Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Meizu M6: Smartphone Murah Fitur Meriah

0 2.899

Dengan populasi lebih dari 262 juta jiwa, Indonesia menjadi pasar yang gurih bagi industri apapun, terutama ponsel. Banyak brand tertarik memasarkan produknya di Tanah Air. Aturan TKDN 30% cukup membantu menyaring produsen yang benar-benar serius memasarkan produknya di Indonesia. Salah satu yang ingin mencoba peruntungan adalah Meizu dengan produknya Meizu M6 yang menyasar kelas entry level.

Untuk menjual produknya, Meizu menggandeng situs e-dagang JD.ID. Dua brand yang sama-sama berasal dari Tiongkok ini berkolaborasi memasarkan Meizu M6 di Indonesia. Pada peluncuran akhir April yang lalu, CEO Global Meizu, Guo Wanxi, bahkan sampai datang ke Indonesia. Ia menyatakan keseriusannya untuk menggarap pasar Indonesia.

Untuk memenuhi syarat TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) tersebut, Meizu bekerjasama dengan pabrikan lokal Satnusa Persada yang bermarkas di Batam dan PT Panggung di Sidoarjo. Guo Wanxi, Meizu Global Office CEO, mengatakan pihaknya memilih memboyong Meizu M6 sebagai debutnya untuk diperkenalkan lebih dulu karena dirasa sangat cocok dengan kondisi pasar di Indonesia.

Meizu m6 yang  memiliki keunggulan seperti octa-core processor, 2GB RAM, dan 16GB flash storage, 13-megapixel kamera belakang dan 8-megapixel kamera depan, yang ditargetkan untuk pengguna yang menginginkan smartphone dengan fitur multimedia terbaik dan harga terjangkau di kelasnya. Berikut ini beberapa hal yang menarik di smartphone ini.

Overview Meizu M6

Meizu M6 designDesain

Meizu M6 menggunakan bodi polikarbonat dengan finishing metalik tanpa sudut, serta lis beraksen logam yang terlihat kokoh. Walaupun harganya terjangkau hanya satu jutaan, desain Meizu M6 begitu bergaya dan menghadirkan penampilan yang unik serta berkelas. Meizu M6 terlihat seperti logam yang berkilau seperti lukisan, terbuat dari teknologi Non-Conductive Vacuum Metallization (NCVM).

Desain yang mengombinasikan material klasik dengan rancangan unik ini menghasilkan tampilan yang stylish dan nyaman ketika digenggam.  Dilengkapi dengan logo bermotif laser, M6 menghadirkan desain yang terlihat keren.

meizu m6 colour

Layar

Berkat layar 5,2 inci dengan rasio kontras 1000:1, Meizu M6 mampu menyajikan gambar yang lebih jernih dan lebih cerah. Kaca lengkung 2.5D menghadirkan pengalaman lebih nyaman sementara teknologi laminasi penuh membuat apa yang ditampilkan di layar telepon terlihat lebih hidup. Sayangnya, ponsel ini belum menganut Full View Display yang membuat kekinian.

Kamera

Bagi yang ingin mengabadikan momen saat lebaran ataupun liburan, jangan khawatir karena ponsel ini telah dibekali kamera yang mumpuni di kelasnya. Memang belum Dual Camera, tapi sudah cukup memadai. Kamera belakang dengan sensor 13-megapiksel dan kamera depan untuk swafoto resolusi 8-megapiksel.

Kamera belakang Meizu M6 menggunakan sensor RGBW 13 megapiksel, plus lampu kilat dua warna dan algoritma pengurang noise multi-bingkai ArcSoft. Hasilnya, performa Meizu M6 cukup maksimal di semua kondisi pencahayaan.

Sementara itu kamera swafoto 8 megapiksel menggunakan aperture lebar ƒ/2.0, ditambah dengan algoritma beautify  ArcSoft yang disetel dengan cepat oleh Flyme, untuk hasil wajah yang lebih cantik. Sedangkan untuk merekam video, resolusi terbesar adalah Full HD 1920 x 1080.

Fitur kamera juga tergolong lengkap, yakni disertai menu gerak lambat (slow motion), selang waktu (time lapse), panorama, scan, dan GIF. Bahkan, disertai juga ditur Manual (Pro) untuk pengaturan lebih optimal.

Prosesor

Dari sisi performa, Meizu m6 dipersenjatai dengan  prosesor Mediatek MT6750 64 bit Octa core dengan kecepatan hingga 1.5GHz dan kartu grafis Mali-T860 GPU. Sementara itu untuk memori ditopang dengan 2GB RAM dan 16GB flash storage.

