Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Layanan 4G LTE Telkomsel Kini Menjangkau Seluruh Ibu Kota Kabupaten di Sumatera

Lebih dari 2.000 BTS 4G LTE Telkomsel Layani Seluruh Masyarakat di Area Sumatera

Telkomsel terus melebarkan jangkauan layanan 4G LTE secara agresif ke berbagai wilayah hingga destinasi wisata dan perbatasan negara. Kini layanan 4G LTE Telkomsel telah hadir di seluruh Ibu Kota Kabupaten (IKK) Telkomsel Area Sumatera yang berjumlah sebanyak 154 IKK, termasuk Ranai di Kepulauan Natuna yang berbatasan langsung dengan negara tetangga.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah saat peresmian jaringan 4G LTE Telkomsel Area Sumatera di Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan (17/3), mengatakan ini merupakan komitmen sebagai perusahaan milik bangsa  yang secara berkesinambungan terus memperluas coverage layanan 4G untuk hadir melayani negeri hingga ke pelosok termasuk pulau terdepan di Indonesia, tidak hanya di Pulau Jawa.

“Kami mulai dengan membangun di bagian paling barat Indonesia, di seluruh IKK di Sumatera. Ke depannya, seluruh IKK se-Indonesia yang berjumlah lebih dari 500 IKK akan dapat menikmati layanan internet super cepat ini,” ujar Ririek.

Peresmian layanan 4G LTE Telkomsel di Sumatera

Sementara itu Ketua MPR RI Zulkifli Hasan yang turut serta dalam acara tersebut mengapresiasi langkah yang telah dilakukan Telkomsel dalam menyediakan jaringan 4G LTE di 154 IKK dan daerah terluar di Sumatera. “Saya menaruh harapan yang besar kepada Telkomsel untuk dapat terus membangun jaringan telekomunikasi dan broadband hingga pelosok negeri. Tanpa pembangunan infrastruktur telekomunikasi yang merata, mustahil pemerintah dapat memenuhi program yang tertuang dalam Nawacita,“ kata Zulkifli.

 

Related Posts
1 daripada 32

Sebagai informasi, dalam waktu lima bulan terakhir Telkomsel telah melakukan pembangunan lebih dari 1.000 eNode B atau base transceiver station (BTS) 4G LTE baru di Area Sumatera. Kenyamanan pelanggan Telkomsel di Area Sumatera dalam berkomunikasi didukung lebih dari 28.000 BTS, di mana separuhnya merupakan BTS broadband (3G dan 4G). Layanan 4G LTE sendiri disokong jaringan lebih dari 2.000 eNode B.

Saat ini Telkomsel telah melayani lebih dari 48 juta pelangan di Area Sumatera, di mana 23 juta di antaranya merupakan pengguna layanan data. Dari jumlah tersebut, sekitar 4,5 juta pelanggan sudah menggunakan layanan 4G LTE. Dalam kurun waktu setahun, penggunaan layanan data Telkomsel di wilayah ini meningkat 135%, di mana pelanggan paling sering menggunakan layanan data untuk beraktivitas di media sosial, serta menikmati layanan video dan bertukar pesan instan.

Pada acara peresmian beroperasinya layanan 4G LTE di seluruh IKK di Area Sumatera, Telkomsel menyerahkan bantuan sosial di bidang pendidikan kepada SMA Kebangsaan Kalianda Lampung dan SMA Negeri 10 Jambi berupa perangkat perpustakaan digital sekolah yang telah dilengkapi dengan ragam aplikasi pendidikan dan ribuan buku elektronik (e-book). Selain itu, pada acara ini para pelanggan dapat merasakan digital experience menggunakan layanan TCASH untuk berbelanja di TCASH Fair yang berada di sekolah.

Telkomsel juga melakukan demo penggunaan aplikasi SISKA yang digunakan untuk melakukan absensi kehadiran siswa. Siswa dapat mencatatkan kehadirannya dengan melakukan TCASH Tap pada mesin NFC dan kehadiran siswa dapat dipantau oleh guru dan orangtua. Para siswa dapat mengunduh aplikasi SISKA di Google Play Store dan dapat menikmati beragam informasi tentang kegiatan sekolah, jadwal ujian, pelajaran, hingga ilmu pengetahuan.

This post is also available in: enEnglish (English)