Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Mengenal Click&Connect, Strategi Omni Channel Ala Blibli

Berbagai cara dilakukan perusahaan ecommerce agar konsumen terus menggunakan layanannya. Salah satu yang terbaru datang dari Blibli.com yang memperkuat strategi omnichannel  (kanal penjualan baik online dan offline) dengan memperkenalkan fitur Blibli Click & Collect.

Fitur Blibli Click & Connect ini memungkinkan para pelanggan untuk merasakan kemudahan belanja online di website dan aplikasi. Konsumen tanpa perlu repot menunggu pesanan diantar ke alamat tujuan. Karena para pelanggan juga dapat mengambil pesanan di toko offline yang sudah menjadi merchant partner dari Blibli Click & Collect.

Menurut Wisnu Iskandar, SVP Trade Partnership Consumer Electronic Group Blibli.com, industri jual beli online kini memasuki era E-Commerce 4.0 yang ditandai dengan berkembangnya strategi ritel omni channel. Strategi ini mencakup cara penjualan online to offline (O2O). Di mana merchant partner menggabungkan kekuatan kanal online dan offline untuk meningkatkan kepuasan berbelanja para pelanggan yang semakin akrab dengan internet.

“Di era e-commerce 4.0, para pelanggan menggunakan platform online untuk membandingkan harga, mengecek kondisi produk, serta mendapatkan penawaran khusus. Namun, mereka tetap menginginkan pengalaman offline untuk melihat, merasakan dan mencoba produk sebelum dibawa pulang,” ujar Wisnu, saat jumpa pers di Jakarta (26/6/2019).

Baca juga: Kini Belanja di Blibli.com Bisa Bayar Pakai Go-Pay

Related Posts
1 daripada 7

Fitur Blibli Click & Connect

Fitur Blibli Click & ConnectUntuk menggelar layanan Blibli Click & Connect ini, situs e-commerce milik Grup Djarum ini sudah bermitra dengan 28 merchant partner dari berbagai kategori produk, termasuk gadget dan groceries.  Salah satunya adalah bekerjasama dengan Alfamart. Dengan kemitraan ini, pelanggan dapat menggunakan fitur tersebut di ribuan jaringan minimarket Alfamart.

Saat ini, layanan Blibli Click & Collect tersedia di jaringan Alfamart sekitar Jabodetabek dan hingga akhir 2019 akan tersedia di seluruh Jawa dan Bali. Selain sektor groceries, elektronik dan gadget juga unggul di kalangan para pelanggan karena mereka ingin memastikan bahwa produk yang mereka beli sesuai dengan kebutuhan, terutama mengingat price point produk-produk cukup bernilai lebih tinggi.

Selain Alfamart, fitur Blibli Click & Connect juga bisa dicoba di jaringan FUJISHOPid. Menurut pihak Fuji Shop, lensa kamera, kamera mirrorless dan action camera menjadi produk Click&Collect yang paling populer di kalangan para pelanggan toko offline FUJISHOPid, yang terletak di Jakarta dan Bali.

Untuk menerapkan fitur Click&Collect di ribuan toko di berbagai kota besar, termasuk Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Bali. Hadirnya para merchant partner ini membantu mendorong penigkatan volume pemesanan hingga mencapai setidaknya 250.000 order per Juni 2019. Blibli Click & Collect akan terus menigkatkan volume pemesanan dengan memperbanyak dan memperluas jaringan toko melalui kemitraan bersama merchant partner besar lainnya di indonesia.

This post is also available in: enEnglish (English)