ColorOS 12 Diresmikan, Versi Beta Sudah Bisa Diunduh

Jakarta, Gizmologi – Semakin hari, semakin banyak vendor smartphone yang mulai ‘tersadarkan’ bila pembaruan perangkat lunak merupakan hal penting yang juga menjadi daya tarik tersendiri. Mencoba mengubah kebiasaan, ColorOS 12 Beta kini sudah bisa mulai dijajal para pengguna smartphone OPPO secara global. Bawa pembaruan cukup menyeluruh.

ColorOS 12 sendiri memang sudah diperkenalkan beberapa pekan lalu, namun saat itu baru eksklusif untuk wilayah China saja. Pada peluncuran global yang diadakan secara daring lewat akun media sosial OPPO Senin (11/10), dijabarkan apa-apa saja yang baru dan perlu diketahui oleh para penggemar maupun pengguna. Mulai dari fitur hingga ketersediaan ColorOS 12 Beta.

Baca juga: Pengguna OPPO Wajib Tahu, Ini yang Baru di ColorOS 12

Nah, bagi Gizmo friends yang memang sudah tidak sabar untuk mencicipi tampilan antarmuka baru sekaligus Android 12, ada kabar baik. Karena kini OPPO sudah tidak lagi memerlukan waktu lama untuk mengembangkan perangkat lunaknya—bisa hadirkan versi beta pada hari yang sama dengan versi untuk Google Pixel.

ColorOS 12 Ditargetkan Hingga 150 Juta Unduhan

ColorOS 12 Beta
Beberapa fitur utama yang hadir di ColorOS 12.

Namun sebelum membahas ketersediaan ColorOS 12 Beta, ada statistik menarik yang disampaikan di awal peluncurannya. Ketika ColorOS 7 dirilis, OPPO berhasil perbarui lebih dari 100 juta perangkat. Sementara ColorOS 11 kemarin hadir sebagai pembaruan untuk 115 juta pengguna.

Lalu untuk jumlah pengguna aktif bulanan smartphone dengan ColorOS, jumlahnya sudah mencapai 440 juta per Juli 2021 kemarin. OPPO sendiri memiliki target untuk menghadirkan ColorOS 12 agar diunduh oleh 150 juta pengguna—cukup ambisius, namun juga masih realistis, mengingat seri yang dirilis sepanjang tahun 2021 juga cukup banyak.

Mengusung slogan “Just Fun”, peningkatan tampilan antarmuka pada ColorOS 12 sendiri terbagi pada dua bagian utama; Inclusive Design Language serta Quantum Animation Engine 3.0. Bagian pertama fokus untuk berikan tampilan konsisten baik untuk pengguna biasa, maupun mereka yang berkebutuhan khusus dan butuh aksesibilitas tambahan.

Sementara pada bagian kedua, OPPO tingkatkan pergerakan visual setiap elemen di dalam OS hingga detail terkecil. Seperti bagaimana kecepatan konten bergerak sesuai gerakan jari, widget yang memantul ketika digeser ke ujung layar, atau slider zoom yang berikan efek penanda kalau sudah mencapai batas minimum.

OPPO juga kenalkan Omoji, cara baru untuk mengekspresikan diri bahkan gunakan tampilan animasi tersebut ke dalam always-on display. Fitur menarik baru lainnya seperti PC Connect yang bisa sambungkan smartphone ke komputer Windows, serta keamanan lebih dalam seperti kendali mikrofon dan kamera juga ditampilkan sebagai unggulan.

Jadwal Pembaruan ColorOS 12 Beta Versi Global

ColorOS 12 Beta

Setelah memperkenalkan berbagai fitur baru, OPPO berikan informasi terkait kehadiran ColorOS 12 Beta secara lengkap. Setidaknya, bakal ada total 52 seri smartphone OPPO yang bisa mencoba Android 12 versi terbaru ini. Tidak hanya seri flagship maupun kelas menengah saja, bahkan OPPO A series juga termasuk.

OPPO menargetkan seluruhnya akan sudah bisa merasakan versi final dari ColosOS terbaru setidaknya di akhir 2022. Seperti pada gambar di atas, yang kebagian ColorOS 12 Beta pertama adalah pengguna OPPO Find X3 Pro 5G terlebih dahulu. Baru kemudian menyusul seri Find lainnya, serta OPPO Reno6 versi 5G di bulan November.

Baik OPPO Reno6 & Reno5 4G bakal bisa menjajal ColorOS 12 Beta sebelum tahun 2021 berakhir. Sementara seri lain yang lebih lawas, termasuk OPPO A series bakal mendapatkannya di tahun 2022. Perangkat yang tergolong lawas seperti OPPO Reno 10x Zoom pun juga ikut kebagian di semester pertama tahun depan, meski rilis Juni 2019 lalu.

Ingat, jadwal yang tertera di atas adalah untuk ColorOS 12 Beta, alias bukan untuk versi finalnya. Masing-masing juga gunakan estimasi dengan kata “from”, sehingga butuh proses untuk OPPO berikan opsi ini ke seluruh pengguna di seluruh dunia. Apakah smartphone OPPO kamu termasuk dalam daftar di atas? Bila tidak, mungkin sudah saatnya untuk lakukan upgrade.

Tinggalkan komen