Nothing Ear 1 Diresmikan, TWS Semi Transparan dari Eks Petinggi OnePlus

London, Gizmologi – Sebuah perangkat wearable yang dinanti-nanti oleh para penggemar teknologi akhirnya resmi diluncurkan secara daring. Hadir dengan merek yang cukup nyentrik, Nothing baru saja perkenalkan earphone true wireless stereo (TWS) pertamanya, Nothing Ear 1. Bawa tampilan yang sangat berbeda dari kompetitor.

Sebagai pengingat, Nothing sendiri merupakan sebuah startup yang didirikan oleh Carl Pei—mantan petinggi OnePlus yang selalu ada dalam peluncuran flagship terbarunya sejak awal. Tak lama setelah ditemukan, langsung berdatangan sumber pendanaan mulai dari YouTuber Casey Neistat, CEO Reddit Steve Huffman hingga Kevin Lin, mantan penemu Twitch.

Baca juga: Lepas dari OnePlus, Carl Pei Dirikan Nothing & Akuisisi Essential

Startup ini didirikan untuk hadirkan ragam IoT yang lebih personal, memiliki desain berbeda dan selalu utamakan kenyamanan. Ketika semua aksesori terlihat hampir sama, Nothing bakal merancangnya berbeda. Bakal hadirkan ekosistem lengkap alias tak hanya earphone TWS saja nantinya.

Desain Nothing Ear 1 Dirancang Futuristik

Nothing Ear 1

Hal tersebut sangat terpancar secara langsung dari tampilan Nothing Ear 1. Secara desain memang masih mirip AirPods Pro, gunakan eartip dengan bagian stem. Namun baik charging case serta earbud-nya dibuat semi transparan, gunakan lapisan terluar berbahan plastik. Gabungkan kombinasi warna hitam dan putih yang sangat kontras.

Bahkan untuk membedakan earbud kiri dan kanan, Nothing Ear 1 dilengkapi bulatan warna khusus sebagai petanda. Dirancang nyaman untuk digunakan, disediakan tiga ukuran eartip, sementara bobot tiap earbud hanya sekitar 4,7 gram (dan 57 gram untuk kotak penyimpanannya).

Nothing Ear 1

Kalau masalah spesifikasi dan fitur, tentu masih begitu-begitu saja, alias tak banyak berbeda dari TWS lainnya. Setidaknya, Nothing Ear 1 tergolong komplit dalam berikan opsi untuk pengguna. Punya tiga mikrofon untuk tiap sisi telinga, earphone nirkabel futuristik ini dilengkapi active noise cancellation dengan dua tingkatan berbeda.

Keenam mikrofon tersebut juga bisa digunakan untuk hadirkan mode transparan agar suara dari luar bisa terdengar, plus menghapus latar keramaian saat digunakan untuk bertelepon, dipadukan dengan kemampuan AI. Kantongi sertifikasi IPX4, Nothing Ear 1 cocok untuk digunakan sambil lakukan panggilan telepon sampai olahraga.

Nothing Ear 1 Juga Mendukung Wireless Charging

Nothing Ear 1

Gunakan sambungan Bluetooth 5.2, tingkat ANC yang dihadirkan bisa redam noise sampai -40dB. Mendukung codec SBC dan AAC, Nothing berikan aplikasi khusus baik untuk Android & iOS. Bisa digunakan untuk lakukan pembaruan perangkat lunak, sampai atur pintasan tiap sisi earbud.

Cukup jarang dimiliki TWS lain, Nothing Ear 1 mendukung gestur sentuh dan swipe pada bagian luarnya, sehingga pintasan yang diakses bisa lebih banyak. Untuk drivernya sendiri terbuat dari material graphene, berdiameter 11,6mm. Sementara keluaran suaranya dan desain perangkat disempurnakan oleh Teenage Engineering, produsen perangkat audio asal Swedia.

Daya tahan baterainya juga sudah tergolong oke. Nothing Ear 1 bisa digunakan sampai 5,7 jam dalam sekali pakai, sementara total waktu penggunaan dengan case menjadi 34 jam. Bila ANC diaktifkan, masing-masing turun menjadi 4 jam & 24 jam. Pengisian dayanya sendiri bisa dilakukan lewat USB-C maupun secara nirkabel.

Perangkat ini bakal tersedia dalam jumlah terbatas. Mulai tersedia 31 Juli, Nothing Ear 1 akan tersedia di 45 negara secara bertahap termasuk Amerika Serikat, Eropa, Inggris dan India. Uniknya, harga di India diturunkan 20% dari harga di negara lain, menjadi INR5,999 atau Rp1,1 jutaan. Tujuannya tak lain agar lebih cepat populer di wilayah Asia.

Tinggalkan komen