Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Review EZVIZ C2C: Kamera Pengaman Rumah yang Kecil dan Pintar

Selain kecil, perangkat ini juga memiliki desain yang minimalis sekaligus futuristik sehingga bisa membuat ruangan bertambah keren.

Pernahkah terpikirkan oleh kamu jika mengamankan rumah bisa dimulai dari hal-hal kecil? Nah, hal kecil ini salah satunya EZVIZ C2C, kamera pengaman berbasis internet (IP Camera) yang bentuknya kecil tapi membawa dampak besar di dalam rumah.

Desain Kecil, Fleksibel, dan Keren

EZVIZ C2C

Dengan dimensi 128 x 58 x 38 mm tidak ada alasan untuk menempatkan EZVIZ C2C di mana pun, seperti di meja belajar, ruang TV, bahkan celah-celah sempit lemari. Selain kecil, perangkat ini juga memiliki desain yang minimalis sekaligus futuristik sehingga bisa membuat ruangan bertambah keren.

Dalam paket pembelian kamu akan mendapatkan satu unit kamera pengaman EZVIZ C2C, kabel mini USB, adaptor, buku garansi, buku panduan, dan dua buah stiker untuk menjaga perangkat kamera bisa melekat di permukaan meja dan sebagainya.

EZVIZ C2C memiliki kaki yang berbasis magnet, sehingga bisa menempel pada permukaan besi sehingga kamu tidak perlu membutuhkan stiker yang tersedia untuk membuatnya tetap berdiri tegak. Selain itu, pada bagian leher perangkat ini juga sangat fleksibel di mana kamu bisa memutarnya hingga 360 derajat dan memajukan atau memundurkan posisi kamera hingga 135 derajat untuk ke depan dan ke belakang.

EZVIC C2C

Pada bagian depan kamera terlihat jelas lensa untuk menangkap gambar dan IR-lens untuk menangkap gambar dalam kondisi kurang cahaya atau gelap. Di bagian bawah lensa terdapat lampu indikator sebagai indikasi perangkat sudah aktif atau mati, di mana pada bagian bawahnya terdapat lobang mikropon.

Beralih ke bagian belakang, terdapat speaker yang keluaran suarannya melalui grill berlubang yang berpola seperti bunga. Di bagian ini juga terdapat slot microSD, tombol reset, dan slot untuk power.

Pemasangan Sangat Mudah

Meskipun terkesan canggih, untuk pemasangan EZVIZ C2C ternyata sangat mudah, bahkan bagi siapa saja yang belum pernah menggunakan produk sejenis. Hal yang pertama kali perlu dilakukan tentunya memastikan perangkat sudah terhubung dengan kabel power. Lampu indikator yang sebelumnya berwarna merah akan berubah menjadi warna biru ketika siap digunakan.

EZVIZ C2C membutuhkan integrasi dari aplikasi agar bisa digunakan. Untuk itu pengguna harus terlebih dulu menginstal aplikasi EZVIZ dari Google Play dan App Store. Setelah aplikasi terinstal dan membuat akun (bisa juga langsung terhubung dengan akun Facebook), tinggal pilih menu “+” dan scan QR code yang ada pada bagian bawah kaki perangkat. Selanjutnya secara otomatis aplikasi akan memverifikasi lokasi dan pengguna bisa langsung mengganti kode akses yang ada serta ikuti petunjuk yang tersaji pada aplikasi.

Related Posts
1 daripada 323

Sebagai catatan, karena perangkat ini berbasis internet tentunya dibutuhkan jaringan Wi-Fi yang memadai agar bisa digunakan dengan semestinya. Untuk menghubungkannya dengan perangkat smartphone/tablet juga sangat mudah, di mana pengguna cukup mendekatkannya dengan posisi lensa pada kamera sekitar beberapa menit dan kemudian kamera sudah bisa terhubung.

Tangkapan Gambar Cukup Tajam

EZVIZ C2C memiliki kamera dengan resolusi 1280 x 720 uang mampu memberikan gambar yang cukup tajam untuk disajikan pada smartphone/tablet yang sudah terinstal aplikasi EZVIZ. Ketika digunakan, hampir tidak ada delay berarti antara kondisi aktual dengan apa yang tertangkap pada kamera. Dengan lebar sudut lensa 111 derajat, tentunya akan banyak detil yang diambil dalam satu ruangan.

Selain itu, dengan adanya IR-lens, EZVIZ C2C juga tetap mampu menangkap gambar sekalipun dalam kondisi yang gelap. Hanya saja ketika dalam kondisi ini gambar yang disajikan sedikit delay meski tidak mengurangi ketajamannya.

Kesimpulan

EZVIZ c2c

Dengan bentuknya yang kecil, EZVIZ C2C tidak disangka-sangka memiliki performa yang cukup baik sebagai kamera pengaman standar rumahan. Perangkat ini memungkinkan pengguna untuk memantau kondisi kamar, bayi, anak, hingga hewan peliharaan ke dalam smartphone/tablet secara aktual.

Di balik kecanggihannya, ternyata perangkat ini dibanderol dengan harga yang terbilang terjangkau yakni Rp 499 ribu dengan garansi 12 bulan dari distributor resmi di Indonesia.

Kelebihan
  • Desain kecil dan keren
  • Pemasangan Mudah
  • Suara yang tertangkap di mikropon cukup akurat
  • Harga terjangkau
Kekurangan
  • Material terlalu plastik
  • Pada kondisi gelap gambar sedikit delay

This post is also available in: enEnglish (English)

80%
Awesome
  • Desain
  • Kamera
  • Pemasangan
  • Harga