Jakarta, Gizmologi โ Dalam upaya mendorong transformasi digital bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Telkom Indonesia melalui Indibiz menyediakan solusi bisnis berbasis digital. Hal ini sejalan dengan visi pemerintah dalam memperkuat ekonomi kerakyatan dan meningkatkan daya saing UKM di tingkat global.
Reni Yustiani, OVP Enterprise Marketing & Regional Management Telkom, mengungkapkan bahwa transformasi digital UKM menjadi prioritas bagi perusahaan. Ekosistem solusi digital Indibiz dari Telkom berhasil memberikan kontribusi yang terbaik untuk akselerasi digital pelaku bisnis di Indonesia.
โDari data Kemenko Perekonomian, terdapat sekitar 65 juta UKM di Indonesia, tetapi baru sekitar 25-26 juta yang sudah tersentuh digitalisasi. Masih ada banyak ruang bagi kami untuk berkontribusi dalam mengakselerasi UKM,โ ujarnya.
Dengan jaringan infrastruktur terluas dan memiliki perwakilan kantor di 5 area regional yang tersebar pada 31 wilayah telekomunikasi dan 251 Telkom Daerah di seluruh Indonesia. Telkom melalui Indibiz memiliki peran yang strategis untuk menggeliatkan perekonomian bangsa melalui transformasi dan akselerasi digital pelaku usaha kelas kecil menengah (SME) yang tersebar di berbagai penjuru Nusantara.
Tiga Pilar Transformasi Digital UKM

Dalam program Indibiz, Telkom Indonesia menerapkan tiga pendekatan utama dalam digitalisasi UKM. Pertama, meningkatkan produktivitas bisnis melalui penggunaan teknologi digital. โDengan digitalisasi, proses bisnis menjadi lebih cepat dan akurat, sehingga efisiensi meningkat,โ jelas Reni.
Kedua, menciptakan operasional bisnis yang lebih efektif dan efisien. Penggunaan solusi digital dapat membantu UKM dalam mengelola stok barang, sistem pembayaran, hingga strategi pemasaran. โMisalnya, dengan sistem manajemen inventaris yang baik, UKM dapat mengetahui produk mana yang paling diminati dan bisa menyesuaikan strategi produksi serta pemasaran,โ tambahnya.
Ketiga, meningkatkan customer experience dengan memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan. โKetika pelanggan merasa nyaman dan mendapatkan pengalaman positif, mereka akan lebih loyal terhadap brand UKM tersebut,โ katanya.
Peran Indibiz untuk membantu pelaku bisnis di Indonesia semakin dirasakan penting bagi Telkom. Selain membantu akselerasi digital pelaku bisnis multi-sektoral, ternyata banyak SME potensial tersebar di daerah-daerah. Hal ini sesuai dengan visi-misi pemerintah untuk mencapai pemerataan pembangunan nasional.
โPada tahun 2025 ini, kami akan memperkuat berbagai produk dan layanan Indibiz yang bisa menjawab segala kebutuhan pelaku bisnis lintas sektor di daerah. Karena itu, Telkom terus membangun kemitraan strategis dengan berbagai pihak dan menjadi orkestrator berbagai produk digital dan teknologi yang ada di Telkom Group,โ imbuh Reni.
Indibiz Fokus di 11 Sektor Industri

Beberapa layanan Indibiz yang akan dijalankan di tahun 2025 terdiri dari berbagai solusi digital unggulan yang mempercepat proses bisnis pelaku usaha di 11 sektor. Dari 11 sektor tersebut, Indibiz bisa meramu segala kebutuhan digitalisasi para pelaku usaha yang diintegrasikan dengan connectivity andal dari Telkom.
Seperti yang diketahui, Indibiz baru genap berumur 2 tahun. Meski begitu dengan komitmen penuh terhadap upaya pemberdayaan SME, Indibiz memiliki ekosistem solusi digital lengkap di sektor pendidikan (Indibiz Sekolah), perhotelan (Indibiz Hotel), Food & Beverage (makanan dan minuman) dan pertokoan (Indibiz Ruko), multifinance (Indibiz Multifinance), energi (Indibiz Energi), ekspedisi (Indibiz Ekspedisi), kesehatan (Indibiz Health), manufaktur (Indibiz Manufaktur), media & komunikasi (Indibiz Media dan Komunikasi), properti (Indibiz Properti), dan agrikultur (Indibiz Agrikultur).
Reni mengatakan orkestrasi dari produk digital dan teknologi yang dilakukan Indibiz menargetkan terjadinya peningkatan produktivitas bisnis UKM. โPeningkatan produktivitas tersebut dilakukan melalui pemanfaatan teknologi dan solusi digital dalam memperluas akses pasar dan proses operasional sehingga menjadi lebih efektif, efisien dan mempunyai nilai tambahโ kata Reni.
Indibiz juga berkomitmen untuk mewujudkan pengalaman pelanggan yang memuaskan (CX Journey) dalam ekosistem solusi digital yang dihadirkan. Dengan prinsip mengutamakan kepuasan pelanggan, memberikan nilai tambah yang terbaik bagi mereka, Indibiz optimistis Telkom akan mendominasi market share di sektor B2B di Indonesia.
Semangat Indibiz untuk membantu transformasi digital pelaku usaha di Indonesia sejalan dengan Asta Cita pemerintah. Melalui berbagai inisiatif, Telkom optimis dapat turut berperan dalam mewujudkan pemerataan ekonomi dari daerah.
VP Corporate Communication Telkom, Andri Herawan Sasoko mengatakan melalui Indibiz, Telkom sebagai entitas bisnis milik Negara berkomitmen mendukung penuh program pemerintah yang terangkum dalam Asta Cita. โKhususnya yang berkaitan dengan kewirausahaan, pengembangan industri kreatif, meningkatkan lapangan kerja dan ikut membangun pemerataan ekonomi dari desa,โ kata Andri.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.



