Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Dimension Data Membuat Nonton Balap Sepeda Tour de France Makin Seru dan Nyata

Penonton seolah berada langsung pada arena balap dan mampu menganalisa mengenai prediksi kemenangan tim jagoannya.

0 1.563

Balap sepeda Tour de France merupakan ajang kompetisi olahraga bergengsi di dunia. Tak heran ajang ini dihadirkan dengan persiapan dan fasilitas yang luar biasa bagi penontonnya, termasuk urusan teknologi yang digawangi Dimension Data.

Dalam ajang Tour de France tahun ini, Dimension Data menjanjikan pengalaman menonton dan menganalisa pertandingan tersebut yang belum pernah ada pada tahun sebelumnya. Ini adalah ketiga kalinya sejak tahun 2015, perusahaan teknologi ini ditunjuk Amaury Sport Organisasion (ASO), pihak penyelenggara Tour de France, untuk berkontribusi dalam penyediaan infrastuktur solusi data yang meliputi jalannya pertandingan.

Dengan adanya teknologi Dimension Data, mulai dari penyelenggara, media, penonton, hingga tim dari pembalap itu sendiri bisa mendapatkan live tracking dan data analytic berbasis GPS yang akurat. Terinstal di bawah setiap tempat duduk sepeda, GPS transponders akan mengirimkan data-data tersebut sehingga bisa didapatkan informasi mengenai kecepatan, lokasi, jarak antar pembalap, dan komposisi grup selama balapan berlangsung secara real-time.

Ketika menggelar acara jumpa pers di Jakarta, Kamis (29/7/2017), Hendra Lesmana, Country Head Dimension Data Indonesia mengungkapkan pihaknya untuk tahun ini melibatkan teknologi berbasis cloud secara penuh yang memungkinkan solusi yang disediakan bisa lebih fleksibel dan dapat dikelola di mana pun. Dia juga mengklaim akan memberikan Service Level Agreement (SLA) 100% selama pertandingan berlangsung dengan adanya solusi cloud mirroring di 19 lokasi untuk mencegah downtime yang tidak diinginkan.

Selain itu, dari sisi security pihaknya juga melakukan antisipasi-antisipasi secara berganda, mengingat pada tahun 2016 telah berhasil melakukan pemblokiran terhadap sebanyak lebih dari 1,4 juta akses yang mencurigakan. Dalam hal ini, menurutnya kejahatan siber adalah prioritas utama yang hasil dihalau.

“Semakin banyak data yang diolah, maka ancaman semakin meningkat. Tahun ini, korporasi-korporasi harus melakukan pencegahan berganda, semakin berlapis. Arsitektur harus kuat, selain tahu apa yang harus dilakukan ketika insiden terjadi,” ujarnya.

Sekedar informasi, Tour de France berlangsung mulai Sabtu (8/7/2017) dari Dusseldorf hingga selesai di Champs-Elsees, Paris, pada 23 Juli mendatang. Selama pertandingan berlangsung akan ada aktivitas digital yang meliputi 150 juta geospasial dari 198 pembalap dengan rute sepanjang 3.540 km, peningkatan bandwidth untuk mendukung lebih dari 25.000 halaman per permintaan per detik dari situs racecenter.letour.fr, hingga 105 jam penayangan di TV dari 190 negara di 100 saluran secara global.

Dimension Data
Herman Lesmana, Country Head Dimension Data Indonesia dalam acara jumpa pers yang digelar Kamis (29/7/2017) kemarin.

 

Tidak cuma itu saja, teknologi Dimension Data diklaim akan membuat dan menganalisis lebih dari 3 miliar titik data selama 21 tahapan tour, dibandingkan tahun lalu yang hanya sebanyak 128 titik data. Dengan teknologi tersebut tentunya akan membuat penonton seolah berada langsung pada arena balap dan mampu menganalisa mengenai prediksi kemenangan tim jagoannya.

Tahun ini, siapa jagoanmu di ajang Tour de France, Gizmolovers?