Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Nubia Play 5G, Smartphone Gaming Termurah dengan Layar AMOLED 144Hz

0 10.837

Pertengahan bulan Maret kemarin, Nubia merilis sebuah smartphone gaming, Red Magic 5G dengan spesifikasi layar terbaik yang punya refresh rate 144Hz. Fitur tersebut tentu saja bakal sangat menarik untuk para gamer mobile. Nah, bagi yang tidak ingin merogoh kocek terlalu dalam, Nubia siapkan Nubia Play 5G.

Sama seperti smartphone flagship yang rata-rata dirilis dalam versi ‘lite’, Nubia Play 5G hadir sebagai alternatif versi murah, tapi tetap membawa fitur kunci yang ada di seri teratas smartphone gaming Nubia, yaitu layar 144Hz, dan tetap mendukung jaringan 5G dengan Snapdragon 765G.

Bagi yang masih belum terlalu familiar, Nubia adalah sub-brand dari ZTE. Merek ini pernah beredar sebentar di Indonesia, namun kurang mampu bersaing di pasar Tanah Air yang kompetitif. Namun berbeda dengan Honor milik Huawei sebagai seri yang affordable, Nubia di pasar ponsel justru lebih menonjol ketimbang ZTE sebagai induk usaha.

Baca juga: Nubia Red Magic 5G Dirilis dengan Layar Canggih 144Hz

Fitur Keunggulan Nubia Play 5G

nubia Play 5G

Menjadi smartphone gaming, tentunya Nubia Play 5G punya desain yang dibuat menarik perhatian dengan aksen garis di bodi belakangnya. Hadir dalam tiga varian warna (black, blue & white), Nubia Play 5G sama-sama mengusung layar AMOLED full HD+ berdimensi 6,65 inci, dengan refresh rate 144Hz dan touch sampling rate 240Hz. Sensor sidik jari juga masih ada di dalam layar, sementara bezel atas dan bawah dibuat sedikit tipis agar masih nyaman saat digunakan untuk gaming.

Nubia Play 5G punya tiga sensor kamera di bodi belakang, yaitu 48MP Sony IMX582 sebagai sensor utama, ditemani sensor ultra wide-angle 8MP dan sensor kamera makro 2MP. Terdapat lampu LED flash dan depth sensor di bagian kiri dan kanan. Ketika digunakan secara landscape, pengguna bisa memanfaatkan dua tombol kapasitif bada samping bodi untuk kebutuhan gaming. Di sisi depan, Nubia menyematkan kamera 12MP pada bezel atasnya yang ramping.

Chipset Qualcomm Snapdragon 765G dipasangkan dengan GPU Adreno 620, RAM 6GB/8GB LDPPR4X serta pilihan memori 128GB/256GB UFS 2.1. Kapasitas baterai besar 5.1000 mAh pada Nubia Play 5G sudah mendukung fast wired charging 30 watt. Dan di sisi software, tentunya sudah menjalankan Android 10 yang dibalut tampilan antarmuka nubiaUI 8.0.

Untuk mendinginkan suhu smartphone ketika digunakan untuk bermain game berat seperti PUBG: Mobile serta Call of Duty, Nubia menyiapkan teknologi ICE 2.5 cooling system, yang terdiri dari lubang pendingin 61mm dan material penyebar panas seperti grapit dan thermal gel. Nubia mengklaim suhu smartphone bisa ditekan sampai 16 derajat celsius.

Harga Nubia Play 5G

nubia Play 5G

Smartphone ini sudah dijual secara pre-order di China. Varian termurah dengan memori 6/128GB dibanderol seharga 2.400 CNY (Rp5,2 jutaan), sementara varian tertinggi dijual seharga 3.000 CNY (Rp6,5 jutaan). Harga tersebut bisa dibilang sangat impresif mengingat spesifikasi yang ditawarkan cukup identik dengan sang kakak.

Bisa dibilang, Nubia Play 5G adalah smartphone termurah yang punya layar AMOLED 144Hz, tak hanya nyaman untuk bermain game, namun juga cocok menjadi perangkat multimedia portable. Ditambah lagi dengan kapasitas baterainya yang cukup besar.