Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

OPPO Bidik Anak Muda Aktif di Media Sosial dengan Smartphone A1K

OPPO A1K hadir dengan keunggulan sistem antarmuka ColorOS 6, baterai besar 4000 mAh, dan AI Smart Technology agar pengguna tetap aktif dan up-to-date.

Anak muda selalu menjadi incaran produsen gawai. Tak terkecuali OPPO yang secara jelas membidik anak muda yang aktif di media sosial untuk produk terbarunya ini. Smartphone dengan tipe OPPO A1K ini hadir dengan tiga keunggulan utama, sistem antarmuka ColorOS 6 terbaru, baterai besar 4000 mAh, dan teknologi kecerdasan buatan (AI).

Ketiga fitur tersebut dirancang untuk memudahkan para pengguna agar bisa tetap aktif dan up-to-date di media sosial. Hal ini seperti dikatakan oleh Aryo Meidianto A, Public Relations Manager OPPO Indonesia. Ia menyebut smartphone OPPO seri A1K ini hadir dengan fitur-fitur yang cocok untuk menjawab kebutuhan anak muda di zaman sekarang, apalagi kalangan ini aktif  melakukan kegiatan di media sosial dan selalu up-to-date.

“Sesuai dengan survei yang kami lakukan di rentan umur 16 – 22 tahun, pengguna anak muda sangat menyukai kegiatan di media sosial dan chatting, dan rata – rata mereka menjawab akan kebutuhan baterai yang besar dan kamera yang mumpuni,” ujar Aryo.

Baca juga: OPPO Reno Series Resmi Diluncurkan di Indonesia, Ini Fitur & Spesifikasinya

Kelebihan OPPO A1K

OPPO A1k menggunakan antarmuka ColorOS 6 yang berbasis pada Android 9.0 Pie. Sistem antarmuka ini membawa berbagai macam fitur baru seperti Smart Driving, Smart Bar, dan Smart Assistant memudahkan pengguna dalam menjalani aktivitasnya.

Smart Driving merupakan fitur yang dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara dengan melakukan pembatasan terhadap notifikasi, mengizinkan panggilan ke beberapa kontak yang didaftarkan dan juga fitur riding mode yang akan mensenyapkan notifikasi kecuali panggilan masuk.

Riding mode juga mengubah antarmuka panggilan masuk dengan menampilkan ikon besar yang mudah untuk dijangkau saat berkendara . Selain itu A1k menghadirkan fitur Smart Bar yang memungkinkan pengguna menonton video streaming dan  chatting dalam waktu yang bersamaan.

OPPO A1K hadir dengan layar tetesan air 6.1 inci yang menghasilkan sudut pandang yang lebih luas. Layar ini memiliki rasio 19,5:9. A1K membawa kamera belakang dengan resolusi  8MP selain itu A1k dilengkapi kamera depan beresolusi 5MP untuk memenuhi kebutuhan swafoto. Perangkat ini juga membawa fitur HDR Smart Technology yang berfungsi untuk menghasilkan gambar dengan dynamic range yang luas, kaya warna dan tajam.

Ponsel ini membawa kapasitas baterai besar 4000 mAh yang membuat perangkat dapat mengoptimalkan daya tahan baterai. Dilengkapi dengan sistem Smart Management , baterai A1k dapat bertahan selama 17 Jam dengan pemakaian normal, memungkinkan pengguna cukup sekali mengisi baterai untuk penggunaan seharian.

Related Posts
1 daripada 221

Kekurangan OPPO A1K

Tiada ada gading yang tak retak. Begitupun tak ada smartphone yang sempurna. OPPO A1K meski hadir dengan sejumlah fitur unggulan, ada beberapa kekurangan yang bisa menjadi catatan. Ponsel ini memakai chipset MTK MT6762R (Helio P22) yang termasuk dalam kelas menengah di jajaran Mediatek.

Pada dasarnya sudah sesuai dengan segmen OPPO A1K yang membidik kelas menengah. Ponsel ini tetap bisa digunakan untuk bermain game kasual, namun tidak bijak jika memainkan game HD atau membutuhkan grafis tinggi. Oleh karena itu, OPPO lebih mengarahkan untuk aktivitas media sosial yang relatif tidak membutuhkan memori besar dan grafis tinggi.

Baterai berkapasitas 4.000 mAh yang cukup besar tidak dibarengi dengan VOOC fast charging. Sehingga harus bersabar untuk mengisi daya sampai penuh. Tentu jika memasukkan VOOC, harganya pun akan melambung beberapa ratus ribu.

Kemudian di sektor fotografi, belum memakai dual camera seperti pada kebanyakan smartphone kekinian.  Kamera belakang 8MP dan kamera depan 5MP yang lebih cocok untuk memotret di siang hari dengan pencahayaan cukup. Untuk foto malam, belum ada fitur Nightscape yang bisa meningkatkan kualitas secara signifikan seperti di OPPO F11, R17 Pro maupun yang terbaru OPPO Reno Series.

Spesifikasi dan Harga OPPO A1K di Indonesia

Smartphone OPPO A1K tersedia dalam dua pilihan warna bernuansa klasik, yaitu hitam dan merah. Ponsel ini dijual dengan harga Rp 1.799.000,00. Untuk mendapatkan perangkat ini, konsumen dapat melakukan pemesanan awal pada periode 20 Juni 2019 melalui situs Akulaku.

Spesifikasi:

Dimensi     :  154.5mm x 73.8mm x  8.4mm
Berat           : 170g (dengan baterai)
Warna        : Hitam, Merah
Platform    : ColorOS 6, based on Android 9
Processor : Mediatek Helio P22 MT6762R
GPU             : IMG GE8320
Baterai       : 4000mAh(TYP), 3890mAh(Min)
RAM             : 2GB
Storage       : 32GB
Display        : 6.1” resolusi 1560 x 720 282 ppi, Multi-touch, Capacitive Screen GFF
Kamera       : Belakang 8 MP sensor 1/3.2, F2.2 pixel size 1.4um, 1080 p
Depan 5 MP sensor 1/5, F2.0, pixel size 1.12um, 1080 p
Sensor         : E-Compass, Light sensor, Proximity Sensor, G-sensor/Acceleration sensor