Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Opensignal Rilis Data Penggunaan WiFi Selama Pandemi Covid-19, Indonesia Stagnan

0 2.448

Dalam menghadapi pandemi virus korona (Covid-19), banyak negara yang menerapkan pembatasan mobilisasi bagi warga negaranya demi mengurangi penyebaran virus tersebut. Berbagai cara terus dianjurkan, seperti melalukan physical distancing atau work from home (WFH).

Dengan berada di rumah, dugaan terhadap masyarakat yang menggunakan smartphone dan tersambung dengan jaringan Wifi akan semakin meningkat. Mengingat mereka berada dalam satu area saja, tak berpindah-pindah seperti misalnya dalam hari kerja.

Baca juga: Tips Sederhana Bekerja dari Rumah yang Efektif dan Produktif

Sehubungan dengan itu, firma riset Opensignal menganalisis perubahan perilaku pengguna seluler dan pengalaman jaringan yang terjadi, selama wabah Covid-19 masih berlangsung. Data ini untuk membantu para operator seluler, regulator telekomunikasi, dan pemerintah untuk mempersiapkan tantangan yang akan muncul ke depannya.

Waktu Penggunaan Wifi Meningkat

Menurut Opensignal, sudah banyak masyarakat yang menyesuaikan diri dengan situasi ‘normal’ yang baru seperti saat ini, namun belum stabil dan punya tahap transisi yang berbeda tiap negara. Indikator awal untuk mengenali perubahan yang terjadi adalah persentase waktu rata-rata yang dihabiskan pengguna smartphone untuk tersambung ke jaringan Wifi (atau waktu penggunaan Wifi).

Biasanya orang lebih banyak menghabiskan waktu untuk terhubung ke jaringan Wifi saat akhir pekan atau hari libur nasional, dimana mereka menghabiskan waktu di rumah lebih lama. Lewat sebuah keterangan tertulis oleh Hardik Khatri (Technical Analyst, Opensignal) dan Sam Fenwick (Senior Analyst, Opensignal), terlihat persentase waktu yang dihabiskan masyarakat di beberapa negara sudah meningkat bahkan sebelum pemerintahnya memberlakukan tindakan karantina resmi. Tetapi sekarang, semakin banyak negara ikut memberlakukan tindakan yang sama, dan peningkatan waktu penggunaan Wifi semakin merata.

Waktu penggunaan Wifi tiap negara.

Pada gambar di atas, terlihat untuk regional Asia, negara Hong Kong menunjukkan peningkatan waktu penggunaan Wifi yang cukup signifikan sejak awal, yang kemudian baru diikuti sejumlah negara lainnya. Di Filipina, lonjakan baru dimulai pada 16 Maret, dimana pulau utama negaranya sedang dalam masa karantina.

Negara lainnya seperti Malaysia dan Australia juga mengalami peningkatan yang signifikan pada minggu ketiga Maret. Sedangkan di Korea Selatan, waktu penggunaan Wifi justru menurun, kemungkinan dikarenakan berkurangnya kekhawatiran masyarakat setempat untuk sementara ini.

Sementara untuk Indonesia, penggunaannya cukup stagnan dari awal tahun hingga minggu-minggu pandemi dimulai, sama seperti Jepang. Hal tersebut bisa dikarenakan belum adanya lockdown, sehingga masih banyak warga negara yang pergi ke kantor. Bisa juga tak banyak warga negaranya yang tersambung ke jaringan Wifi meski sudah berada di rumah selama minggu pandemi.

Penggunaan WiFi di Eropa dan Amerika Signifikan Naik

Spanyol menjadi negara bagian Eropa yang punya lonjakan tertinggi untuk waktu penggunaan Wifi dari minggu ke minggu, mengingat negara tersebut dinyatakan sebagai negara kedua terparah di Eropa yang dilanda wabah Covid-19, dan diterapkan lockdown selama seminggu penuh. Italia melihat perubahan ini terjadi lebih awal, dengan peningkatan yang sudah dimulai pada minggu terakhir bulan Februari.

Sementara di Amerika Utara, peningkatan signifikan terjadi pada minggu ketiga Maret, dimulai pada tanggal 16, dengan perubahan terbesar terjadi di Kanada. Sebagai informasi, pada tanggal 15 Maret, Centers for Disease Control and Prevention (C.D.C) menyarankan untuk tidak melakukan pertemuan yang terdiri dari 50 orang atau lebih selama delapan minggu ke depan. Pada minggu ketiga Maret juga mulai ada penutupan sejumlah bar, teater dan bioskop di New York. Beberapa negara di Amerika Selatan juga memulai lonjakan waktu penggunaan Wifi di minggu ketiga Maret, seperti Argentina, Brazil dan Peru.

Kalau Gizmo lovers sendiri gimana nih, slelama #DiRumahAja, lebih banyak tersambung ke jaringan Wifi atau tetap menggunakan data seluler? Apa pun pilihan kamu, terus terapkan gaya hidup sehat, physical distancing dan jadilah pengguna internet yang bertanggung jawab dengan menyebarkan informasi yang akurat ya!