Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

ASUS Rilis GPU ROG Strix & TUF Gaming dengan AMD Radeon RX 6900 XT

0 2.265

Sebagai perusahaan multinasional yang dikenal dengan perangkat kerasnya, ASUS baru saja merilis jajaran kartu grafis terbarunya untuk pengguna perangkat PC. Dua GPU terbaru tersebut hadir untuk berikan kinerja tertinggi dari AMD Radeon RX 6900 XT, dan dapat beroperasi di suhu rendah serta beroperasi lebih senyap.

Kedua kartu grafis terbaru dari ASUS adalah seri ROG Strix LC Radeon RX 6900 XT serta TUF Gaming Radeon 6900 XT. Sesuai namanya, masing-masing dibuat berdasarkan AMD Radeon RX 6900 XT dan membawa arsitektur gaming AMD RDNA 2 yang inovatif, mampu berikan performa tertinggi saat ini.

Kedua kartu grafis ini hadir untuk peruntukkan yang berbeda. ROG Strix untuk kemampuan olah digital yang paling tinggi dari ASUS, sementara seri TUF Gaming memiliki profil yang lebih sederhana. Keduanya telah menggunakan interface PCIe 4.0 dengan kecepatan memori 16 Gbps. Juga dengan dukungan native HDMI 2.1b serta native DisplayPort 1.4a.

Baca juga: ASUS Umumkan Lima Kartu Grafis GeForce RTX 3060 Ti

ROG Strix LC Radeon RX 6900 XT Beri Performa Tertinggi

ASUS ROG Strix Radeon RX 6900 XT

Hingga saat ini, AMD Radeon RX 6900 XT menjadi kartu grafis paling cepat yang pernah dibuat oleh AMD. Kekuatan dari kartu grafis tersebut menginspirasi ASUS untuk mendesain sistem pendingin yang dapat mengeluarkan potensi secara utuh. Ya, “LC” pada penamaan ROG Strix LC Radeon RX 6900 XT bermakna liquid cooling, atau memiliki sistem cairan pendingin khusus.

Sehingga kartu grafis ini punya dua kekuatan utama untuk menjaga suhu agar tetap bisa berjalan optimal, di mana yang kedua adalah kekuatan udara dari luar kotaknya. ASUS menggunakan plat dingin berukuran besar, berfungsi untuk dinginkan suhu GPU dan modul memori GDDR6 yang ada di dalamnya. Panas dari komponan yang diteruskan ke putaran pendingin cair.

Dibantu oleh radiator 240mm, ROG Strix LC Radeon RX 6900 XT juga punya kipas blower dengan tingkat kebisingan rendah, plus heat sink rendah di dalam lapisan kartu grafis. Terintegrasi mulus dengan rangka, kartu grafis ini juga punya selang pendingin 600mm yang panjang untuk lebih banyak opsi pemasangan di dalam sebuah wadah.

Selang tersebut dilapisi anyaman tekstil untuk melindungi dari abrasi, serta untuk menambahkan sentuhan berkelas pada sistemnya. Header FanConnect II juga hadir di perangkat ini, layaknya kartu grafis ROG Strix lainnya, mungkinkan untuk dihubungkan ke sistem sepasang kipas.

TUF Gaming Radeon RX 6900 XT Untuk Alternatif Kokoh

ASUS TUF Gaming Radeon RX 6900 XT

Bagi mereka yang inginkan kartu grafis kokoh dengan tampilan lebih tersembunyi, tersedia opsi kartu grafis TUF Gaming Radeon RX 6900 XT. Sama-sama didesain untuk maksimalkan kemampuan kartu grafis AMD, seri ini memiliki heatsink 2,9 slot yang dibuat untuk banyak ruang kepala termal, serta pengoperasian yang tenang meski dengan kebutuhan GPU pada watt tertinggi.

Udara didorong lewat heat sink dengan area permukaan tinggi, menggunakan tipas kipas berteknologi Axial. Sama seperti seri ROG Strix, kipas sentral berputar searah jarum jam, dan dua di sisi berputar berlawanan arah jarum jam untuk kurangi turbulensi. Khas TUF Gaming, digunakan lapisan aluminium bersudut dengan desain industrial yang kokoh membungkus heat sink.

Pengguna juga dapat personalisasikan kartu grafis agar sesuai dengan sistem lainnya, menggunakan LED Aura RGB onboard. ASUS Indonesia sendiri belum menginformasikan perihal ketersediaan maupun harga dari kedua kartu grafis terbarunya ini. Namun diperkirakan bila keduanya bakal tersedia secara global pada kuartal pertama 2021 mendatang.