Pantau Kebugaran Pasien, RS MMC Adopsi IoT Wearable Device XL Axiata

Jakarta, Gizmologi – Teknologi Internet of Thing (IoT) terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan berbagai sektor industri, salah satunya medis. Salah satunya seperti yang diterapkan oleh Rumah Sakti Metropolitan Medical Centre (RS MMC) Jakarta. Mereka mengadopsi teknologi IoT Wearable Device XL Axiata.

Solusi IoT dipilih karena mampu memberikan visibilitas secara real-time di mana pun dan kapan pun tanpa batasan jarak dan waktu. IoT Wearable Device XL merupakan perangkat yang dapat mengukur kondisi kebugaran tubuh seperti detak jantung, EKG, pola pernafasan, suhu tubuh, langkah, dan kalori pada saat yang bersamaan.

Feby Sallyanto mengatakan, komitmen untuk terus menghadirkan beragam solusi IoT untuk seluruh sektor industri terus dilakukan, termasuk juga untuk menjalin kerjasama dengan industri teknologi kesehatan. “IoT Wearable Device XL ini bisa menjadi perangkat cerdas yang akan membantu RS MMC mengukur kondisi pengguna secara cepat dan tepat,” ujar Feby saat jumpa pers virtual di Jakarta (12/11).

Baca juga: Telkomsel IoT Envion, Sistem Manajemen Energi Berbasis AI untuk Korporasi

IoT Wearable Device XL Axiata

RS MMC IoT Wearable Device XL Axiata

IoT Wearable Device XL Axiata merupakan perangkat yang mengukur kondisi kebugaran tubuh seperti detak jantung, EKG, pola pernafasan, suhu tubuh, langkah, dan kalori pada saat yang bersamaan. Semua sinyal tersebut secara terus menerus dan instan diukur kemudian dianalisa dengan platform terintegrasi IoT XL Axiata, sehingga dapat memberikan report analisa kebugaran penggunanya dari waktu ke waktu.

Kelebihan lainnya dari perangkat IoT Wearable Device XL ini adalah adanya notifikasi yang dapat diatur untuk memberikan peringatan apabila ada perubahan tertentu yang terjadi. Perangkat canggih ini akan sangat membantu dan memudahkan pengguna yang ingin memperbaiki kebugarannya atau pun untuk deteksi dini masalah jantung dan pernapasan.

Dr. Roswin Rosnim Djaafar, MARS, CEO RS MMC Jakarta, mengatakan pihaknya selalu berusaha untuk menghadirkan value tambahan bagi seluruh pasien, yaitu salah satunya dengan solusi Internet of Things (Iot) yang saat ini sudah tersedia, bekeja sama dengan XL Axiata Business Solutions.

“Dengan adanya perangkat IoT Wearable Device atau Smart Healthcare di Wellness Centre RS MMC, diharapkan pasien akan lebih peduli pada kondisi tubuhnya masing-masing karena saat ini sudah dapat mengukurnya secara realtime. Dengan demikian, saat ini para pasien di Wellness Centre dapat rekondisi tubuh, meningkatkan kebugaran, serta meningkatkan derajat kesehatan,” ujarnya.

Dr. Roswin menambahkan, kerjasama pengembangan solusi Internet of Things (IoT) bersama XL Axiata Business Solutions ini diharapkan bisa memberikan pelayanan dan pengalaman kepada para pasien secara lebih komprehensif.

Pasien RS MMC Dilengkapi fitur Smart Healthcare

RS MMC JakartaPasien nantinya akan merasakan pelayanan yang lebih lengkap bukan hanya dilengkapi fitur Smart Healthcare yang dapat mengukur dan mendeteksi kebugaran pasien, namun juga pendampingan langsung oleh dokter spesialis RS MMC.

Perangkat Smart Healthcare ini akan hadir pada Wellness Centre RS MMC, yang merupakan layanan baru. Selanjutnya perangkat cerdas ini akan digunakan oleh tim Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga saat mengontrol dan melakukan rekondisi pada pasien. Berbeda dengan pusat kebugaran pada umumnya, selain tersedia fasilitas yang serupa dengan gym dan outdoor jogging track, Wellness Centre disertai pula dengan pendampingan dan pemantauan langsung oleh tim Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga.

Terkait keberlanjutan kolaborasi antara XL Axiata Business Solutions dengan RS MMC, menurut Feby, tidak hanya pada penyediaan solusi XL Axiata Wearable Device untuk pusat kebugaran, namun juga bagi layanan lainnya. Menurutnya, RS MMC adalah pelanggan korporat yang telah menerapkan beberapa solusi ICT lain dari XL Axiata Business Solutions untuk mendukung operasional. Antara lain konektivitas layanan internet dedicated corporate dan access point, serta komunikasi bisnis.

“Ke depan, kami berharap akan bisa terus mengembangkan solusi berbasis IoT untuk sektor teknologi kesehatan serta memperkaya insight yang didapat. Kami akan memperluas kerjasama dengan sejumlah pusat kesehatan dan juga pusat kebugaran,” imbuh Feby.

Saat ini, pelanggan XL Axiata Business Solutions telah mencapai lebih dari 3.000 perusahan yang terdiri dari firma skala besar dan UKM. Mereka bergerak di lebih dari 330 sektor industri. Selain itu, XL Axiata Business Solutions memiliki berbagai layanan yang berkaitan dengan konektivitas internet korporat, layanan pendorong produktifitas perusahaan, dan juga Internet of Things beserta layanan konsultasi eksklusif yang dapat diakses pada www.xlaxiata.co.id/bisnis.

Tinggalkan komen