Analisis Facebook Penyebab WhatsApp-Instagram Tumbang

Jakarta, Gizmologi – Layanan media sosial Facebook, instagram, dan WhatsApp sempat mengalami gangguan selama hampir 7 jam yang berdampak ke seluruh pengguna di seluruh dunia. Pihak manajemen Facebook mengatakan gangguan terjadi karena perubahan konfigurasi router yang bertugas mengatur lalu litas di pusat data mereka.

Vice President Infrastructure Facebook Inc, Santosh Janardhan menjelaskan, tim teknisi menemukan perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengkoordinasikan lalu lintas jaringan antara data center jadi penyebab gangguan komunikasi ini. Saat ini layanan sudah kembali pulih.

Perubahan konfigurasi ini, secara berjenjang, menyebabkan perubahan pada pola komunikasi pusat data. Akibatnya, layanan Facebook terhenti.

“Kami meminta maaf untuk semua orang yang terdampak dan kami berusaha memahami lebih dalam tentang apa yang terjadi hari ini supaya kami bisa terus memperkuat infrastruktur kami,” tulis Facebook di laman resmi mereka, dikutip Selasa (5/10/2021)

Santosh menambahkan penyebab utama pemadaman ini juga memengaruhi banyak alat dan sistem internal. Hal ini mempersulit tim Facebook dalam operasi sehari-hari, dan mungkin akan butuh waktu sampai layanan mereka pulih 100 persen.

“Kami ingin memperjelas bahwa kami yakin akar penyebab pemadaman ini adalah perubahan konfigurasi yang salah. Kami juga tidak memiliki bukti data pengguna telah disusupi sebagai akibat dari penghentian ini.”

Tak lupa Facebook Group meminta maaf kepada seluruh pengguna layanan atas pemadaman layanan Facebook, WhatsApp hingga Instagram. Manajemen juga berjanji untuk mengembalikan layanan ke operasi reguler.

Tinggalkan komen