Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Diorama, Cara DOKU Tingkatkan Aktivitas Belanja Online di Bulan Ramadhan

0 1.452

Platform fintech DOKU terus berupaya berperan aktif dalam tumbuh kembangnya eCommerce melalui penciptaan pasar dan perluasan ekosistem cashless. Tidak hanya dengan memberikan kemudahan bagi para konsumen, tapi juga membantu merchant dalam mengembangkan bisnisnya. Di bulan suci Ramadhan ini, perusahaan yang berdiri sejak 2007 tersebut menggelar program bertajuk Diorama.

Program Diorama sebenarnya adalah singkatan dari Diskon Online Ramadhan. Program ini dirancang untuk konsumen yang terbiasa berbelanja online dengan diskon menarik, berlangsung dari 7 Juni sampai 21 Juni.

Promo Diorama hanya berlaku untuk transaksi menggunakan DOKU e-Wallet di merchant yang terkait dengan program DIORAMA. Potongan kode promo akan diberikan secara langsung, misalnya pada pilihan DIORAMA25 untuk  potongan harga Rp25,000 dengan minimum pembelian Rp150,000, DIORAMA50 untuk potongan harga Rp50,000 dengan minimum pembelian Rp300,000 serta DIORAMA100 untuk potongan harga Rp100,000 dengan minimum pembelian Rp500,000.

Ada beberapa merchant yang bekerjasama pada program Diorama ini antara lain KFC,Jatim Park, Lazada, Kereta Api, Arena Tiket, Match Watch, Joox, Spotify, K24 Klik, Apotek Century, Pizza Hut Delivery (PHD), dan sebagainya. Untuk mengikuti program ini, setiap kode promo hanya berlaku 1 kali untuk 1 user id.

doku diorama
Himelda Renuat selaku CMO DOKU – Nabilah Alsagoff selaku COO DOKU

Selain Diorama, DOKU juga menghadirkan program KETUPAT DOKU (Kejutan Top Up dan Transaksi DOKU) yang di dalamnya terdapat promo khusus buat mereka yang gemar berbelanja online dan bersosial media. Juga kegiatan kuis dan kompetisi sosial media diberi nama THR DOKU (Tiap Hari Rejeki) DOKU.

Menurut Himelda  Renuat, selaku Chief Marketing Officer DOKU, berbagai aktivitas Ramadhan tersebut dilakukan sebagai bentuk edukasi kepada konsumen untuk memberikan pengalaman bertransaksi online yang mudah dan aman melalui platform e-wallet DOKU.

Dengan menggunakan DOKU, pengguna tidak hanya dapat berbelanja secara online, tetapi juga offline. Mulai dari sekadar beli jajanan, beli pulsa, bayar tagihan, investasi, transfer uang dan transaksi finansial lainnya. Pengguna pun tidak perlu lagi dibuat repot oleh pembukaan rekening bank yang memakan waktu dan biaya karena transaksi cukup dilakukan dengan menggunakan smartphone dan akun DOKU.

Sementara itu dari sisi merchant, perusahaan ini berupaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penjualan melalui teknologi dan menjangkau konsumen baru yang selama ini tak terjangkau karena tidak mempunyai akses bank. Disamping itu, juga terus melakukan penciptaan pasar dengan menghadirkan terobosan-terobosan baru sebagai upaya untuk terus memperluas ekosistem “cashless society”. Mulai dari merangkul komunitas Al-Azhar, MPM Honda, Majelis Rasulullah, komunitas developer, hingga mulai secara rutin menggelar KOPDAR untuk komunitas pengguna setia DOKU.

Sebagai informasi, saat ini DOKU telah dipakai oleh lebih dari 25,000+ merchant mulai dari segmen korporat, UKM, start-up, sampai dengan online seller perorangan. Pengguna DOKU sendiri telah mencapai 1.6 juta pengguna. DOKU menargetkan pertumbuhan sebesar 30-40 persen tiap tahunnya. Dari sisi pertumbuhan jumlah transaksi, DOKU mencatat pertumbuhan sebesar 68% selama Januari sampai dengan akhir Mei 2017.