Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Ini yang Bikin Telkom Akhirnya Buka Akses Layanan Netflix

0 3.649

Kabar baik untuk kamu pengguna jaringan internet rumah Indihome serta operator seluler Telkomsel! Selama ini, pengguna kedua provider ini tidak bisa mengakses salah satu platfrom streaming paling populer di dunia, yaitu Netflix. Akibatnya, mereka harus gunakan VPN tiap kali hendak mengakses serial atau film kesukaan yang ada di Netflix Originals. VPN pun tak bisa sembarang, sehingga menyulitkan pengguna.

Jaringan Telkom memang telah memblokir akses Netflix sejak Januari 2016 lalu. Sementara sejak 2019, rumor pembukaan blokir Netflix bermunculan, namun tidak juga terlaksana. Hingga pada akhirnya, hari ini (7/7), seluruh pengguna Indihome serta Telkomsel dapat mengakses aplikasi Netflix secara langsung, tanpa perlu gunakan VPN.

“Telkom mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia dan
karenanya memberi kesempatan pada pelanggan TelkomGroup untuk dapat mengakses beragam konten
hiburan,” jelas Arif Prabowo, Vice President Corporate Communication Telkom, dalam siaran pers yang diterima Gizmologi di Jakarta.

Netflix Sediakan Tools Pembatasan Akses Sensitif dan Parental Control

Netflix Telkomsel

Arif Prabowo menambahkan, pendekatan yang dimaksud adalah bahwa Netflix menunjukkan komitmennya untuk serius dapat diterima masyarakat Indonesia melalui langkah-langkah yang dilakukannya. Komitmen tersebut di antaranya adalah memastikan ketersediaan tools dalam sistem untuk pembatasan akses atas tayangan sensitif dan ketidaksesuaian umur bagi pelanggan (parental control).

Netflix juga menyediakan mekanisme untuk penanganan keluhan pelanggan. Termasuk sesegera mungkin mendengar masukan dan bersedia menyelesaikan keluhan dari Pemerintah atau regulator dalam waktu 24 jam atau sesuai dengan kurun waktu yang ditentukan oleh pihak yang berwenang (take down policy).

Disamping itu juga, Netflix menyepakati komitmen kepatuhan pada “Self Regulatory Code for Subscription Video on Demand Industry in ASEAN” dimana salah satu kesepakatannya adalah untuk tidak menayangkan prohibited content yakni konten yang melanggar hak cipta, mengandung pornografi anak, terorisme, dan melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) serta yang mendiskreditkan kelompok masyarakat tertentu.

Dengan adanya implementasi content code dari Netflix ini, Telkom menyambut itikad baik tersebut sebagai peluang meningkatkan kualitas layanan melalui ragam konten hiburan, termasuk konten lokal dengan tetap berkomitmen mengedepankan kenyamanan dan perlindungan terhadap pelanggan.

Tizar Patria, Business Development Manager Netflix, mengatakan pihaknya sangat senang karena saat ini  Netflix telah dapat diakses melalui jaringan Telkom. Artinya sekarang masyarakat Indonesia dapat menikmati tayangan Netflix yang beragam, mulai dari serial TV, dokumenter, serta film lokal dan internasional berkualitas di semua jaringan.

“Kami akan terus memberikan layanan terbaik bagi seluruh penggemar hiburan di Indonesia dengan menambahkan lebih banyak film-film Indonesia di Netflix, meningkatkan pengalaman pengguna, serta mengembangkan kerja sama dengan mitra-mitra di Indonesia,” ujarnya.

Pengguna Telkomsel dan Indihome Bisa Akses Netflix

Beberapa pengguna sudah dapat mengakses Netflix dari jaringan Indihome maupun smartphone mereka yang gunakan jaringan Telkomsel sejak pagi tadi. Dari dua smartphone yang tim Gizmologi gunakan dengan jaringan Telkomsel, baru bisa diakses sekitar pukul 1 siang tadi, sementara beberapa jam sebelumnya masih belum bisa. Jadi kalau mungkin belum bisa juga di perangkat Gizmo friends, tunggu beberapa waktu karena proses dilakukan secara bertahap.

Di Indonesia sendiri, Netflix pertama kali bekerja sama dengan pemerintah untuk tayangkan serial dokumenternya melalui siaran televisi. Bekerja sama dengan Kemendikbud, masyarakat tanah air dapat menonton program pilihan Netflix di TVRI, menjadi bagian dari program Belajar Dari Rumah. Selamat menikmati akses Netflix dari jaringan Telkomsel & Indihome!