Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Membandingkan Ponsel Pintar Samsung Galaxy A20 dan Realme 3

Sejak menghilangkan seri J, Samsung terus memperkaya produk ponsel pintar lini Galaxy A. Salah satu yang mendapat sorotan adalah Galaxy A20 karena menjadi ponsel terjangkau Samsung dengan fitur unggulan seri A. Namun ponsel ini pun tak bisa melenggang, karena ada kompetitornya realme 3 yang siap memperebutkan pasar. Bagaimana jika Samsung Galaxy A20 vs Realme 3 dibandingkan? Siapa yang lebih baik?

Kedua perangkat ini sama-sama menyeser segmen anak muda yang dinamis dan aktif di media sosial. Dari harganya pun perbedannya cukup tipis hanya terpaut sekitar Rp 300 ribu. Smartphone realme 3 dibanderol dengan harga Rp1,999 juta, sedangkan Galaxy A20 dibanderol Rp2,299 juta. Nah, seperti apa kedua perangkat ini? Baiklah mari kita bandingkan Samsung Galaxy A20 vs realme 3 berikut ini.

Samsung Galaxy A20 vs realme 3

Dibanding seri A lainnya, Galaxy A20 termasuk menyasar segmen entry level. Meski pemangkasan fitur tidak dapat dihindarkan, setidaknya ponsel ini masih memegang ciri dari generasi Galaxy A terbaru. Seperti dari bahasa desain, layar besar, baterai besar, dan kamera multiple di bagian belakang.

Sementara realme 3 tidak bisa diremehkan meski tergolong pemain baru di pasar ponsel. Karena meski dibanderol dengan harga terjangkau, ponsel ini dibekali spesifikasi dan performa yang mumpuni.

 Kamera

Inilah poin yang kerap menjadi perhatian para calon pembeli, sehingga membandingkan Samsung Galaxy A20 vs realme 3 di sektor ini menjadi keharusan. Galaxy A20 memilih memasangkan kamera utama di belakang (13MP) dengan kamera lensa lebar (5MP). Sedangkan realme 3 memilih berfokus ke konfigurasi telefoto (13MP+2MP).

Masing-masing kamera memiliki keunggulan tersendiri. Di Galaxy A20, pengguna leluasa dalam menangkap area gambar yang lebih luas tanpa harus mundur-mundur. Ini dapat diwujudkan berkat keberadaan lensa lebar yang mampu menangkap area hingga 123 derajat.

Namun, dengan ketiadaan kamera telefoto, maka saat masuk ke mode bokeh, hasil foto terkihat kurang sempurna. Area buram terkadang menabrak objek utama secara tidak akurat. Apalagi jika pemotretan dilakukan di lingkungan cahaya rendah.

realme 3 tidak memilki kemampuan menangkap area gambar yang luas, karena ketiadaan kamera lensa lebar. Berujung pada kewajiban pengguna untuk mundur demi dapat menangkap cakupan area yang diinginkan. Sisi positifnya hasil gambar dengan mode bokeh terlihat lebih baik. Hal ini berkat keberadaan kamera kedua atau telefoto. Membuat kamera akan lebih akurat dalam mengukur dan membagi area mana yang harus diburamkan dan tidak.

Kamera di realme 3 memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk mentenagai mode Chroma Boost. Mode yang akan menghasilkan gambar optimal seperti rentang dinamis lebih besar dan detail yang lebih tajam. Mode Nightspace juga ditambahkan untuk membantu penggunanya dalam menangkap keindahan malam hari dalam gambar yang bebas buram, tajam. dan bersih.

Urusan swafoto, realme 3 dapat dikatakan lebih unggul karena memasang kamera depan beresolusi 13MP. Galaxy A20 tidak buruk, hanya saja resolusinya lebih rendah yaitu 8MP.

Related Posts
1 daripada 33
Samsung Galaxy A20

Desain

Desain juga menjadi poin yang tidak bisa dilupakan. Baik Samsung Galaxy A20 vs realme 3, keduanya menggunakan material polikarbonat atau plastik. Jangan takut terkesan murah, kedua ponsel mampu mengatasinya dengan tampilan yang berkilau, memberikan kesan mewah.

Saat digenggam, keduanya memiliki bentuk yang sebanding. Terbilang pas untuk ukuran ponsel sekarang ini. Keduanya juga memiliki kontur belakang lengkung sehingga nyaman di tangan.

Dapat kami katakan realme 3 sedikit lebih unggul dalam masalah tampilan. Ini berkat finishing motif yang reflektif jika terkena pancaran cahaya. Jika dilihat, bagian cover belakang terlihat efek gradasi dua warna sesuai dengan varian yang dipilih (Dynamic Black, Radiant Blue). Di satu sisi, Galaxy A20 masih memiliki finishing mengilap standar satu warna saja (Hitam atau Biru).

Layar

Untuk urusan visual di layar, Galaxy A20 sedikit lebih unggul di sini karena menggunakan panel layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci rasio 19,5:9, lebih besar dari realme 3 dengan ukuran layar 6,22 inci rasio 19:9. Tapi keduanya masih memiliki besaran resolusi sama, di HD+ (720 x 1560 piksel). Keduanya memiliki poni yang serupa yakni berbentuk tetesan air.

Panel layar realme 3 tidak otomatis kami katakan jelek, hanya perbedaan karakter mendasar di jenis panel yaitu IPS LCD. Super AMOLED mampu menampilkan tampilan warna layar yang lebih kontras dan hitam yang lebih pekat ketimbang IPS LCD. Tapi jika berbicara urusan daya tahan jangka panjang, jenis IPS LCD cenderung lebih baik. Belum lagi layar A20 tidak memiliki sensor cahaya, sehingga tingkat kecerahan layar tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Realme 3

Baterai

Kedua ponsel sama-sama dibekali baterai tanam 4.000mAh, tapi realme 3 lebih besar sedikit yaitu 4230mAh. Mungkin tidak signifikan, yang pasti keduanya mampu mentenagai ponsel seharian tanpa cas. Ataupun jika memang penggunaan yang sangat berat—dan jarang terjadi, hanya diperlukan sekali cas tambahan saja.

Sekali lagi realme 3 memanfaatkan kemampuan AI untuk sektor baterai, seperti keberadaan mode Screen Battery Optimization. Mode ini menyediakan Balance Mode dan Powerful Mode yang dapat dipilih pengguna untuk memperpanjang masa pakai baterai masing-masing sebesar 5% dan 10%.

Kesimpulan

Berdasarkan perbandingan Samsung Galaxy A20 vs realme 3 di atas, kedua ponsel layak untuk dibeli sebagai kandidat terbaik dalam kisaran ponsel dua juta. Galaxy A20 mampu membuai calon pengguna melalui layar Super Amoled dan kemampuan kamera menangkap area yang luas. realme 3 mengunggulkan performa yang lebih baik dan kemampuan kameradalam menangkap objek gelap dan bokeh.