Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

LG Velvet Siap Gantikan G Series, Utamakan Desain daripada Spesifikasi

0 18.736

Dari tahun ke tahun, umumnya LG merilis dua smartphone flagship dengan rentang waktu enam bulan, seri G di awal tahun, diikuti seri V pada akhir tahun. Tahun ini, LG mencoba berubah dengan memperkenalkan LG Velvet.

Produsen elektronik multinasional asal Seoul tersebut baru saja mengumumkan nama lini baru untuk smartphone mereka, yang diduga akan menggantikan seri G agar bisa memberikan pilihan berbeda yang lebih menarik bagi konsumen.

Seperti yang kita tahu, LG sendiri terakhir merilis LG G8 ThinQ pada April 2019 lalu. Alih-alih merilis pembaruan dalam waktu satu tahun kemudian, LG memperbaruinya dengan G8X ThinQ di 2019, tak lama setelah V50S ThinQ 5G (yup, nama yang sedikit panjang dan susah) rilis. Dan pada bulan Maret 2020 kemarin, LG hanya merilis V60 ThinQ 5G.

Tinggalkan Penamaan Alfanumerik, LG Perkenalkan Velvet

logo lg velvet

Kedua seri G dan V ini terasa tumpang tindih, berbeda dengan Samsung, misalnya, yang merilis Galaxy S dan Galaxy Note yang memang memiliki peruntukan dan diferensiasi lebih jelas. Sepertinya LG telah menyadari hal tersebut, memutuskan untuk menjadikan LG V series sebagai lini flagship, dan membuat lini baru yang dirasa lebih menarik.

LG sendiri baru sebatas mengumumkan penamaan LG Velvet, belum menampilkan visual desain smartphone-nya secara jelas dengan spesifikasinya. Namun dari rilisan pers yang diterbitkan, LG akan fokus dalam desain elegan yang berbeda lewat LG Velvet.

Baca juga: TV LG di Indonesia Bakal Bisa Menikmati Aplikasi Apple TV

“Lustrous smoothness” dan “premium softness” adalah dua kunci karakteristik desain yang bakal dimiliki oleh LG Velvet, dimana LG memutuskan untuk meninggalkan penamaan angka demi nama produk yang lebih ekspresif dan familiar. “Branding baru kami mencerminkan tren saat ini dalam mencerminkan selera dan emosi pribadi yang unik dari individu, dengan penekanan yang lebih besar pada desain,” kata Chang Ma, Vice President of Product Strategy, LG Mobile Communications Company.

Sketsa Desain LG Velvet

sketsa LG Velvet
Sketsa resmi desain LG Velvet, usung Raindrop camera yang lebih elegan.

Sebelumnya, LG telah merilis sketsa desain resmi dari LG Velvet. Smartphone tersebut akan memiliki desain “Raindrop camera”, dimana bagian kamera seolah terlihat seperti rintik hujan. Berbeda dari kebanyakan smartphone yang punya modul kamera berbentuk persegi, LG Velvet punya modul kamera utama membulat, dengan dua kamera lainnya serta modul LED flash dibuat seperti bulatan kecil di bawahnya, menyatu dalam panel kaca bodi belakang, dimensinya berurutan seperti tetesan air hujan.

Bagian depan dan belakang akan mengadopsi desain 3D Arc, dimana sudut kacanya dibuat melengkung secara simetris di kedua sisi, menghasilkan pengalaman yang lebih natural saat digenggam jika dibandingkan dengan smartphone LG lainnya. Sekilas desain sketsa LG ini mengingatkan pada desain ponsel LG lawas sebelum menggunakan Android, sebut saja seri LG Chocolate.

Ketika semakin banyak produsen ponsel yang berlomba rilis produk berspesifikasi tinggi dengan harga semakin murah, menurut kamu, bisakah LG kembali bersaing dengan LG Velvet yang lebih mengedepankan sisi desain?