Jakarta, Gizmologi – Xiaomi Corporation, sebagai perusahaan teknologi mengungkap hasil konsolidasi 2023, termasuk laba bersih Xiaomi. Dalam hasil konsolidasi tersebut pendapatan total Xiaomi mencapai 271,0 miliar RMB.
Xiaomi telah menjadi perusahaan teknologi besar yang mengusung strategi Human x Car x Home. Terdapat produk Xiaomi di ketiga segmentasi tersebut dan terlihat peningkatan yang diraih dalam masing-masing segmen.
Dalam hal kinerja bisnis, pertumbuhan laba mengalami akselerasi pada paruh pertama 2023, diikuti oleh peningkatan pendapatan kuartalan pada paruh kedua. Kedua indikator ini mencerminkan pertumbuhan ketahanan dan efisiensi yang luar biasa dalam operasional bisnis Xiaomi.
Baca Juga: Impresi Pertama Unboxing Xiaomi 14, Mewah dengan Logo Leica
Laba Bersih Xiaomi Tumbuh Hingga Rp591,3 Triliun
Pada tahun 2023, laba bersih Xiaomi yang disesuaikan melonjak 126,3% menjadi 19,3 miliar RMB, setara Rp591.3 Triliun. Lonjakan signifikan dalam laba bersih Xiaomi tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedua sejak Xiaomi menjadi perusahaan terdaftar.
Pada kuartal keempat 2023, pendapatan total Xiaomi terus tumbuh selama dua kuartal berturut-turut, mencapai 73,2 miliar RMB atau setara dengan Rp159.7 Triliun, meningkat 10,9% dari tahun sebelumnya. Sementara laba bersih Xiaomi di kuartal tersebut yang disesuaikan melonjak 236,1% YoY (Year on Year) menjadi 4,9 miliar RMB.
Beralih ke bisnis kendaraan listrik (EV) Xiaomi dikatakan alami peningkatan mencapai 6,7 miliar RMB atau sekitar Rp14.6 Triliun. Xiaomi memberi catatan bahwa biaya kompensasi berbasis saham yang terkait dengan EV pintar dan inisiatif baru lainnya sebesar 0,8 miliar RMB tidak termasuk untuk tahun ini.
Banyak Permintaan Pada Smartphone Xiaomi

Pada tahun 2023, Xiaomi telah mengirimkan sekitar 145,6 juta unit smartphone secara global, dengan pendapatan tahunan dari penjualan smartphone mencapai 157,5 miliar RMB atau sekitar Rp343.6 Triliun dan margin laba kotor sebesar 14,6%.
Menurut Canalys, Xiaomi berhasil mempertahankan posisi nomor tiga dalam pengiriman smartphone global selama tiga tahun berturut-turut. Pada kuartal keempat tahun 2023, pengiriman global smartphone Xiaomi meningkat menjadi 40,5 juta unit, naik sebesar 23,9% YoY.
Menghadapi persaingan pasar yang ketat, Xiaomi terus memperkuat inovasi teknologinya dan memasuki pasar smartphone premium. Pada tahun 2023, harga jual rata-rata (ASP) smartphone Xiaomi di pasar China mengalami peningkatan lebih dari 19% YoY.
Menurut data pihak ketiga, pangsa pasar Xiaomi dalam penjualan smartphone di segmen harga 4.000 RMB-6.000 RMB atau setara dengan 8.7 Juta rupiah – 13 juta Rupiah, di pasar China mencapai 16,9% pada tahun 2023, meningkat sebesar 9,2 poin persentase YoY.
Pada kuartal keempat, Xiaomi bahkan berhasil mencapai peringkat penjualan nomor satu menurut klaimnya di segmen harga yang sama. Di pasar China, lebih dari 20% dari total pengiriman smartphone Xiaomi untuk tahun ini adalah smartphone premium yang harganya setara Rp6,5 juta.
Strategi operasi ritel baru Xiaomi, yang mengusung konsep “integrasi etalase”, telah menghasilkan dampak positif dengan peningkatan yang signifikan dalam efisiensi toko ritel offline-nya. Menurut data pihak ketiga, pada tahun 2023, pangsa pasar Xiaomi dalam pengiriman smartphone melalui toko offline di pasar China meningkat menjadi 8,4%.

