Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Gandeng Parkee, DANA Hadirkan Metode Pembayaran Parkir Contactless

1 382

Untuk menjaga kesehatan dan mencegah persebaran virus selama pandemi Covid-19 berlangsung, serangkaian teknologi telah diaplikasikan ke hampir seluruh aspek kehidupan sehari-hari. Masyarakat pun harus beradaptasi dengan kebiasaan baru, yang tak sedikit semakin memudahkan keseharian. Mulai dari berbelanja kebutuhan harian, hingga hal seperti membayar parkir dengan aman.

Metode cashless dan contactless kini kian diminati, karena tidak mengharuskan kita untuk berinteraksi langsung dengan orang lain secara fisik. Mencoba untuk terapkan hal tersebut di aspek yang lebih luas, dompet digital DANA telah bekerja sama dengan aplikasi penyedia layanan parkir, Parkee. Menghadirkan metode pembayaran yang lebih simpel, lewat aplikasi DANA langsung dari smartphone.

Terus hadirkan inovasi maupun inisiatif-inisiatif mandiri, DANA terus bersinergi dengan industri digital untuk hadirkan solusi yang efektif mudahkan masyarakat dalam beraktivitas di berbagai kondisi. Sinergi antar platform dirasa menjadi solusi untuk menjawab tantangan di era disrupsi, yang menuntut adanya ekosistem digital terintegrasi.

Baca juga: DANA Perkuat Keamanan dengan Fitur Face Login untuk Semua Pengguna

DANA Terus Dorong Budaya Cashless & Contactless

Adanya fitur pembayaran parkir di aplikasi DANA tidak hanya berikan pengalaman pembayaran parkir yang simpel, mudah dan aman, namun juga bantu masyarakat beradaptasi. Tentunya termasuk di saat kondisi pandemi Covid-19, yang menuntut ketiadaan kontak fisik. Teknologi DANA yang bersifat open platform memungkinkan mereka untuk bekerja sama dengan beragam platform, beri manfaat lebih besar bagi masyarakat.

Dalam sebuah sesi konferensi pers virtual yang diadakan Kamis (22/10), Vince Iswara, CEO & co-founder DANA menyebutkan bila masyarakat tetap menjalankan aktivitasnya meski dengan batasan yang sudah ditetapkan pemerintah, selama pandemi belum berakhir di Indonesia. Sebagian dari mereka masih tetap harus ke kantor untuk bekerja.

“Masyarakat juga tetap pergi ke mal atau supermarket untuk berbelanja kebutuhan hidup. Adanya fitur pembayaran parkir di aplikasi DANA yang terwujud berkat sinergi dengan Parkee akan memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayara parkir di gedung-gedung perkantoran, rumah sakit, mal maupun hotel,” jelas Vince. Fitur ini menjadi komitmen DANA untuk hadirkan solusi adaptif di berbagai situasi.

Kolaborasi Bersama Tingkatkan Transformasi Digital

Tampilan aplikasi DANA

Sementara itu, Wilson Sumanang, CEO & Founder Parkee mengatakan, “PT Inovasi Anak Indonesia merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada pengelolaan perparkiran, dan Parkee adalah salah satu aplikasi yang menjadi penghubung DANA dengan pihak pengelola, pengguna dan pemilik lahan.” Kerja sama dengan DANA dirasa penting bagi pihak Parkee, mengajak masyarakat untuk menyukseskan Indonesia Cashless Society.

“Terlebih lagi di masa pandemi di mana kontak fisik makin diminimalisir. Semua kemudahan dan kenyamanan terkait transaksi pada area parkir akan terus Parkee dan DANA kembangkan bersama, dengan berbagai pengelola parkir untuk meningkatkan transformasi digital,” tambah Wilson. Cara memanfaatkan fitur dari sinergi kedua pihak ini pun cukup mudah.

Pengguna DANA hanya perlu memindai tiket parkir menggunakan aplikasi DANA. Setelah itu, tinggal lakukan konfirmasi dan jalankan proses bayar. Setelah transaksi berhasil, pengguna bakal mendapatkan notifikasi yang akan mengingatkan mereka untuk meninggalkan gedung atau area parkir, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Juga akan dikirimkan sebuah notifikasi serupa 15 menit sebelum berakhirnya waktu parkir. Detil transaksi juga akan diinformasikan ketika pengguna sudah meninggalkan gedung atau area parkir. Untuk saat ini, pengguna DANA baru bisa menikmati fitur pembayaran parkir secara cashless dan contactless di 200 lokasi, tersebar di seluruh Indonesia.