alexa

Sony Xperia 10 III, Smartphone 5G Tahan Air dengan Snapdragon 690

Selain merilis dua seri flagship sekaligus di awal 2021, pabrikan elektronik asal Tokyo, Jepang satu ini juga hadirkan sebuah smartphone kelas menengah dengan keunggulan yang tidak kalah menarik. Masih mengusung bahasa desain yang sama, Sony Xperia 10 III juga punya setup tiga kamera utama dengan konfigurasi yang identik.

Tentu, spesifikasi secara keseluruhan bakal terpaut cukup jauh. Namun sekali lagi wajar, karena Sony Xperia 10 III adalah smartphone yang memang ditujukan bagi mereka yang inginkan perangkat 5G dari Sony dengan harga termurah, dimungkinkan berkat salah satu cip terbaru dari Qualcomm. Keunggulan lain yang ditawarkan adalah kualitas layar dan audionya.

Secara dimensi, Sony Xperia 10 III lebih mirip dengan Xperia 5 III bila disandingkan, di mana keduanya sama-sama memiliki bobot ringan di 169 gram saja. Meski begitu, kapasitas baterainya malah jauh lebih besar. Sama-sama memiliki rasio aspek 21:9, sehingga bakal terasa ramping saat digenggam.

Baca juga: Sony Xperia 1 III Punya Layar 4K 120Hz & Kamera Telefoto ZEISS Canggih

Spesifikasi Sony Xperia 10 III

Sony Xperia 10 III

Meski lebih murah, layar Sony Xperia 10 III tak gunakan panel IPS. Tapi sama-sama pakai panel OLED berukuran 6 inci. Layar tersebut mendukung konten HDR, serta telah dilapisi oleh Corning Gorilla Glass 6. Layar depannya flat dan tanpa notch, dan dipersenjatai teknologi TRILUMINOS yang biasanya diusung pada televisi canggih Sony BRAVIA.

Keunggulan lain yang dibawa adalah dukungan 5G, menjadikan Xperia 10 III sebagai smartphone kelas menengah pertama yang punya teknologi jaringan masa depan tersebut. Berkat penggunaan cip Qualcomm Snapdragon 690 5G rilisan Juni 2020 lalu. Gunakan arsitektur octa-core Cortex-A77 2GHz.

Setup tiga kameranya juga tergolong premium, di mana masing-masing punya fungsi yang berbeda. Sensor utamanya 12MP f/1.8, sementara dua sensor lainnya beresolusi 8MP. Satu sensor ultra-wide angle, dan satu lagi telefoto 8MP dengan pembesaran 54mm. Selain mode malam dan HDR, Sony juga sematkan fitur lain.

Fitur tersebut adalah animal detection, diturunkan dari seri flagship. Lewat fitur ini, kamera Xperia 10 III bisa mengidentifikasi subyek berupa anjing atau kucing, dan secara otomatis menyesuaikan shutter speed serta ISO. Juga bisa rekam video beresolusi 4K dan burst mode 10fps.

Punya Cip Khusus Untuk Tingkatkan Kualitas Audio

Sony Xperia 10 III

Bila Xperia 10 seri sebelumnya punya baterai 3,600 mAh, Xperia 10 III kini punya kapasitas lebih besar 4,500 mAh, dan sudah mendukung fast charging. Juga mendukung Hi-Res Audio serta teknologi DSEE, yang mampu tingkatkan bitrate lagu memanfaatkan AI.

Dan menjalankan sistem operasi Android 11, layar lebar Sony Xperia 10 III juga bisa dimanfaatkan untuk jalankan multi-window secara maksimal. Sony juga hadirkan opsi pop-up window untuk multitasking yang lebih fleksibel. Serta aplikasi Xperia Transfer II yang bisa pindahkan data dengan mudah dari smartphone lama, dari iOS sekalipun.

Sama seperti Xperia 1 III, Xperia 10 III juga bakal dirilis pada awal musim panas 2021 mendatang. Sony juga belum meresmikan harga resmi dari smartphone kelas menengah Sony tersebut, yang bakal hadir dalam tiga warna (Black, Blue & White).

Tinggalkan komen