Lalu untuk pendapatan dari produk IoT dan gaya hidup Xiaomi mencapai 80,1 miliar RMB, dengan margin laba kotor mencapai 16,3%, mencapai rekor tertinggi. Pada 31 Desember 2023, jumlah perangkat IoT yang terhubung (tidak termasuk smartphone, tablet, dan laptop) pada platform AIoT Xiaomi mencapai 739,7 juta, meningkat 25,5% YoY.
Sementara jumlah pengguna dengan lima atau lebih perangkat yang terhubung ke platform AIoT-nya mencapai 14,5 juta, meningkat 25,3% YoY. Monthly Active Users (MAU) dari Mi Home App Xiaomi juga tumbuh menjadi 85,8 juta pada Desember 2023.
Pada tahun yang sama, peralatan rumah tangga pintar Xiaomi menunjukkan momentum pertumbuhan penjualan yang tinggi, dengan pendapatan meningkat hampir 40% YoY. Pengiriman tablet global Xiaomi melebihi 5 juta unit, meningkat lebih dari 50% YoY, dengan pengiriman tablet Xiaomi di pasar luar negeri meningkat dua kali lipat YoY.
Di segmen layanan internet, pendapatan Xiaomi mencapai 30,1 miliar RMB ( setara dengan 65.6 triliun rupiah) dan margin laba kotor layanan internetnya mencapai 74,2%. Dengan memanfaatkan jejak globalnya, Monthly Active Users (MAU) Xiaomi secara global dan di pasar China (termasuk smartphone dan tablet) masing-masing mencapai 641,2 juta dan 155,6 juta.
Dalam kemitraan globalnya, Xiaomi menerapkan pendekatan terbuka yang memungkinkan potensi monetisasi bisnis. Pada tahun 2023, pendapatan dari layanan internet di luar negeri meningkat 24,1% YoY menjadi 8,4 miliar RMB (setara dengan 18.3 triliun rupiah), mencapai rekor tertinggi dan menyumbang 28,0% dari total pendapatan layanan internet Xiaomi.
Dengan upaya terus menerus dalam mengoptimalkan efisiensi di seluruh platformnya, pendapatan iklan Xiaomi mencapai 20,5 miliar RMB (setara dengan 44.7 triliun rupiah), meningkat 11,2% YoY. Seiring dengan kemajuan strategi premiumisasi smartphone, jumlah pengguna aktif dan pengguna berbayar dari game dalam bisnis Xiaomi terus bertambah, mendorong pendapatan dari game mencapai 4,4 miliar RMB (setara dengan 9.6 triliun rupiah) pada tahun 2023, meningkat 7,0% YoY.
Tujuan Bisnis Xiaomi ke Depannya

Untuk kedepannya, Xiaomi memiliki tujuan untuk 2020-2030 dengan komitmen yang kuat untuk investasi berkelanjutan dalam teknologi inti dasar. Perusahaan berdedikasi untuk menjadi pemimpin dalam bidang teknologi mutakhir global yang terus berkembang.
Pada tahun yang sama, biaya penelitian dan pengembangan (“R&D”) Xiaomi mencapai 19,1 miliar RMB (setara dengan 41.6 triliun rupiah), meningkat 19,2% YoY. Pada tanggal 31 Desember 2023, Xiaomi memiliki 17.800 personel R&D, yang setara dengan 53% dari total karyawan perusahaan.
Langkah baru perusahaan di tahun 2024 ini juga bisa terlihat pada tanggal 28 Desember 2023 saat Xiaomi merilis produk EV pertamanya, yaitu seri Xiaomi SU7, dalam acara Xiaomi EV Technology Launch.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




