Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Pilih OPPO Reno atau Reno 10x Zoom? Ini Perbedaan yang Wajib Kamu Ketahui

Di pertengahan tahun 2019 ini, OPPO kembali meluncurkan kategori flagship terbarunya untuk bersaing di pasar Indonesia. Produk terbaru tersebut adalah OPPO Oppo Reno Series yang terdiri dari dua varian. Ada OPPO Reno. Ada juga OPPO Reno 10x Zoom. Nah, ada dua produk yang mereka rilis Bersama yaitu Oppo Reno dan Oppo Reno 10x Zoom

Oppo Reno adalah versi standar dari seri ini, lalu Oppo Reno 10x Zoom merupakan versi yang lebih mahal dengan beberapa fitur tambahan. Sebagai flagship pendatang baru, Reno Series harus memiliki kelebihan yang telah dimiliki produk flagship brand lain.

Bagaimana dengan harga jualnya? Ini mungkin perbedaan pertama yang perlu kalian ketahui antara OPPO Reno vs OPPO Reno 10x Zoom. OPPO Reno dibanderol dengan harga Rp7,999 juta sedangkan Reno 10x Zoom dijual dengan harga Rp12,999 juta.
Baca juga: Fitur dan Spesifikasi OPPO Reno Series di Indonesia

Dengan adanya 2 varian ini, tentu pembeli ingin mengetahui apa saja perbedaan dari kedua smartphone besutan OPPO ini. Terlebih karena perbedaan harga yang ditawarkan cukup jauh. Nah, untuk lebih mempermudah kamu memilihnya, Gizmologi akan memberi ulasan komparasi Oppo Reno vs Oppo Reno 10x Zoom berikut ini.

Desain

Untuk urusan desain sepertinya, produsen smartphone asal Tiongkok ini tidak main-main karena desain yang unik serta enak digenggam.  Agar pengguna dapat menggenggam perangkat dengan nyaman, OPPO menempatkan kamera belakang Reno Series di bawah penampang berbahan kaca dengan panel 3D yang melengkung. Dengan demikian, bagian belakang perangkat akan terasa halus.

Bobot kedua handphone ini terbilang ringan di mana Reno beratnya 185 gram dan Reno 10x Zoom 215 gram. OPPO Reno Series hadir dengan balutan material kaca pada bagian belakang, membuat handphone ini secara estetika sangat baik dari sudut pandang mana pun.

Secara penampilan, kedua ponsel ini terlihat sangat mirip, tetapi yang membedakan adalah ukuran layarnya yang berbeda sedikit. OPPOreno sebesar 6,4 inci dan Reno 10x Zoom sebesar 6,6 inci. Untuk pilihan warna keduanya memiliki warna yang sama yaitu Jet Black dan Ocean Green.

Layar

Salah satu pembeda dari kedua handphone ini ukuran layarnya, OPPO Reno hadir dengan layar 6.4 inch sedangkan OPPO Reno 10x Zoom berukuran 6.6 inch. Ini yang membuat Reno 10x Zoom terlihat sedikit lebih besar.

Di luar itu spesifikasinya sama, dengan jenis layar AMOLED dan resolusi 1080 x 2340 piksel dengan aspek rasio 19.5:9. Lalu untuk kedalaman warna pada OPPO Reno mencapai 402 ppi, sedangkan Reno 10x Zoom hanya 387 ppi. Resolusi memang sama tetapi karena ukuran layar yang berbeda berpengaruh kepada kedalaman warna pada kedua handphone ini. Walau secara kasat mata tidak akan terlihat

Tidak seperti handphone Android kekininan yang kebanyakan yang menggunakan notch, Reno series tidak menggunakannya. Justru ini yang menjadi kelebihan Reno Series. Karena layarnya benar-benar maksimal dari ujung atas sampai bawah, kiri mentok kanan dengan bezel yang sangat tipis.