Jangan bandingkan dengan smartphone flagship yang RAM-nya 6GB dengan memori internal hingga 256GB. Karena harganya pun berbeda jauh. Mengingat ponsel ini dibanderol dengan harga 1 jutaan yang masuk dalam kelas entry level. Secara umum, Meizu M6 menghadirkan fungsi yang memadai untuk menjawab semua kebutuhan musik, video, aplikasi dan game.

Kendati murah, beberapa fitur kekinian telah disematkan. Seperti sensor sidik jari di bagian depan perangkat. Cukup dengan mengeetuk tombol untuk membuka telepon Anda. Sensor juga dapat digunakan untuk mengotorisasi pembayaran dengan aman.

Dengan kekuatan baterai 3070 mAh, Meizu m6 dapat digunakan seharian tanpa perlu sering-sering mengisi baterai.

Meizu M6 model

 

Harga Meizu M6

Smartphone Meizu m6 dipasarkan secara eksklusif di JD.ID dengan harga normal Rp 1.199.000.  Ada empat pilihan warna yang cukup menarik yaitu Black, Gold, Silver, dan Blue. Pada flash sale yang digelar pada 2 Mei yang lalu, Meizu berhasil melepas 15 ribu unit ponsel hanya dalam 30 menit. Bukti bahwa ponsel ini memiliki minat yang cukup tinggi di konsumen. Terlebih pada flash sale tersebut, Meizu M6 hanya dilego Rp999.000.

Produk-produk ponsel yang dijual di JD.ID dilengkapi dengan jaminan layanan purna jual dari mitra pemilik merek maupun dari JD.IDsendiri yang saat ini sudah ada di dua kota, yaitu Jakarta dan Surabaya. Dan khusus untuk produk Meizu M6, jaminan layanan purna jual akan diberikan selama 15 bulan.

Spesifikasi Meizu M6

Meizu M6
Klik pada gambar di atas untuk spesifikasi lebih detail

General

Device Type Smartphone
Model / Series Meizu M6
Released 27 April, 2018
Status Available
Price IDR 1.199.000

Platform

Chipset Mediatek MT6750
CPU ARM Cortex-A53 Octa-core (1,5GHz + 1,0GHz)
GPU ARM Mali-T860 GPU
RAM (Memory) 2 GB LPDDR3
Storage 16GB, microSD, up to 128 GB (dedicated slot)
Operating System Android 8.0
User Interface Flyme OS

Design

Dimensions 148.2 x 72.8 x 8.3 mm
Weight 143 g
Design Features Warna: hitam, perak, emas, biru
Battery Non-removable Li-Ion 3070 mAh battery

Network

Network Frequency 4G FDD-LTE:B1/B3/B5/B7/B8/B20

4G TDD-LTE:B38/B40

3G WCDMA:B1/B2/B5/B8

3G CDMA:BC0

2G GSM:B2/B3/B5/B8
SIM Dual Nano-SIM Cards + micro SD slot
Data Speed HSPA, LTE (Dual 4G)

Display

Screen Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size and Resolution 5,2" (1280 x 720 pixel)
Touch Screen Capacitive touchscreen 5 point
Features mTouch 360°
rasio kontras: 1000 : 1
282 ppi
kecerahan 450 cd/m² (

Camera

Multi Camera No
Rear 13 MP, Aperture ƒ/2.2, 5p elemen lens
Front 8 MP, Aperture ƒ/2.0,
Flash Yes (rear)
Video [email protected]
Camera Features Rear camer:
- Mode berkelanjutan (burst)
- Mode panorama
- Sistem autofokus
- Lampu kilat dua nada

Front Camera:
- Algoritma pengolah gambar ArcSoft
- Lensa 4 elemen
- Face AE

Connectivity

Wi-fi Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot
Bluetooth v4.2, A2DP, LE
USB microUSB v2.0, USB Host / OTG
GPS Yes, GPS, A-GPS, GLONASS
HDMI No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

Multimedia Features
Video:MP4, 3GP, MOV, MKV, AVI ,FLV, MPEG

Audio:FLAC, APE, AAC, MKA, OGG, MIDI, M4A, AMR

Gambar:JPEG, PNG, GIF, BMP
FM Radio Stereo FM radio
Web Browser HTML5 (Android Browser)
Messaging SMS (threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Sensors
Sensor gravitasi

Sensor kedekatan infra merah, giroskop, sensor cahaya lingkungan,

Sensor sentuh

kompas digital
Other - Active noise cancellation with dedicated mic