Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Smartphone Flagship Xiaomi Mi 10 Series untuk Pasar Global Resmi Diperkenalkan

0 573

Setelah sekitar satu bulan semenjak perilisannya di China, Xiaomi akhirnya memperkenalkan seri flagship terbarunya, Xiaomi Mi 10 & Mi 10 Pro secara global dan bakal hadir di pasar Eropa. Smartphone ini diluncurkan secara online lewat kanal YouTube resmi maupun media sosial Twitter.

Spesifikasi yang dibawa tentu sama dengan versi China, namun akan hadir dengan beberapa peningkatan pada sektor kamera melalui software update terbaru. Harga ritelnya juga sedikit lebih mahal.

Baca juga: Xiaomi Mi 10 Pro Raih Skor Kamera & Audio Terbaik DxOMark

Fitur Xiaomi Mi 10 Series

Xiaomi Mi 10 series

Keduanya punya desain fisik yang terlihat serupa dengan Mi Note 10 Pro, flagship versi lebih terjangkau dari Xiaomi yang sudah hadir resmi di Indonesia. Layar bagian depannya sedikit melengkung di kedua sisi sampingnya, punya dimensi 6,67 inci AMOLED dengan resolusi full HD+ dan refresh rate hingga 90Hz. Mi 10 series punya kamera punch-hole 20MP dengan dimensi cukup kecil, diklaim tidak mengganggu saat digunakan untuk bermain game atau nonton video. Ada speaker stereo dengan kekuatan yang seimbang di tiap sisinya.

Di sisi performa, baik Xiaomi Mi 10 & Mi 10 Pro sama-sama ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 865 5G dengan RAM LPDDR5 hingga 12GB dan penyimpanan berjenis UFS 3.0 hingga 256GB. Baterai Xiaomi Mi 10 sedikit lebih besar di 4780 mAh, dengan kecepatan isi daya 30W (kabel & nirkabel). Sementara Mi 10 Pro lebih kecil di 4500 mAh, tetapi sanggup diisi daya menggunakan kabel sampai 50W. Keduanya sudah mendukung reverse wireless charging.

Sensor kamera utamanya sama-sama beresolusi 108MP f/1.69 dengan OIS, sanggup rekam video hingga resolusi 8K. Sedangkan tiga kameranya berbeda untuk Xiaomi Mi 10 & Mi 10 Pro. Xiaomi Mi 10 punya dua kamera 2MP untuk depth sensor & macro, plus kamera 13MP f/2.4 ultra wide-angle. Sementara Mi 10 Pro punya kamera 20MP f/2.2 ultra wide-angle yang dilengkapi autofokus, serta dua kamera telefoto, masing-masing 8MP f/2.0 ber-OIS untuk 10x hybrid zoom dan 12MP f/2.0 untuk 2x optical zoom.

Kamera Xiaomi Mi 10 & Mi 10 Pro
Perbedaan kamera Xiaomi Mi 10 (kiri) & Mi 10 Pro (kanan).

Teknologi LiquidCool 2.0 yang terdiri dari vapor chamber berlapis graphene dan grafit diklaim mampu menurunkan suhu panas hingga 10,5 derajat celcius. Dan yang cukup unik, Xiaomi memberikan charger 65W kedalam paket penjualan Mi 10 Pro, meski dukungan pengisian daya tertinggi hanya 50W. Mulai tersedia 15 April mendatang di Eropa, Xiaomi Mi 10 akan dijual seharga 799 Euro (Rp14 jutaan) untuk varian 8GB/128GB, sementara Mi 10 Pro 8GB/256GB dijual seharga 999 Euro (Rp17 jutaan). Perlu diingat, harga ritel di Eropa memang umumnya jauh lebih mahal dari harga produk untuk pasar Asia.

Pembaruan Kamera Xiaomi Mi 10 Series

Meski baru saja diperkenalkan secara global, Xiaomi sudah meluncurkan pembaruan perangkat lunak untuk Mi 10 series, dengan aplikasi Mi Camera versi terbaru. Nantinya, kualitas foto dan video akan lebih baik dari sebelumnya. Xiaomi juga memberikan fitur baru, Super Stabilizer Plus yang memperhalus guncangan saat sedang rekam video, dan smooth approximation zoom. Pengguna juga bisa mengatur white balance, focus beserta shutter speed saat perekaman video berjalan.

Dengan algoritma kompresi foto baru, semua foto yang ditangkap akan berukuran lebih kecil tanpa menurunkan kualitas foto. Proses pengambilannya juga diklaim lebih cepat dengan detail foto yang membaik, berkat AI dan neural networks yang dimanfaatkan saat proses pembuatan foto. Kabarnya, peningkatan kamera ini akan hadir ke semua smartphone baru Xiaomi dalam kurun waktu dua bulan kedepan. Semoga tersedia juga baik untuk smartphone kelas menengah maupun low-end Xiaomi ya.


Beli smartphone Xiaomi secara online di:

SHOPEE Lazada Blibli Eraspace JD.ID