Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

ASUS Chromebox 4 Gunakan Intel Core 11th-Gen, Sanggup Nyalakan Monitor 4K

0 3.410

Produsen perangkat keras asal Taiwan, ASUS telah luncurkan sebuah perangkat berjenis Chromexbox untuk penuhi kebutuhan konsumen akan inti komputer yang jalankan sistem operasi desktop milik Google. Setelah generasi sebelumnya hadir di 2018, kali ini ASUS Indonesia resmikan kedatangan ASUS Chromebox 4 di Tanah Air dengan penyegaran spesifikasi.

Ini adalah sebuah mini PC yang menjalankan sistem operasi Chrome OS. Opsi prosesornya tersedia mulai dari Intel Celeron hingga Intel Core, dengan penyimpanan berjenis SSD M.2 dan dapat dipasangkan dengan monitor beresolusi tinggi. Secara visual, ASUS Chromebox 4 tak banyak berbeda, dengan desain persegi berwarna hitam yang miliki logo ASUS di bagian tengah.

Baca juga: ASUS ZenBook 13 (UX325) Kini Ditenagai Prosesor Intel Core Gen 11

ASUS Chromebox 4 Bisa Jalankan Tiga Monitor 4K

ASUS Chromebox 4

Dimensinya juga cukup kompak, mengingat kehadirannya sebagai mini PC. Bobotnya hanya 1kg saja, dapat dipasangkan di belakang monitor PC lewat VESA mount. Panjang dan lebarnya 148,5mm dengan ketebalan 40mm, untuk mengakomodir berbagai port di sisi-sisinya. Cukup lengkap, mulai dari USB-A, USB C, HDMI, LAN RJ45, microSD slot hingga audio jack.

Peningkatan yang paling besar dibawa di ASUS Chromebox 4 ada pada inti prosesor yang digunakan. Lompat dari generasi ke-8, kali ini ASUS sudah menggunakan prosesor Intel generasi ke-10. Meski bukan yang paling baru saat ini, ASUS janjikan peningkatan performa, kehalusan penggunaan termasuk efisiensi daya yang lebih baik.

Secara total, ada empat pilihan prosesor yang disediakan ASUS untuk Chromebox 4; Intel Celeron 5205U, Core i3-10110U, i5-10210U sampai i7-10510U. Ketiganya sama-sama hadir dengan kartu grafis Intel UHD dedicated. Varian Celeron dilengkapi RAM 4GB 1 x SO-DIMM, sementara seri Core-I punya RAM 8GB dengan dua slot, mendukung sampai 16GB.

Lewat port USB-C 3.2 Gen 1 dan USB 3.2 Gen 2 Type-A, ASUS Chromebox 4 dapat menyalakan tiga monitor beresolusi 4K dalam satu waktu bersamaan. Untuk mendukung kinerja yang konsisten, disematkan sebuah kipas yang mampu berjalan hingga 15W. Power supply-nya sendiri mulai 65W untuk Celeron dan 90W untuk varian prosesor lainnya.

Jalankan Chrome OS, ASUS Chromebox 4 Tersedia 2021

Kelengkapan ASUS Chromebox 4

Karena menjalankan Chrome OS, pengguna dapat mengunduh beragam aplikasi Android yang tersedia di Google Play Store, untuk dijalankan secara native. Jenis penyimpanannya sendiri tersedia mulai jenis eMMC (32/64GB) sampai M.2 SSD (128/256GB), yang juga dapat membantu kinerja prosesor.

Perangkat ini dilengkapi antenna Wi-Fi 6 dan mendukung dual-band 802.11ax untuk kecepatan internet yang maksimum. Versi software dan security patch-nya juga bakal hadir secara berkala, dengan proses pembaruan otomatis.

Di Indonesia sendiri, ASUS Chromebox 4 bakal tersedia resmi di tahun 2021 mendatang. Harganya sendiri belum diumumkan oleh ASUS Indonesia. Sebagai informasi, perangkat yang sudah hadir sejak November kemarin di Amerika Serikat ini dijual seharga USD289 untuk varian termurahnya, atau sekitar Rp4 jutaan.