Duh! Akun Instagram KBRI Beijing Dibajak

Jakarta, Gizmologi – Akun Instagram resmi milik Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk China di Beijing dilaporkan telah dibajak oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Konfirmasi itu tertera dalam keterangan resmi Kementerian Luar Negeri, pada Selasa (26/10).

“Per 26 Oktober 2021 KBRI Beijing telah memahami bahwa akun Instagram KBRI Beijing telah diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab,” tulis pernyataan resmi Kemlu.

Melalui pernyataan resmi, KBRI Beijing mengatakan telah berkomunikasi dengan Kementerian Luar Negeri dan berkoordinasi dengan pihak Facebook Indonesia guna menangani peretasan yang dilakukan oleh pihak yang tak bertanggung jawab ini.

Sesuai amanat Permenlu Nomor 10 tahun 2018 mengenai Pengelolaan Media Digital Kementerian Luar Negeri dan Perwakilan Republik Indonesia, hingga operasional akun Instagram kembali pulih. KBRI Beijing akan memaksimalkan 6 akun media digital lainnya yang dapat secara aman diakses pengguna.

Keenam akun media digital itu adalah yaitu Portal Kemlu, Weibo, Wechat, Twitter, Youtube dan Facebook Page sebagai corong komunikasi dengan WNI atau pihak berkepentingan lainnya. “Hotline KBRI Beijing juga masih dapat diakses di nomor +8618610455488 sekiranya terdapat pelayanan yang sifatnya mendesak,” tulis Kemlu.

KBRI Beijing sedang menelusuri insiden ini mengingat motif pelaku belum secara pasti diketahui. “Kami berharap akses akun tersebut dapat kembali normal seperti sedia kala agar kami bisa melayani kembali seluruh pengguna setia Instagram KBRI Beijing.”

Adapun akun Instagram KBRI Beijing yang kini telah diretas mengganti foto profil tersebut menjadi salah satu karakter dalam komik ‘Naruto’. Kini akun Instagram yang sudah mendapat centang biru tanda akun terverifikasi tak bisa lagi diakses, bahkan tak ada unggahan apapun dengan 0 pos, dan 11,3 ribu pengikut dan mengikuti 322 akun lain.

Tinggalkan komen


Bagi 10 responden terpilih, berhak mendapatkan
saldo e-wallet masing-masing senilai Rp100 ribu.