Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Mirrorless Canon EOS M50 Mark II Unggulkan Fitur Live Stream & Fungsi Webcam

0 2.134

Pandemi yang berlangsung sepanjang tahun 2020 ini benar-benar mengubah kebiasaan kita dalam banyak hal, salah satunya adalah cara kita bekerja. Pekerja kantoran lebih banyak melakukan remote working atau sistem work for home, sementara kreator konten harus berusaha lebih keras untuk ciptakan konten menarik meski selalu berada di dalam rumah.

Baik pekerja maupun kreator konten sama-sama membutuhkan kamera berkualitas, untuk keperluan video conference atau kegiatan lainnya seperti live-streaming. Melihat sebuah kesempatan menarik, perusahaan yang dikenal dengan kamera dan lensa terbaiknya, Canon baru saja merilis EOS M50 Mark II. Kamera mirrorless yang dibuat fleksibel dengan dua kebutuhan berbeda.

Sebelumnya, Canon memang telah mencoba untuk manfaatkan situasi dengan rilis perangkat lunak khusus, di mana beberapa penggunanya dapat gunakan seri kamera Canon tertentu untuk dipasangkan ke komputer, diubah menjadi webcam. Namun Canon EOS M50 Mark II didesain dengan dua prinsip utama dari awal; untuk penggemar fotografi serta mereka yang melakukan video live streaming.

Baca juga: Canon EOS 850D, Kamera DSLR Kelas Entry dengan Fitur Semi-Pro

Canon EOS M50 Mark II Unggulkan Kemudahan Penggunaan

Canon EOS M50 Mark II

“User-friendly serta serbaguna baik untuk foto dan video, Canon EOS M50 Mark II memungkinkan pengguna untuk membuat foto dan video 4K berkualitas dengan mudah, dalam berbagai skenario,” kata Udagawa Eiichi, VP of Regional ICP Sales & Marketing, Canon Singapura dalam sebuah rilis.

“Dengan fitur live streaming dan fitur video yang disempurnakan, pengguna dapat dengan cepat mengunggah video mereka di platform media sosial untuk dibagikan saat bepergian,” tambahnya. Sama seperti EOS M50 sebelumnya, Canon EOS M50 Mark II miliki sensor CMOS 24,1 Megapiksel dengan prosesor DIGIC 8 dan Dual Pixel CMOS AF. Canon berikan beberapa fitur baru untuk permudah perekaman video.

Meski teknologi fokusnya masih sama, mirrorless terbaru Canon yang satu ini sudah mendukung face & eye tracking, mampu ikuti subjek secara otomatis supaya tetap fokus meski bergerak. Fitur ini berfungsi baik saat pengambilan foto maupun video. Canon EOS M50 Mark II juga bisa merekam video secara vertikal, cocok untuk konten Instagram saat ini.

Fitur kedua yang dibawa adalah kemampuan kamera ini untuk digunakan sebagai webcam. Ada dua cara yang bisa dimanfaatkan, yaitu dengan menggunakan kabel USB dan disambungkan lewat aplikasi EOS Webcam Utility di PC, atau lewat output HDMI secara langsung. Juga melakukan live-streaming secara langsung, meski terbatas untuk YouTube saja.

Lewat layar vari-angle 3 inci yang fleksibel, kini Canon EOS M50 Mark II miliki kemampuan serupa dengan smartphone, yaitu hadir dengan fitur tap to focus langsung dari layarnya. Fitur timer juga dibawa ke mode video, supaya mereka yang ingin rekam vlog tak perlu memotong bagian awal saat sedang meregangkan tangan menjauh dari kamera.

Selain EOS M50 Mark II, Canon Juga Perkenalkan Aksesori Baru

EOS M50 Mark II

Dijadwalkan mulai tersedia pada akhir November 2020 mendatang, Canon EOS M50 Mark II bakal dijual mulai dari USD600 atau sekitar Rp8,8 jutaan (body only), USD700 atau Rp10 jutaan dengan lensa kit EF-M 15-45MM dan USD930 atau Rp13 jutaan dengan dua lensa (EF-M 15-45mm & EF-M 55-200mm).

Selain mirrorless, Canon juga perkenalkan flash kit baru, Speedlite EL-1 yang cocok digunakan untuk sudut pencahayaan mulai 14mm sampai 200mm. Kekuatannya dapat diatur secara fleksibel lewat 14 tingkatan, serendah-rendahnya sampai 1/8192. Bisa digabungkan 15 unit sekaligus, perangkat ini dijual seharga USD1,100 (Rp16 jutaan).