Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Nokia 1.3, Ponsel Murah Pertama dengan Aplikasi Camera Go

0 1.423

Segmen ponsel Android kelas entri masih menjadi salah satu fokus utama untuk HMD Global. Bagi mereka, beberapa negara berkembang masih sangat membutuhkan ponsel pintar terjangkau, terutama bagi mereka yang baru saja memutuskan untuk berpindah dari feature phone ke smartphone.

Setelah sebelumnya merilis Nokia 1 & 1 Plus, HMD kini memperbaruinya dengan Nokia 1.3. Ponsel ini membawa beberapa peningkatan menarik, serta sebuah fitur yang umumnya ditemukan pada ponsel kelas atas atau setidaknya memiliki lebih dari satu kamera utama.

Spesifikasi Nokia 1.3

Nokia 1.3 Charcoal

Jika dilihat sekilas, desain Nokia 1.3 sedikit mirip seperti Nokia 2.2 yang sudah pernah kami ulas sebelumnya. Kamera terletak di bagian tengah atas, dengan lubang speaker kecil di bawah kiri bodi belakang ponsel. Di sisi depan, terdapat layar 5,71 inci HD+ dengan waterdrop notch, mengakomodir kamera depan 5MP. Selain tombol volume dan power, ada pintasan tombol untuk akses Google Assistant.

Baca juga: Review Nokia 2.2: Berbasis Android One Meski Kurang Rupawan

Nokia 1.3 ditenagai prosesor Snapdragon 215 dari Qualcomm, yang punya CPU quad-core Cortex-A53 1.3GHz. Kapasitas RAM 1GB dipasangkan dengan memori internal 16GB, bisa ditambah kartu microSD sampai 400GB. Ya, spesifikasinya memang sangat pas-pasan. Maka dari itu, ponsel ini menggunakan sistem operasi Android 10 Go edition yang lebih ringan dan hemat memori.

Kapasitas baterai 3000 mAh dinilai sanggup menyala seharian, dengan waktu standby hingga 28 hari. Port micro USB pada Nokia 1.3 juga sudah mendukung USB OTG, dan tentunya lengkap dengan jack audio 3,5mm. Sensor cahaya, proximity dan akselerometer tetap hadir meski dirilis sebagai ponsel murah.

Kamera Nokia 1.3 dengan Google Camera Go

Merayakan lebih dari 100 juta pengguna aktif ponsel Android Go edition. Google meluncurkan sebuah aplikasi baru khusus untuk sistem operasi versi minimalisnya, yaitu Camera Go. Google menilai aplikasi kamera yang ada pada ponsel murah saat ini kurang baik dalam hal performa serta cenderung kompleks untuk digunakan, membuat ponsel cepat kehabisan memori.

Dengan Camera Go, ponsel Android Go edition seperti Nokia 1.3 yang punya memori terbatas tak perlu takut kepenuhan file foto. Tampilannya dibuat sangat simpel, dan secara otomatis mendeteksi jumlah foto dan video pada ponsel, membantu meningkatkan memori sehingga pengguna dapat terus mengambil foto. Selain itu, Google menyematkan mode potret berbasis AI, sehingga bisa hasilkan foto dengan efek blur meski hanya dengan satu kamera. Tak heran, mengingat Google Pixel dapat hasilkan efek blur yang cukup natural meski tanpa kamera sekunder.

Kamera utama Nokia 1.3 beresolusi 8MP dengan autofokus dan lampu kilat. Selain bisa hasilkan foto potret, kameranya dilengkapi mode HDR dan kemampuan AI untuk meningkatkan kualitas foto saat kondisi kurang cahaya. Hadir dalam tiga pilihan warna (Charcoal, Cyan & Sand), ponsel ini mulai dijual pada awal April 2020 mendatang dengan harga retail 95 Euro (Rp1,5 jutaan).


Beli smartphone Nokia secara online di:

JD.ID Shopee Eraspace