Jakarta, Gizmologi – Salah satu situs e-commerce terbesar di Indonesia, Blibli terus mengembangkan bisnisnya dan berikan opsi serta promo yang relevan bagi para konsumennya. Usahanya tersebut tentu membuahkan hasil, di mana sebelum tahun 2021 berakhir, Blibli telah menjadi pemenang dalam ajang The Smarties APAC (Asia Pasifik) 2021.
Kategori yang berhasil dimenangkan Blibli adalah “Best Brand Experience in Mobile Reach Media”, lewat keberhasilannya dalam jalankan “Bliblimart m-Select Campaign Takes Grocery Shopping from Bricks to Clicks”. Dinilai dapat berikan pengalaman yang lebih imersif dan interaktif bagi pelanggannya, serta ciptakan user engagement yang memaksimalkan brand recall dan brand recognition.
Baca juga: BliBli Pastikan Hanya Pasarkan Produk Orisinal dan Tidak Jual Barang Palsu
Fransisca Krisantia Nugraha, EVP Consumer Goods Blibli mengatakan bila Bliblimart telah menjadi salah satu ujung tombak bisnisnya, terutama dalam berikan pengalaman belanja online-to-offline. “Pencapaian ini menegaskan posisi Blibli sebagai e-commerce lokal terdepan yang terus menghadirkan solusi omnichannel bagi pelanggan,” tambahnya lewat sebuah rilis yang diterima Gizmologi pada Senin (27/12).
Menjadi Tantangan Untuk Biasakan Konsumen Berbelanja Daring

Sebelumnya, pada bulan Oktober lalu terdapat dua grup supermarket high-end yang baru saja bergabung ke Bliblimart, yakni Ranch Market, Farmers Market serta Farmers Family. Kehadiran ketiganya hadir dalam momentum yang dinilai tepat saat itu, sebagai penguatan solusi omnichannel kedua entitas untuk kembangkan layanan pemenuhan kebutuhan konsumennya.
Kusumo Martanto, CEO & co-founder Blibli mengatakan, “pelanggan dapat merasakan pengalaman ritel yang lengkap dan terbaik, baik secara daring maupun luring.” Saat itu, jumlah merchant partner Blibli sudah berjumlah lebih dari 5,500. Jenis produk yang ditawarkan pun tentunya beragam, mulai dari produk segar, organik, sampai jenis-jenis yang lebih spesifik seperti produk bebas gluten dan produk khusus untuk diet.
Ia menambahkan, penghargaan tersebut memicu Blibli untuk terus dekatkan layanan Bliblimart kepada konsumen di beragam channel digital. The Smarties APAC 2021 merupakan ajang apresiasi bergengsi terhadap inisiatif pemasaran modern paling efektif di kawasan APAC. Diselenggarakan oleh MMA, dan beranggotakan lebih dari 800 perwakilan perusahaan dari berbagai negara di dunia.
Lewat kampanye yang berhasil menangkan penghargaan tersebut, Bliblimart bertujuan untuk memudahkan pelanggan untuk membiasakan belanja online sebagai kebiasaan baru di new normal. Blibli menghadirkan shoppable ad yang terbagi dalam dua bagian, yakni video tentang Bliblimart dan kategori produk. Memungkinkan pelanggan belanja langsung di dalam iklan digital lewat tiga langkah mudah.
Pengguna Bliblimart Bakal Terus Belanja Daring Hingga Lewat Pandemi

Inisiatif tersebut sukses menjangkau lebih dari 2,3 juta user, dengan 489 ribu user berinteraksi melalui shoppable ad. Lebih detil, kampanye Blibli tersebut raih engagement rate sebesar 10,41%, termasuk di atas benchmark industri sekitar 0,5-1%. Dan secara umum berkontribusi terhadap pertumbuhan GMV sebesar 150%, dengan peningkatan sales sampai 500%.
Dan selama kampanye berlangsung, Blibli juga menemukan fakta bila konsumen telah merasa lebih nyaman untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari secara daring, serta merasakan pengalaman belanja seamless lewat Bliblimart. Tak hanya saat ini saja, naming juga menyatakan yakin akan terus penuhi kebutuhan hariannya hingga setelah pandemi.
Ke depannya, Bliblimart bakal terus berkembang untuk berikan kepuasan pelanggannya dalam penuhi kebutuhan rumah tangga harian. Seperti melalui fitur Blifresh untuk penyediaan produk daging sampai sayur segar, fitur Langganan, sampai metode pengiriman 2 Jam Sampai.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




