Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Apple Diam-Diam Sedang Garap Layar MicroLED Miliknya Sendiri

0 540

Bagi kalian yang bertanya-tanya teknologi apa yang sedang dipersiapkan Apple, artikel ini mungkin bisa menjawab rasa penasaran kalian. Saat ini, Apple dikabarkan sedang mempersiapkan layar MicroLED buatannya sendiri.

Langkah ini terus menunjukkan perkembangan yang bagus dan Apple dilaporkan melakukan investasi besar agar teknologi layar MicroLED ini bisa digunakan di dalam produk Apple di masa depan, seperti iPhone atau Apple Watch, dalam beberapa tahun mendatang.

Situs engadget.com menulis pada awalnya Apple diam-diam telah membeli perusahaan bernama LuxVue pada 2014 yang saat itu mengerjakan teknologi display atau layar MicroLED yang irit daya. Laporan dari Bloomberg  pun mengindikasikan Apple tetap menggenjot upayanya itu. Proses pengerjaan layar ini dilakukan di fasilitas manufaktur di California, AS. Diprediksi produk ini baru akan bisa siap diproduksi secara massal antara tiga dan lima tahun lagi.

Mengapa layar ini bisa hemat tenaga?

Seperti pada teknologi OLED, yang digunakan pada Apple Watch dan sekarang iPhone X, layar MicroLED tidak memerlukan backlight sehingga bisa memberikan kontras yang lebih baik dengan daya yang lebih irit.

Akan tetapi, teknologi ini belum bisa dipasarkan secara luas sebab harus dirakit ke dalam satu sub piksel dalam satu waktu.

Samsung berencana merilis televisi moduler The Wall miliknya yang dilengkapi dengan layar MicroLED Agustus mendatang.

Ada kabar menyebut Apple telah membuat prototipe Apple Watch dengan layar MicroLED pertamanya tahun lalu dan dikabarkan ia menjadi target awal dari inovasi teknologi layar ini.

Situs firstpost.com menulis menggarap teknologi layar ini sendiri jadi langkah penting buat Apple. Selain dapat menghemat daya, teknologi ini juga menghasilkan gambar yang lebih cerah. Tak heran teknologi layar ini lebih sulit dibuat dibandingkan display OLED.

apple 1757047 1280
Deretan produk andalan dari Apple

Sebagai ilustrasi, membuat layar MicroLED dapat melibatkan jutaan piksel tergantung pada ukuran layar. Setiap piksel lalu dibagi ke dalam LED merah, hijau dan biru yang harus dibuat secara dan dikalibrasi secara individual. Disebut sebagai T159, proyek pengerjaan layar ini dikomandoi oleh Lynn Youngs, yang dulu juga membantu mengembangkan layar sentuh bagi iPhone dan Apple Watch dan kini turut mengurus teknologi layar bagi Apple Watch.

Baca juga: Babak Baru Apple di Indonesia: Mulai dari iPhone 7 Sampai Pusat Riset

Jika benar terealisasi, munculnya layar MicroLED ini akan mempengaruhi pemasok display yang selama ini dipakai oleh Apple, seperti Samsung Display, Japan Display Inc, Sharp Corp dan LG Display. Saham-saham pembuat display hari ini ikut turun begitu mendengar kabar Apple tengah mempersiapkan teknologi layar MicroLED sendiri.

Untuk saat ini, fasilitas yang ada di Caifornia tersebut baru bisa memproduksi layar MicroLED seukuran Apple Watch dengan ukuran diagonal di bawah dua inci. Kita tunggu perkembangan selanjutnya dari Apple!