Agar layarnya maksimal, kamera depan dihilangkan dari permukaan. Sebagai gantinya, dibuat dengan konsep kamera pop-up sekaligus LED Flash yang terintregrasi pada modul tersebut. OPPO menamainya sebagai motorized pivot rising camera.  Konsep kamera berbentuk sirip hiu ini menjadi perbaikan dari yang sebelumnya ada di Find X maupun F11 Pro di mana sekarang bisa memasukkan LED Flash.

Selain memiliki pop-up kamera, fitur menarik lainnya yaitu fingerprint yang terletak di bawah layar. Tak hanya bisa menambah keamanan juga membuat tampilan yang lebih elegan. OPPO Reno Series juga dilengkapi dengan Corning Gorilla glass generasi keenam, yang akan meningkatkan daya tahan layar dari benturan.

Kamera

Kamera belakang OPPO Reno

Terlihat dari penamaan serinya, kedua ponsel ini memiliki perbedaan utama pada sektor kameranya. OPPO Reno standar memiliki dua kamera belakang, sedangkan Reno 10x Zoom punya tiga kamera. Tetapi bukan sekadar itu saja perbedaannya. Karena ketika dikupas lebih jauh, ternyata cukup banyak perbedaan antara keduanya. Ini juga yang membuat jarak harga keduanya cukup jauh.

Oke, kita bahas persamaannya terlebih dulu. Kedua varian OPPO Reno Series dilengkapi dengan sensor flagship Sony IMX586 48MP. Terdapat fitur Ultra Night Mode 2.0 yang mampu meningkatkan kejernihan dan kecerahan gambar melalui pengurangan multi-frame noise dan teknologi HDR multi-frame. Kamera mampu memproses wajah dan latar belakang secara terpisah, sehingga menghasilkan efek warna kulit dan keseluruhan foto yang lebih realistis.

Selanjutnya kita lihat perbedaanya. Pertama dari OPPO Reno standar yang punya kamera ganda di bagian belakang. Rinciannya adalah sensor pertama sebesar 48 MP dengan bukaan f/1.7 (wide) dan PDAF. Lensa kedua resolusi 5 MP dengan f/2.4 yang berfungsi sebagai depth sensor atau gampangnya untuk memberikan efek bokeh lebih natural.

Related Posts
1 daripada 215
Kamera belakang OPPO Reno 10x Zoom

Nah, OPPO Reno 10x Zoom memiliki tiga buah kamera belakang. Pertama, sensor sebesar 48 MP dengan bukaan f/1.7 (wide), PDAF dan OIS. Selanjutnya kamera kedua 13 MP f/3.0 (telephoto 10x hybrid zoom). Sedangkan kamera ketiga 8 MP dengan f/2.2, ultra wide.

Ketiga kamera ini bekerja bersama untuk mewujudkan full-focal-length sebesar 16mm-160mm. Sehingga bisa membuat foto berbagai pendekatan mulai dari ultra wide (sudut lebar) hingga telefoto mencapai 10x hybrid zoom.  Kamera utamanya sendiri menggunakan optical image stabilization (OIS) dan closed-loop focusing motor untuk menangkap seluruh momen spesial pengguna secara jelas dan real time.

Perbedaan bukan hanya untuk merekam foto (still image), tetapi juga video. Pertama, Reno standar bisa merekam hingga resolusi 4K UHD dengan 30fps dan untuk slow-mo di full HD 120fps. Ponsel ini tidak dibekali dengan OIS yang sangat berguna untuk merekam video.

Sedangkan OPPO Reno 10x Zoom dapat merekam hingga resolusi 4K dengan 60fps dan slow-mo hingga 240fps. Untuk memastikan kualitas  zoom, Reno 10x Zoom juga menggunakan desain OIS ganda dalam lensa primer dan lensa telephoto, demi mengurangi guncangan ketika mengambil gambar. Dalam hal audio pun berbeda. Karena Reno 10x Zoom bisa mengatur rekaman audio apakah 360 derajat atau fokus di bagian tertentu saja.

