Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

ASUS Indonesia Umumkan Custom CPU dengan Radeon RX 6800 Series

0 201

Agar terus dapat memenuhi kebutuhan konsumennya, terutama mereka para pemain gim di komputer, ASUS Indonesia baru saja umumkan kartu grafis terbarunya dalam seri ROG Strix dan TUF Gaming. Di mana keduanya bakal gunakan salah satu GPU terbaru dari AMD, yaitu Radeon RX 6800 Series.

Seri AMD Radeon RX 6800 terbaru telah menggunakan arsitektur game GPU RDNA 2 terbaru dari AMD. GPU ini sendiri telah diperkenalkan sejak November 2020 lalu, unggulkan kinerja frekuensi tinggi namun sangat hemat daya. Lewat custom GPU ASUS, konsumen bisa menikmati kinerja tinggi dalam suhu rendah dan pengoperasian yang lebih senyap.

Demi mendapatkan performa yang maksimal, teknisi ASUS telah bekerja untuk kembangkan dua kartu grafis ROG Strix dan TUF Gaming terebut. Tiap seri memiliki keunggulan pada teknologi pendingin yang berbeda. Dengan begitu, konsumen dapat memilih mana yang lebih cocok untuk setup komputer masing-masing.

Baca juga: ProArt StudioBook Pro 15, Laptop Workstation Ultra Portabel dari ASUS

ROG Strix LC Radeon RX 6800 XT Punya Sistem Liquid Cooling

ROG Strix Radeon RX 6800

Sejak merancang sketsa dari kartu ROG Strix, ASUS sudah memperhitungkan teknologi pendingin yang pas untuk Radeon RX 6800 XT. Menurut mereka, sudah banyak dari penggemar PC di seluruh dunia yang terbiasa dengan sistem pendinginan cair all-in-one.

Khusus pada ROG Strix LC Radeon 6800 XT, ASUS padukan kekuatan udara serta pendingin cairan terbaru. Selain punya modul pendingin cairan khusus, terdapat juga pelat dingin besar yang mendinginkan penahan GPU serta modul memori GDDR6. Panas dari komponen bakal langsung dikeluarkan ke loop pendingin cair, dibantu kipas blower dengan tingkat kebisingan rendah.

Diklaim mudah dipasang pada sebuah PC, kartu grafis ini dilengkapi selang pendingin berukuran 600mm, memungkinkan lebih banyak opsi pemasangan. Selain itu, juga terdapat sepasang kipas radiator 120mm untuk jaga udara, plus header FanConnect II onboard yang bisa respon perubahan suhu GPU dan CPU.

Selain itu, ASUS juga hadirkan varian yang lebih terjangkau, yaitu ROG Strix RX 6800. Kartu grafis ini didesain untuk para gamer kelas menengah, masih hadirkan keunggulan sistem pendinginan. Kombinasi dari heatsink 2,9 slot, plus trio kipas angin dengan desain Axial-tech terbaru untuk dorong aliran udara lewat heatsink.

Opsi Lebih Kokoh dengan TUF Gaming

ASUS TUF Gaming RX 6800

Untuk berikan performa kartu grafis AMD Radeon RX 6800 series bagi mereka yang punya setup komputer lebih tersembunyi, ASUS berikan versi TUF Gaming. Versi ini punya tampilan yang terlihat lebih kokoh, dan tidak terlalu mencolok seperti varian ROG Strix.

Setupa dengan saudaranya yang gunakan kartu grafis sama, versi TUF gaming ini dilengkapi dengan heatsink 2,9 slot yang dibuat untuk pengoperasian yang tenang. Udara didorong melalui heatsink menggunakan tiga kipas yang juga gunakan desain Axial-tech.

Kipas sentral bakal berpurat searah jarum jam, sementara dua di sisi berputar secara berlawanan. Hal tersebut demi mengurangi turbulensi, dan memungkinkan RPM lebih tinggi serta lebih banyak pergerakan udara, tanpa suara yang terlalu ramai. Berikan tampilan kokoh, seri TUF Gaming gunakan lapisan aluminium bersudut di luarnya.