Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Sony Xperia 10 II, Seri Menengah yang Tahan Air & Pakai Layar OLED

1 4.569

Selain memperkenalkan sang flagship, Xperia 1 II, Sony juga merilis pembaruan dari seri kelas menengah mereka, Sony Xperia 10 II. Kali ini, Sony memutuskan untuk rilis hanya satu varian saja, tanpa edisi Plus. Desainnya juga masih sama seperti sebelumnya, hadir dalam opsi warna yang cukup menarik.

Selama ini, ponsel Android kelas menengah Sony jauh dari sorotan, mungkin karena kombinasi hardware yang kurang menarik. Namun dengan Xperia 10 II, ada beberapa peningkatan yang mungkin bisa membuat konsumen lebih tertarik dengan ponsel ber-rasio 21:9 ini.

Baca juga: Sony Xperia 1 II Tingkatkan Kemampuan Kamera dengan Optik Zeiss

Fitur Sony Xperia 10 II

Beberapa fitur yang dibawa dari Xperia 1 II ke ponsel ini adalah sertifikasi IP65/68, setup tiga kamera di belakang, serta panel layar yang kini sudah OLED, tak lagi IPS. Dengan begitu, reproduksi warna bisa lebih baik dan warna hitam lebih pekat. Dimensi layarnya sedikit lebih kecil di 6 inci, dengan resolusi Full HD+ dan proteksi Gorilla Glass 6 baik kaca depan maupun belakang. Kapasitas baterai meningkat dari 2780 mAh di generasi sebelumnya, menjadi 3600 mAh, lengkap dengan dukungan pengisian cepat 18W.

Urusan dapur pacu, Xperia 10 II pakai chipset dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 665 yang cukup bertenaga untuk ponsel Android kelas menengah, dipadukan dengan GPU Adreno 610, RAM 4GB dan penyimpanan internal 128GB. Di sisi depan, terdapat sebuah kamera 8MP yang diletakkan di sebelah kiri earpiece, sedangkan sensor sidik jari menyatu dengan tombol power di sebelah kanan bodi ponsel.

Kombinasi ketiga kamera di belakang juga menarik. Umumnya, ponsel kelas menengah hanya memiliki lensa wide-angle, ultra-wide angle, depth sensor atau macro sensor. Xperia 10 II punya kamera ultra-wide 16mm 8MP, wide-angle 12MP dengan PDAF, dan telefoto 2x beresolusi 8MP, semua berjajar secara vertikal di atas kiri bodi belakang ponsel.

Saat merekam video, fitur SteadyShot mampu mereduksi guncangan tangan agar video tetap stabil. Xperia 10 II sanggup merekam hingga resolusi 4K. Usung fitur Hi-Res Audio baik secara kabel maupun wireless, Sony Xperia 10 II akan hadir dalam empat varian warna; Black, White, Blue & Mint, dan mulai dipasarkan pada musim panas 2020 nanti.