Untuk kamera depan keduanya memilik kamera pop-up  16megapiksel dengan bukaan f/2.0 dan flash. Dan seperti sudah disinggung di atas, kedua varian OPPO Reno Series menyembunyikannya dalam struktur pivot-rising. Struktur ini akan muncul dalam waktu 0,8 detik ketika pengguna ingin melakukan swafoto atau pemindaian wajah, dan secara otomatis akan tertutup kembali ketika sudah tidak digunakan.

Bagaimana dengan kualitasnya, tidak diragukan lagi. OPPO sudah dikenal bertahun-tahun sebagai selfie expert. Dan meski sudah menghilangkan slogan tersebut sejak F11 series, tetapi tetap mempertahankan kemampuannya untuk swafoto.

Performa

Untuk urusan dapur pacu kedua handphone ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. OPPO Reno standar memiliki prosesor Snapdragon 710 Octa-core (2×2,1 Ghz,6×1,7 Ghz) dengan GPU Adreno 616. Ini adalah prosesor menengah ke atas yang dikenal cukup powerful. Ponsel OPPO sebelumnya yang sudah memakai chipset ini adalah seri R17 Pro.

Sedangkan saudara kembarnya Reno 10x Zoom memiliki “jeroan” yang lebih tinggi. Ponsel flagship ini menggunakan prosesor yang juga flagship alias kasta tertinggi dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 855 Octa-core (1×2,84 Ghz, 3×2,42 Ghz, & 4x 1,8 Ghz) yang  didukung oleh GPU Adreno 612.

Untuk urusan performa dan gaming kedua ponsel ini tidak perlu diragukan karena sudah memiliki spesifikasi tingi. Namun, tetap saja ada perbedaan yang signifikan jika dibandingkan melalui uji benchmark.

Benchmark Antutu pada Reno 10x zoom (kiri) dan Reno (kanan)

Oppo Reno merupakan seri flagship untuk Oppo Reno mengusung RAM 6GB sedangkan untuk memori internal sebesar 256GB sayangnya tidak dilengkapi dengan slot microSD. Lalu untuk Oppo Reno 10x Zoom memiliki RAM 8GB dengan memori internal sebesar 256GB serta terdapat slot microSD hingga 256GB.

Untuk segi baterai, kedua ponsel ini berbeda. Dimana Oppo Reno standar memiliki kapasitas 3765 mAh, sedangkan Reno 10x Zoom dibekali baterai lebih besar yaitu 4065 mAh. Kapasitas kedua smartphone ini boleh berbeda, namun keduanya telah dibekali teknologi VOOC fast charge yang tentunya membuat proses pengisian daya menjadi cepat.

Kesimpulan

Dari komparasi diatas, terlihat ada beberapa perbedaan dan persamaan di kedua device ini. Jika melihat secara kasat mata secara fitur dan spesifikasi, tentu OPPO Reno 10x Zoom adalah yang superior. Namun, itu harus dibayar dengan harga yang perbedaannya signifikan, sekitar Rp 5 juta. Semua kembali lagi terhadap kebutuhan konsumen masing-masing dan budget yang dimiliki.

Pilih Oppo Reno 10x Zoom

Jika kamu membutuhkan daily driver yang memiliki spesifikasi tinggi, baterai lebih besar dan kamera dengan teknologi zoom yang canggih serta kemampuan videografi handal, pilihlah Oppo Reno 10x Zoom. Kamu bisa membelianya di Official Store OPPO di Blibli.com.  Juga bisa belanja jaringain toko ritel OPPO di berbagai kota.

Pilih Oppo Reno

Jika kamu menginkan produk flagship tetapi belum mampu membeli produk premium seperti Samsung S10 mungkin Oppo Reno standar bisa menjadi pilihan, karena spesifikasi yang ditawarkan dan harga yang lebih ramah dikantong. Kamu bisa membeli produk ini di official store Blibli.com maupun situs e-commerce lainnya serta jaringan toko ritel OPPO di berbagai kota di Indonesia.