Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Trio TCL 10 Series Bawa Empat Kamera & Dukungan Konten HDR

0 16.430

Selain rilis ponsel Android dengan harga terjangkau lewat merek Alcatel, TCL akhirnya memutuskan untuk merilis ponsel di bawah namanya sendiri. Rencana merilis lini TCL 10 series sudah dipublikasikan sejak bulan Januari lalu, namun pada saat itu mereka belum memberikan detil spesifikasinya.

Tiga bulan kemudian, TCL resmi memperkenalkan trio TCL 10 Pro, 10 5G dan 10L. Spesifikasi ketiganya hampir serupa, namun karena bukan sebagai flagship, masing-masing dibuat dengan keunggulan yang berbeda, meski sama-sama menggunakan desain dan setup empat kamera sejajar di belakangnya.

Baca juga: TCL A3 Series, Android TV Murah dengan Fitur Melimpah

Fitur Unggulan Trio TCL 10 Series

TCL 10 Pro

Ponsel pertama yang akan kita bahas adalah TCL 10 Pro. Dilihat dari namanya, kamu pasti menduga kalau ponsel ini adalah seri tertinggi dari lini terbaru TCL. Bisa dibilang iya dan tidak. Dari segi tampilan layar, memang yang terbaik. TCL 10 Pro adalah satu-satunya yang menggunakan panel berjenis AMOLED, berdimensi 6,47 inci dengan resolusi full HD+. Panel tersebut sudah mendukung standar HDR10 dan sudah mendapat sertifikasi dari Netflix, sehingga film maupun serial yang ditampilkan punya kualitas paling tinggi. Untuk konten regular, disiapkan chip NXTVISION yang bisa ubah konten SDR ke HDR.

Layarnya dibuat melengkung di sudut kiri dan kanannya, sementara sensor sidik jari disematkan di dalam layar. Di sisi atas terdapat waterdrop notch untuk meletakkan kamera depan beresolusi 24MP. Sementara kamera belakangnya punya setup kamera utama 64MP Samsung GW1, 16MP ultra wide-angle, kamera 5MP khusus low-light untuk perekaman video dan 2MP depth sensor. TCL 10 Pro menggunakan chipset Snapdragon 675 dengan RAM 6GB plus storage 128GB. Kapasitas baterai 4.500 mAh sudah didukung pengecasan 18W—50% dalam waktu 35 menit pengisian daya.

TCL 10 5G

Berbeda lagi dengan TCL 10 5G. Ya, sesuai namanya, ini adalah satu-satunya seri TCL 10 yang mendukung jaringan 5G lewat penggunaan chipset Snapdragon 765G yang lebih powerful. Namun sensor sidik jarinya pindah ke bodi belakang, karena layar 6,53 inci di depan masih berjenis LCD. Meski begitu, desain kamera depannya sudah punch-hole, dengan resolusi 16MP. Dua sensor kamera belakangnya sama, kecuali kamera ultra wide-angle yang turun resolusi ke 8MP dan kamera low-light yang diganti kamera macro 5MP.

Sementara TCL 10L menjadi yang paling sederhana. Spesifikasinya serupa dengan TCL 10 5G, hanya saja chipsetnya turun ke Snapdragon 665, kamera utama 48MP Samsung GM1, dan kamera macro 2MP. Kapasitas baterainya juga lebih kecil di 4.000 mAh, tanpa dukungan fast charging. Ketiga ponsel masih dilengkapi jack audio 3,5mm, sebuah fitur yang semakin jarang ditemui di ponsel-ponsel baru terutama kelas flagship. TCL juga memberikan sebuah fitur khusus “Super Bluetooth”, dimana ponsel bisa tersambung ke empat speaker sekaligus.

TCL 10L

Baik TCL 10 Pro dan TCL 10L akan dirilis mulai kuartal kedua tahun 2020, dengan harga masing-masing USD 450 (Rp7,3 jutaan) & USD 250 (Rp4 jutaan). Sementara TCL 10 5G belum memiliki jadwal rilis, tapi akan dijual seharga EUR 400 (Rp7 jutaan). Ketiganya akan menjalankan Android 10 dan jaminan pembaruan ke Android 11 ketika sudah dirilis nantinya. Ponsel ini keren, tapi jangan berharap akan tersedia di Indonesia ya guys.