Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Gabungkan Marketplace, Distribusi dan Logistik, Bizzy Targetkan Omset Rp5 Triliun

0 255

Situs belanja marketplace yang menyasar segmen B2B (business-to-business) Bizzy berkembang kian pesat. Mereka memiliki beberapa unit usaha yang bergerak secara mandiri. Untuk memperkuat dan memperluas cakupan bisnis, unit usaha yang sudah ada seperti Bizzy.co.id, Bizzy Logistics dan Bizzy Distribution kemudian dikonsolidasikan.

Menurut Andrew Mawikere, CEO Bizzy Group, terobosan bisnis yang dilakukan ini ditempuh agar Bizzy Group mampu menjalankan layanan rantai pasok secara penuh dari hulu ke hilir. Ketiga perusahaan bersama-sama memiliki basis aset yang kuat dan pengalaman di industri masing-masing yang saling melengkapi. Mulai dari pengadaan (procurement), logistik,  dan distribus,  yang akan memberikan peluang lebih besar untuk pertumbuhan dan layanan baru yang menguntungkan para pelanggan, mitra, dan pemegang saham.

Aset ketiga perusahaan ini juga menjadi alasan penggabungan ketiganya ini. Secara total, asetnya mencakup 70.000 meter persegi, 163 truk first-mile, 31 truk mid-mile, 190 truk last-mile, 6 gudang berikat, 26 cabang dan 100 sub-distributor di seluruh Indonesia.

Andrew mengungkapkan, perusahaan mengincar pertumbuhan bisnis tahunan di kisaran 30%-40% (yoy). Di mana kontribusi terbesar diproyeksikan berasal dari unit bisnis Bizzy Distribution. “Dengan sinergi dan perluasan jangkauan ke logistik dan distribusi, kami mentargetkan omset konsolidasi mencapai Rp 5 triliun ini,” ujarAndrew Mawikere saat jumpa pers di Jakarta (23/7/2019).

Ia juga menegaskan kehadiran platform digital ini untuk membantu program pemerintah  meningkatkan UMKM di Indonesia. “Jika dilihat dari kondisi perekonomian Indonesia, segmen terbesar ada di UMKM yang jumlahnya ada 60 juta dengan kontribusi ke PDB sekitar 60%. Dari unit bisnis kami, distribusi yang paling banyak touch point dengan UMKM,” terangnya.

Baca juga: Perkuat B2B Commerce, Bhinneka Tawarkan eProcurement Efisien Bizzy

Layanan Bizzy Group

Bizzy.co.id selama ini sudah cukup kuat di bidang marketplace B2B (Business to Business) dan platform pengadaan elektronik. Namun sejatinya perusahaan ini bermula dari Bizzy Logistic yang telah berdiri sejak tahun 1992.

Bizzy telah bekerja sama dengan perusahaan besar baik di nasional maupun multi-nasional global,  perusahaan retail terkemuka, pabrikan, perusahaan jasa logisitk, perusahaan freight forwader, pedagang besar, dan pedagang umum. Setelah itu, mendirikan Bizzy Distribution yang merupakan perusahaan FMCG (Fast Moving Consumer Goods) nasional yang mempunyai pengalaman lebih dari 25 tahun.

Selain itu, setelah berkolaborasi Bizzy Group  menawarkan empat layanan yaitu Bizzy Procurement sebagai marketplace pengadaan barang sekaligus induk usaha. Bizzy Consolidation Sebagai Vendor.

Dan ada juga  Bizzy Logistic yang menawarkan jasa logistic dan pengiriman dan bea cukai yang telah digitalisasi. Dan Bizzy Distribution yang menyediakan platform distribusi digital dan melakukan distribusi barang  ke toko.

Bizzy Logistics  juga menawarkan layanan pengiriman ke negara-negara di asia tenggara seperti Malaysia, Vietnam Singapore dan juga Indonesia. Meraka juga menggandeng perusahaan asal Singapore Hakovo dalam proses  mendigitalisasi  ratai pasok dan administrasi bea cukai.