Facebook Buka 10.000 Lowongan Pekerjaan Buat Dunia Virtual

Jakarta, Gizmologi – Facebook berencana menjadikan perusahaannya untuk bisa beraktivitas di dunia virtual atau Metavers dalam lima tahun mendatang. Untuk itu, Facebook .inc membuka 10.000 lowongan baru untuk merekrut pegawai dan ahli IT menjadi penduduk angkatan pertama di dunia 3D ciptaan Facebook itu.

Metaverse merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan ruang virtual di mana banyak orang bisa eksis dan berkomunikasi satu sama lain, berada di dalam lingkungan tiga dimensi. Komunikasi dan eksistensi mereka akan dibantu oleh teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR).

Dilansir Engadget, Metavers ala Facebook ini akan menjadi langkah signifikan yang diambil perusahaan terhadap konsep bekerja secara virtual yang telah digembar-gemborkan oleh bos mereka Mark Zuckerberg dalam beberapa bulan terakhir. Perekrutan ini akan dilakukan di sejumlah negara dari kawasan Eropa, seperti Prancis, Jerman, Irlandia, Italia, Belanda, Polandia, dan Spanyol.

Sejatinya, raksasa media sosial ini telah memiliki kantor Reality Labs di Cork, Irlandia, dan telah membuka laboratorium penelitian AI di Prancis. Pada 2019, Facebook bermitra dengan Technical University of Munich untuk membuat pusat penelitian etika AI.

“Investasi ini (dalam pekerjaan baru) adalah mosi percaya pada kekuatan industri teknologi Eropa dan potensi bakat teknologi Eropa. Eropa sangat penting bagi Facebook,” ungkap Facebook seperti dikutip dari Reuters, Senin (18/10/2021).

Proyek Dunia Virtual

Facebook

Pada bulan September, Facebook berniat menggelontorkan 50 juta dolar AS untuk membangun metaverse. Di mana konsep perusahaan tersebut lebih dulu dibesut Roblox Corp dan pembuat Fortnite, Epic Games.

Bahkan, Facebook juga memamerkan akan memiliki tim-tim terdepan di berbagai bidang serta pendidikan dari universitas kelas satu untuk mengerjakan metaverse yang akan menjadi bagian dari Facebook Reality Labs, grup augmented reality dan virtual reality.

Adapun alasan Facebook menjadikan Eropa sebagai lokasi pembangunan tahap awal Metaverse. Dengan harapan bisa menciptakan kesempatan baru, baik dari segi kreativitas, sosial, maupun ekonomi di antara negara persatuan Eropa.

“Eropa sangat penting bagi Facebook. Ada ribuan karyawan Facebook, termasuk jutaan bisnis yang menggunakan aplikasi kami setiap harinya. Eropa merupakan bagian dari sukses kami, sekaligus memicu ekonomi yang lebih luas lagi,” tulis pihak Facebook dalam postingan resminya.

Tinggalkan komen


Bagi 10 responden terpilih, berhak mendapatkan
saldo e-wallet masing-masing senilai Rp100 ribu.