Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

digibank by DBS: Membuka Rekening Tabungan di Kedai Kopi? Kenapa Tidak!

Dengan teknologi biometrik, proses membuka rekening semudah memesan kopi.

0 1.542

Seperti halnya saya, ngopi di kedai kopi saat ini tampaknya sudah menjadi ritual wajib kekinian, mulai dari sekedar ngobrol bareng teman atau bekerja di pojokan meja. Dengan inovasinya yang juga kekinian, DBS Indonesia menghadirkan pengembangan dari layanan digibank by DBS membuat nongkrong di kedai kopi bukan lagi sekedar ngopi.

Cara yang ditempuh DBS Indonesia memang terbilang mutakhir, mengingat saat ini kita bisa dengan mudah menemukan orang yang produktif di kedai kopi. Yang pasti kalangan yang suka menghabiskan waktunya di tempat ini sudah dipastikan berasal dari millenial yang lagi giat-giatnya bekerja.

Nah, mereka-mereka ini juga termasuk orang yang mungkin malas datang ke bank hanya untuk sekedar membuka rekening. Saya sendiri mungkin termasuk di dalamnya, di mana belum tentu dalam waktu sebulan sekali bahkan setahun sekali datang ke bank.

Lalu apakah dengan begitu DBS Indonesia membuka cabang di kedai kopi? Secara teknis mungkin iya, namun ini lebih kepada penyediaan sistem berupa alat verifikasi biometrik untuk membantu proses verifikasi identitas calon nasabah. Sistem ini merupakan salah satu bagian dari prosedur membuka rekening dengan platform digibank by DBS yang memungkinkan pengguna tidak perlu datang ke bank untuk memiliki rekening tabungan.

Setidaknya untuk saat ini sudah ada 21 kedai kopi di Jabodetabek yang bekerja sama dengan Bank DBS Indonesia dalam program bernama e-KYC store (diambil dari singkatan Know Your Customer). Salah satu kedai kopi yang bekerja sama adalah St. Ali di Setiabudi Building One, Jakarta Selatan yang menjadi lokasi diperkenalkannya layanan ini, Kamis (25/1/2018) lalu.

Menurut Leo Koesmanto, Head of Digital Banking PT Bank DBS Indonesia, dengan inovasi e-KYC store membuat pihaknya semakin dekat dengan calon nasabah. Sebelumnya, sudah ada metode lain yang dijalankan, seperti menghadirkan agen digibank yang akan mendatangi calon nasabah di mana pun berada dengan membuat perjanjian terlebih dulu.

digibank by DBS
Leonardo Koesmanto – Head of Digital Banking PT Bank DBS Indonesia, menunjukkan proses pembukaan rekening digibank by DBS dengan layanan e-KYC melalui verifikasi biometrik.

“Kami ingin masyarakat tetap melakukan kegiatannya dengan nyaman tanpa harus terganggu atau membuang waktu untuk membuka rekening. Sekarang membuka rekening bisa semudah memesan kopi. Yang penting mereka sudah memiliki e-KTP atas nama sendiri,” tandasnya.

Dalam mewujudkan slogan “Live More, Bank Less”, Bank DBS Indonesia memang sudah melakukan berbagai inovasi yang membuat nasabahnya dimanjakan dengan pelayanan berbasis teknologi. Selain mengusung teknologi biometrik untuk e-KYC Store dan agen digibank, teknologi artificial intelligence juga dilibatkan dalam fitur Chat Transfer yang memungkinkan nasabah melakukan transfer dana dengan virtual assistant.

Nah, buat kamu yang suka ngopi di kedai kopi, siap-siapa aja nanti bakal ketemu dengan e-KYC Store. Siapa tahu kamu memang perlu nabung, jadi tinggal gampang punya rekening tabungannya, Gizmolovers!