Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Xiaomi Mi 6X Usung Sensor Sony IMX376, Prosesor Snapdragon 660 & RAM 6GB

0 408

Menjepret gambar dalam kondisi minim cahaya kadang menimbulkan masalah tersendiri jika hanya berbekal smartphone. Jangankan memperoleh gambar detil, bisa menangkap obyek jelas saja sudah bersyukur. Tak mengherankan, rilis Xiaomi Mi 6X pada hari ini di Tiongkok mengedepankan sensor Sony IMX yang memungkinkan pemakai tak melewatkan momen penting meski sinar terbatas.

Setelah mengutak-atik fitur pendukung eksistensi pemakai dalam berswafoto ria, Xiaomi memfokuskan Xiaomi Mi 6X pada kualitas foto dalam keadaan kurang cahaya. Xiaomi pun mengandalkan kamera depan berkekuatan 20MP dan kamera belakang ganda dengan setup sensor 12MP dan 20MP plus perangkat lunak kecerdasan buatan.

Kamera depan Xiaomi Mi 6X menggunakan sensor Sony IMX376 yang menerapkan teknologi pixel binning yang memadukan informasi dari empat piksel untuk menciptakan satu piksel 2.0μm yang besar. Inovasi ini sangat menambah sensitivitas sensor cahaya yang lalu membuat pengguna dapat menangkap gambar lebih jelas dan lebih terang, termasuk video, meski kondisi kurang cahaya.

Saat mengambil gambar pada hari yang cerah, sensor 20MP sanggup mengambil setiap detil bahkan pada obyek terkecil sekali pun, seperti satu helai rambut.

Xiaomi Mi 6X membekali diri dengan setup kamera ganda, yakni 12MP sensor Sony IMX486 dan 20MP sensor Sony IMX376. Berdasarkan pada kondisi pencahayaan yang berbeda, sensor Sony IMX376 mengkombinasikan informasi dari empat piksel menjadi satu yang kemudian menghasilkan satu piksel 2.0μm besar demi cahaya yang lebih banyak lagi. Berbarengan dengan aperture f/1.75 yang besar, Xiaomi Mi 6X sanggup menghasilkan foto yang benderang bahkan di kondisi dengan cahaya tidak bersahabat.

Untuk kali pertama, Xiaomi menyertakan teknologi deteksi tempat berbasis kecerdasan buatan pada kamera depan Xiaomi Mi 6X ini. Teknologi ini mampu mendeteksi 12 tempat berbeda untuk mengoptimalkan foto. Bahkan tanpa sensor sekunder guna memperoleh informasi mendalam, teknologi ini sanggup membuat kamera secara efektif membedakan subyek dari latarnya.

Baca juga: Xiaomi Redmi Note 5 Tawarkan Fitur Fotografi Kelas Atas dengan Harga Merakyat

Penggemar selfie bakal terpuaskan dengan Xiaomi Mi 6X yang menghadirkan AI Beautify dan Selfie-light depan yang masih bisa mengambil selfie meski kondisi minim sinar.

Mi 6X versi biru
Salah satu varian Xiaomi Mi 6X. Foto oleh gadgetmatch.com

Desain Xiaomi Mi 6X juga memanjakan konsumennya. Dengan balutan logam penuh plus lekuk badan alamiah, smartphone ini tersedia dalam lima varian warna: merah, emas, biru, hitam dan merah lembut. “Otak” Mi 6X mengandalkan Snapdragon 660 AIE SoC bikinan Qualcomm plus 6GB RAM.

Asisten suara Xiao Ai pada Mi 6X ini dapat memahami ratusan perintah pada enam kategori berbeda. Beberapa fitur AI mencakup fitur penerjemahan saat kamera diarahkan ke menu atau panduan pengguna. Ketika menonton video, pengguna bisa menggunakan fitur belanja AI untuk mendeteksi obyek pada layar lalu langsung bisa belanja online saat itu juga.

Fungsi AI yang bernama “AI Identify” bisa menghitung kalori makanan tertentu jadi bisa memberi peringatan untuk yang sedang diet. Mi 6X mempunyai ruang penyimpanan lega, yakni 3010 mAh dengan fitur isian daya cepat Quick Charge 3.0 kepunyaan Qualcomm.

Ponsel ini sudah bisa dipesan di Tiongkok baik online mau pun offline tetapi belum ada kabar apa ia akan dijual di Indonesia atau tidak.