Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Gojek Salurkan Donasi Pengguna untuk Korban Banjir Sebesar Rp1 Miliar

0 397

Gojek, platform super app yang menyebut sebagai karya anak bangsa meski perusahaannya berstatus sebagai penanaman modal asing (PMA), hari ini serah terima donasi sebesar Rp 1 miliar untuk korban banjir Jabodetabek awal 2020 lalu. Namun ini bukan uang dari Gojek yang berstatus decacorn dengan valuasi di atas US$ 10 miliar. Melainkan donasi dari puluhan ribu masyarakat Indonesia pengguna dan mitra ekosistem Gojek

Penggalangan dana untuk banjir Jabodetabek ini dilakukan dengan memanfaatkan platform GoGive, layanan donasi online Gojek dengan Kitabisa.com. Sementara, penyaluran donasi terkumpul akan dikelola oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Tidak berhenti di situ, Gojek juga mendukung ketangguhan bencana melalui kerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yang ditandatangani hari ini di Jakarta(19/2).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para pengguna aplikasi yang telah berdonasi untuk para masyarakat yang terkena dampak banjir. Gojek turun langsung dalam fase tanggap darurat, membantu evakuasi warga dan mitra ekosistem Gojek, serta menyalurkan paket bantuan,” ujar Nila Marita, Chief Corporate Affairs Gojek, saat acara penyerahan donasi.

Donasi Pelanggan Gojek

Nila menambahkan, dalam menyalurkan bantuan, Gojek mempunyai 3 tahap proses yaitu kerjasama dengan para relawan, lalu berfikir apa saja yg akan kita lakukan ke depan contohnya kita bikin kampanye bersama Kitabisa.com dan Baznaz, dan yang terakhir kami memberikan dukungan melalui kerja sama dengan pemerintah untuk menyalurkan bantuan seperti ke sekolah-sekolah dan tempat-tempat yang membutuhkan.

Dalam masa tanggap darurat bencana banjir, karyawan dan mitra Gojek bergotong royong membantu korban banjir, bersama dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, lembaga-lembaga terkait, dan masyarakat luas. Ratusan relawan – karyawan dan mitra Gojek turun langsung bantu evakuasi dan penyaluran  paket logistik di 84 titik yang terdampak banjir.

Komitmen Gojek untuk membantu penanggulangan bencana tidak berhenti sampai di sini. Gojek ingin melangkah lebih maju menjadi perusahaan teknologi pertama yang berpartisipasi aktif dalam strategi penanggulangan bencana secara menyeluruh, melalui sinergi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yang juga diresmikan hari ini.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Harmensyah menyampaikan, “Kami mengapresiasi komitmen Gojek sebagai perusahaan teknologi pertama yang berinisiatif menjadi mitra pemerintah dalam usaha penanggulangan bencana di Indonesia. BNPB percaya kolaborasi bersama Gojek dapat membantu kami menetapkan strategi yang efektif untuk mengelola penanggulangan bencana untuk masyarakat Indonesia yang lebih tangguh.”

Ruang lingkup kerja sama Gojek dan BNPB bersifat holistik, tidak hanya mencakup aktivasi bantuan relawan dan kebutuhan logistik,  tetapi juga  pengembangan inovasi yang berfokus pada edukasi dan penyebaran informasi melalui aplikasi Gojek terkait penanggulangan bencana. Tidak hanya itu, BNPB juga akan memberikan pelatihan tanggap bencana untuk mitra dan karyawan Gojek.