pengembangan A.I tergolong masih dalam tahap dasar, belum sampai menyeluruh. Karena hanya terfokus pada dua bidang utama, yaitu; kamera dan pengenalan suara (voice recognition).

1. Vision AI

Pada kamera, LG memberi nama Vision AI yang menawarkan tiga fitur kamera cerdas terbaru: AI CAM, QLens dan Bright Mode. Fitur ini secara otomatis dapat meningkatkan kemampuan kamera dari tingkatan dasar yang cocok digunakan bagi pemula hingga tingkatan yang lebih kompleks  selayaknya kamera bagi pengguna profesional.

AI CAM dalam LG V30S ThinQ dapat menganalisa objek dalam layar smartphone dan merekomendasikan mode pemotretan yang optimal di antara delapan kategori, yaitu: potret, makanan, hewan peliharaan, pemandangan, kota, bunga, matahari terbit, dan matahari terbenam.

Lalu QLens dalam LG V30S ThinQ menawarkan teknologi AI pada kamera yang dapat memindai kode QR untuk mengoptimalkan pengalaman berbelanja secara online. Kamu cukup menggunakan QLens untuk memotret jenis produk yang ingin dibeli. Lalu kemudian smartphone secara otomatis akan memberikan informasi terkait produk tersebut seperti; rekomendasi tempat untuk membeli produk tersebut secara online dengan harga yang paling murah hingga pilihan alternatif produk pengganti jika produk yang diinginkan sedang tidak tersedia.

Khusus untuk pengambilan gambar pada kondisi minim cahaya, di LG V30S ThinQ tersedia fitur Bright Mode. Fitur Bright Mode menggunakan algoritma untuk mencerahkan gambar tanpa gangguan.

Related Posts
1 daripada 169
Ilustrasi AI Cam di LG V30S ThinQ

 

2. Voice AI

Selanjutnya untuk pengimplementasian AI di LG V30 S ThinQ adalah pada pengenalan suara (voice recognition) yang diberi nama Voice AI. Melalui fitur ini, kamu dapat menjalankan aplikasi dan mengubah pengaturan pada smartphone hanya melalui perintah suara (voice command). Memanfaatkan fitur Google Assistant di Android, teknologi Voice AI dari LG ini mampu untuk secara langsung merujuk pengaturan secara spesifik tanpa harus membuka pilihan menu.

That’s it. Kami sebenarnya berharap lebih dari itu. Karena banyak hal di smartphone yang bisa disuntik kecerdasan buatan. Mulai dari performa, daya tahan baterai, saat menjalankan berbagai aplikasi, dan sebagainya yang menyesuaikan kebiasaan setiap pengguna sembari membuatnya lebih optimal. Sebaiknya, kita tunggu saja seperti apa pengembangan tingkat lanjut LG untuk A.I di smartphone.

Kapasitas Penyimpanan dan Pilihan Warna

LG V30S ThinQ hadir dengan RAM 6 GB serta kapasitas penyimpanan hingga 128 GB. Sedangkan untuk yang kapasitas lebih besar yakni 256GB, LG memberinya tipe LG V30S+ ThinQ. Agak merepotkan sebenarnya. Dan nggak terlalu penting memberi nama baru dengan perbedaan hanya pada kapasitas memori internal. Tapi okelah, itu terserah dari LG. Keduanya mendukung penyimpanan eksternal microSD hingga 2TB.

Untuk spesifikasi lain, secara umum sama seperti versi original. Ponsel ini memiliki luas display 6inch dengan dua pilihan warna, yaitu: Moroccan Blue dan Platinum Gray.

Diedit oleh Bambang Dwi Atmoko

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Balasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: