10 Fitur iOS 15 Ini Bakal Absen di Beberapa Seri iPhone Lawas

Apple secara resmi telah mengumumkan pembaruan perangkat lunak iOS 15 pada gelaran World Wide Developer Conference (WWDC) awal Juni lalu. Bersamaan dengan iPadOS 15 dan macOS Monterey, pembaruan tersebut tentu bakal hadir di iPhone terbaru, termasuk beberapa seri iPhone yang sudah ada sebelumnya.

Kabar baiknya, tak hanya iPhone modern seperti iPhone XS Series saja yang bakal mendukung iOS 15. Apple bakal bawa software paling canggihnya tersebut jauh ‘mundur’ hingga ke iPhone 6S—sebuah smartphone yang dirilis pada September 2015 lalu. Artinya, Apple masih memberikan dukungan pada perangkat yang rilis 6 tahun lalu.

Baca juga: Cara Install iOS 15 Public Beta (& Downgrade ke iOS 14)

Namun tentunya, jangan harap bila seluruh fitur baru yang ditawarkan lewat iOS 15 bakal hadir di seri iPhone lawas, ya. Beberapa fitur yang baru dan hadir di aplikasi seperti FaceTime dan Health, memerlukan spesifikasi hardware lebih tinggi, ditambah sensor tertentu yang belum dimiliki pada iPhone lawas.

Daftar Fitur iOS 15 yang Absen di iPhone X ke Bawah

iOS 15 - Live Text

Penasaran dengan fitur-fitur baru apa saja yang bakal absen di iPhone 6s, iPhone SE, iPhone 7, iPhone 8 dan iPhone X? Berikut daftar lengkapnya.

  • Spatial Audio: khusus iPhone 6s, fitur ini bakal absen ketika mendengarkan musik melalui AirPods Pro & AirPods Max. Sementara seri 7 – X masih mendapatkannya kecuali efek spasial saat melakukan panggilan FaceTime.
  • Keyless Entry Control: membuat iPhone sebagai alat ganti kunci kendaraan tertentu, maupun kunci rumah, kantor dan hotel.
  • Live Text & Pengenalan Objek: sebuah fitur untuk deteksi keduanya dalam aplikasi seperti kamera, galeri, tangkapan gambar hingga Safari, mirip seperti Google Lens.
  • Continuous Dictation: mendikte suara menjadi teks secara berkelanjutan dalam durasi lebih dari 60 detik (limit pada versi iOS sebelumnya).
  • Apple Maps: tampilan interaktif 3D seperti gedung dan perbedaan tinggi rendah permukaan kota maupun pegunungan, serta petunjuk langkah dalam mode augmented reality.
  • Walking Steadiness: fitur kesehatan terbaru di mana iPhone bisa mendeteksi kestabilan cara jalan penggunanya, untuk mendeteksi risiko kesehatan lebih lanjut dalam 12 bulan ke depan, lewat kombinasi sensor yang ada dalam smartphone.
  • Fitur zoom pada mode QuickTake (merekam video dengan menahan tombol shutter kamera).
  • Proses pengenalan suara lebih cepat pada Siri dan aplikasi lainnya.
  • Mode potret pada aplikasi panggilan video seperti FaceTime.
  • Animasi yang lebih kaya pada aplikasi cuaca bawaan.

Fitur Baru FaceTime & Safari Masih Bakal Hadir Untuk Semua

SharePlay iOS 15

Sangat wajar bila fitur-fitur yang disebutkan di atas tidak dibawa ke beberapa seri iPhone lawas, di mana Apple menekankan bila beberapa fitur membutuhkan sensor tambahan yang hanya ada pada iPhone XS ke atas, plus setidaknya menjalankan cip Apple A12 Bionic. Namun setidaknya, pengguna iPhone 6s masih bisa menikmati banyak fitur lainnya, yang dibawa melalui iOS 15.

Sebut saja fitur FaceTime yang dilengkapi SharePlay, agar pengguna bisa lakukan panggilan video sambil menonton film secara simultan. Juga ada fitur Fokus baru yang dapat sembunyikan notifikasi pada jam kerja maupun jam sekolah, hingga tampilan baru pada peramban Safari bawaan. Tampil lebih simpel dan mudah untuk berganti tab.

Bakal hadir pada musim panas mendatang, Apple belum memberitahukan tanggal pasti akan kehadiran iOS 15. Bila Gizmo friends penasaran, versi Public Beta sudah tersedia dan kami telah membuatkan cara untuk ugrade, hingga downgrade alias kembali ke iOS 14. Bila siap dengan segala konsekuensi alias bug, dan sudah lakukan backup terlebih dahulu, bakal aman saja untuk menjajalnya.

Tinggalkan komen