Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Kantongi Hibah dari Dubai, Startup Indonesia “Ethis Crowd” Perkuat Fintech Properti Syariah

0 184

Masih menjadi stigma bagi masyarakat dibutuhkan dana yang luar biasa besar agar bisa berinvestasi di sektor properti. Belum lagi jika ada embel-embel bunga dalam investasi properti yang ingin dihindari kaum muslim. Sudah lima tahun platform fintech (financial technology) Ethis Crowd menjembatani publik yang ingin menaruh uang di sektor investasi properti syariah.

Dengan menggunakan Ethis Crowd, masyarakat bisa melakukan investasi properti syariah yang berdampak sosial. Lebih dari itu, semua pembiayaan dan pengembalian menggunakan prinsip syariah dimana tidak menggunakan riba atau mendapatkan keuntungan dari pembayaran bunga.

Baru-baru ini, Ethis Crowd menerima dana hibah dari Explo Live, sebuah program inovasi dan kemitraan Expo 2020 Dubai dengan alokasi USD$100 juta untuk mendukung proyek yang menawarkan solusi kreatif terhadap tantangan mendesak yang memengaruhi kehidupan orang serta membantu melestarikan bumi- atau keduanya.

Diluncurkan pada Januari 2017, Expo Live memiliki beberapa program. Program global unggulannya, Innovation Impact Grant ,menyediakan hingga US$500 ribu per inisiatif yang sukses. Program ini secara bertahap akan terus meningkat seiring dengan kondisi proyek yang sedang berlangsung. Proyek ini juga memberikan bimbingan bisnis dan promosi. Pemenangnya berkesempatan untuk dipamerkan karyanya kepada jutaan pengunjung di Expo Dubai pada 2020 nanti.

Ronald Wijaya, Co-founder Ethis Crowd dan CEO Ethis Indonesia
Ronald Wijaya, Co-founder Ethis Crowd dan CEO Ethis Indonesia

“Hibah dari Expo Live akan memungkinkan kami memperluas anggaran pemasaran sehingga menarik lebih banyak investor,” kata Ronald Wijaya, Co-founder Ethis Crowd dan CEO Ethis Indonesia.

Yousuf Caires, Wakil Presiden – Expo Live di Expo 2020 Dubai, mengatakan: “Ethis Crowd menunjukkan bahwa siapa pun dapat menciptakan dampak yang signifikan, bahkan dengan kontribusi yang kecil. Platform ini menunjukkan kekuatan kolaborasi, menghidupkan tema Expo 2020 tentang ‘Connecting Minds, Creating the Future’.”

Expo 2020 Dubai akan berlangsung mulai 20 Oktober 2020 hingga 10 April 2021 dan akan menjadi World Expo pertama yang diadakan di kawasan Timur Tengah, Afrika, dan Asia Selatan (MEASA). Ini akan menjadi festival kecerdasan manusia yang memberikan pandangan sekilas ke masa depan, dipandu oleh tiga pilar: Peluang, Mobilitas, dan Keberlanjutan. Hingga saat ini, Program Hibah Inovasi Dampak Expo Live telah mengevaluasi lebih dari 2.300 peserta dari 136 negara.

Mulai beroperasi sejak 2013, platform fintek ini menuai banyak investor baru dalam bidang investasi properti syariah dari media sosial, seperti Facebook dan Instagram. Hingga hari ini lebih dari 20 ribu investor dan donatur dari 65 negara telah tergabung di platform tersebut. Sekitar 60% investasi properti syariah berasal dari Singapura, serta terjadi peningkatan jumlah investor yang berasal dari Timur Tengah.

Bagi yang tertarik melakukan investasi properti syariah bisa bisa mengakses www.ethis.co.id dan memilih sendiri proyek yang ingin didanai, selain itu para pengembang yang ingin mendapatkan pendanaan proyeknya juga bisa mengajukan melalui platform tersebut.

Baca juga: Batam Buka Diri bagi Investasi Manufaktur Komponen Smartphone

Sampai dengan hari ini Ethiscrowd telah berhasil menyalurkan pendanaannya ke proyek yang memiliki dampak sosial di Indonesia. Perusahaan ini juga sudah mendanai lebih dari 20 proyek perumahan & infrastruktur dengan penggalangan dana lebih dari 700 investor retil dari 65 negara.