Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Apple Baru Saja Rilis Update iOS 11.3. Yuk Ketahui 5 Fitur Pentingnya

0 474

Pengguna Apple yuk mulai download update iOS 11.3 yang baru saja diumumkan oleh Apple. Mengapa? Karena ada fitur baru yang penting, perubahan besar pada fitur pentingnya dan perbaikan pada fitur lainnya.

Hanya saja update iOS 11.3 ini memakan kapasitas hingga 2,18GB jadi Gizmo lovers akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menuntaskannya. Pertama-tama, untuk melakukan update iOS 11.3 ini secara manual, kalian cukup unlock iOS kalian lalu ke menu Settings > General > Software update.

Apple melakukan update yang cukup besar-besaran, yang ditandai dengan lima fitur yang bakal bikin penggunanya makin mulus dan gesit dalam mengoperasikannya, tulis phonearena.com. Apa saja kah itu?

Update iOS 11.3

1. Update iOS 11.3 pada Battery Health Tool (dalam beta)

Sesuai dengan namanya, fitur baru ini ingin memberitahu ke pengguna status baterai jangka panjang iPhone. Jadi ia bisa memberitahu kapan baterai harus diganti. Pengguna bisa melihat status baterai mereka melalui Setting > Battery. Hanya fitur baru ini bisa dipergunakan pada iPhone 6 dan seterusnya.

2. Animoji baru pada pengguna iPhone

Ada pula tambahan baru ke dalam animoji pada rangkaian update iOS 11.3 ini. Kini pengguna bisa mempunyai andalan animoji singa, beruang, naga dan tengkorak yang bisa ngomong.

Ini bukan sekadar animasi buat lucu-lucuan loh. Sebab animoji ini ternyata menggunakan sistem pengenalan wajah canggih pada iPhone X untuk memetakan ekspresi wajah pemakai ke dalam avatar virtual yang bisa ikut berbicara ketika pengguna ngomong, bernyanyi ketika pemakainya bernyanyi dan bahkan menyanyikan lagu hits karaoke.

Baca juga: Fitur iOS 11 Ini Akan Membuat iPhone Tidak Bisa Digunakan Sambil Berkendara

3. ARKit 1.5: Augmented Reality pada Dataran Vertikal

Update iOS 11.3 berikutnya dilakukan oleh Apple terhadap ARKit andalannya. Kali ini, Apple melakukan upgrade dengan memperkenalkan ARKit 1.5 yang bisa membuat aplikasi berbasis AR memakai dataran vertikal, seperti dinding dan pintu, selain dataran horizontal, seperti meja dan kursi. ARKit 1.5 juga menyesuaikan terhadap dataran yang tidak beraturan secara lebih oke.

Dengan upgrade ini maka tampilan dunia yang riil akan mempunyai resolusi yang 50% lebih tinggi pada lensa kamera. Ia juga mendukung auto fokus demi perspektif yang lebih tajam.

4. Health Record atau Rekam Medis

Update iOS 11.3 turut memasukkan fitur baru yang membuat pengguna bisa melihat rekam medis mereka di lebih dari 40 sistem kesehatan, termasuk Duke, NYU Langone, Stanford dan Yale melalui iPhone. Jenis rekam medis meliputi hasil laboratorium, obat dan lainnya. Apple menjamin data akan aman sebab ter-encrypted dan dikunci memakai passcode.

5. Data dan Privasi

Mungkin ini bisa dibilang update iOS 11.3 yang paling dinantikan setelah kasus bocornya data 50 juta lebih pemakai Facebook.

Fitur anyar ini akan memberitahu bagaimana data pemakai dipakai oleh aplikasi pihak pertama Apple.

healthyrecords
Isu keamanan data pribadi kini memang santer mengemuka. Foto oleh dailymail.co.uk

Bagaimana caranya? Ketika konsumen memakai layanan Apple yang meminta mengisi data pribadi untuk kali pertama, akan ada permintaan yang meminta mengirimkan data pribadi tertentu lalu ikon privasi pun muncul, berupa dua siluet yang sedang berjabat tangan biru.

Lalu pengguna pun akan melihat rincian apa yang dilakukan dengan data pribadi itu setelah dikirimkan.

Nah Gizmo lovers, itulah beberapa fitur baru dan upgrade atas keseluruhan update iOS 11.3. Cukupkah membuat iPhone kalian kini lebih terlindungi?