Jangkau Lebih dari 1,000 Desa, Mitra DANA Bisnis Bisa Manfaatkan Fitur Katalog Produk

Jakarta, Gizmologi – Perkembangan tingkat perekonomian di Indonesia sangat bergantung pada bagaimana kesuksesan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Banyak sekali jenis UMKM baru yang bermunculan, salah satunya saat pandemi COVID-19 melanda. Keadaan bisnis UMKM juga menjadi salah satu penyebab perekonomian melambat selama satu tahun terakhir.

Salah satu cara bagi para UMKM untuk tingkatkan kapasitas dan daya saing di tengah dinamika pesat adalah dengan mengintegrasikan bisnis mereka dengan ekosistem ekonomi digital. Dengan begitu, kesempatan terhadap akses pembiayaan serta pasar bakal lebih besar. Termasuk tingkatkan kemampuan para SDM-nya lewat pemanfaatan teknologi.

Sehingga disebutkan bila transformasi digital jadi keniscayaan bagi UMKM, agar mampu tumbuh dan memiliki daya saing di era teknologi saat ini. Sebagai dompet digital Indonesia yang punya misi jadikan teknologi finansial semakin inklusif, dukungannya terhadap UMKM terus ditingkatkan. Salah satunya termasuk dengan menghadirkan fitur DANA Bisnis, juga terus diperbarui untuk bantu kembangkan usaha mereka.

Baca juga: Bayar Pajak Lebih Mudah via DANA, Begini Caranya

DANA menyadari betapa pentingnya bagi UMKM untuk dapat go digital. “Melalui DANA Bisnis, kami berkomitmen dan terus mendorong UMKM untuk mengadopsi teknologi digital bukan hanya dalam hal proses digital onboarding yang mudah, aman dan nyaman, tetapi juga dengan mendampingi lewat edukasi dan pelatihan serta mempromosikan mereka,” jelas Vince Iswara, CEO & co-founder DANA.

Mitra DANA Bisnis Semakin Banyak di Luar Pulau Jawa

Fitur DANA Bisnis

Dalam sebuah sesi virtual yang diadakan Jumat lalu (17/9), Vince menambahkan bila pihaknya telah mendampingi para UMKM lewat pelatihan secara virtual, agar penyerapan literasi keuangan digital berjalan optimal. Sejak diluncurkan, jumlah pengguna DANA Bisnis sendiri terus bertumbuh. Di mana kini sudah melewati 300 ribu mitra, meningkat sekitar 100 ribu di 2020.

Pemanfaatan fitur pada platform DANA tersebut berikan peningkatan transaksi signifikan, bahkan termasuk saat masa PPKM. Tercatat bila transaksi lewat DANA Bisnis selama Januari – Juni 2021 naik lebih dari 35% dibandingkan periode Juli – Desember 2020. Sementara jumlah mitra aktif naik 133% YoY (year-on-year) pada Agustus 2021.

Selain nilai transaksi, peta penyebaran mitra DANA Bisnis juga ikut meluas, alias tak hanya terpusat di Pulau Jawa saja. Berdasarkan catatan DANA, kini sudah mencapai area baru seperti Kalimantan dan Sulawesi. Hingga September 2021, jumlahnya bertambah lebih dari 1,100 desa baru yang telah didigitalisasi melalui fitur DANA Bisnis.

Hadirkan Fitur Baru, Katalog Produk

DANA Bisnis

Pertumbuhan tersebut tak lepas dari besarnya komitmen DANA untuk hadirkan proses merchant onboarding mudah dan nyaman, serta penggunaan teknologi dalam sistem mitigasi risikonya. DANA Bisnis sendiri telah diluncurkan sejak 2019, ditujukan bagi pemilik usaha baik mereka yang memiliki bisnis daring maupun luring.

Lewat DANA Bisnis, merchant atau mitra bisa menerima pembayaran lewat beragam jenis dompet digital lewat standar QRIS tanpa biaya transaksi. Integrasi tersebut juga hadir untuk menandai terhubungnya DANA dengan lebih dari 8 juta merchant QRIS yang tersebar di seluruh Indonesia.

Bagi mitra, benefit lainnya yang bisa didapat selain pembayaran adalah penarikan dana secara real-time, serta memperoleh laporan transaksi terkini. Sementara fitur terbaru yang diluncurkan adalah ‘Katalog Produk’ selayaknya marketplace. Mitra bisnis bisa tampilkan sampai 15 produk dalam tiap katalognya dan mengirimkannya dalam bentuk tautan kepada calon pembeli, permudah proses pembelian.

Tinggalkan komen