alexa

Bitcoin dan Ethereum Bergairah, DogeCoin Melesat 20 Persen

Jakarta, Gizmologi – Harga mayoritas mata uang kripto (cryptocurrency) terpantau bergairah selama akhir pekan ini. Sentimen positif terbukti masih mendorong Bitcoin dan Ethereum ke level tertingginya.

Berdasarkan data dari Coindesk, Bitcoin sukses melonjak 6,19% ke level harga US$ 44.485/koin dalam sepekan terakhir. Disusul Ethereum yang juga meroket jauh lebih kencang 19% ke level US$ 3.116/koin.

Selanjutnya Dogecoin yang menguat 23,41% ke US$ 0,26/koin bila dibandingkan dengan waktu perdagangan yang sama sepekan yang lalu. Hal tersebut menunjukkan, optimisme telah kembali di pasar mata uang kripto

“Suasana optimisme tampaknya telah kembali ke pasar cryptocurrency. Namun, turbulensi yang telah kita lihat di pasar kripto selama beberapa minggu terakhir tidak mungkin mereda dengan cepat,” kata Paolo Ardoino, CTO Bitfinex.

Market Kripto

Beberapa analis optimis dengan reli kripto pada hari ini. Terlebih hasil reli bitcoin di atas $ 42.000 adalah upaya untuk menembus di atas tren turun jangka menengah, yang jika dikonfirmasi dapat menembus garis resistance pada kisaran US$ 50.000 hingga US $55.000.

Pada awal tahun 2021, bitcoin sempat menguasai lebih dari 70% pasar kripto, menurut TradingViews. Namun pada akhir Juli 2021, pangsa pasar bitcoin turun menjadi 48% dari pasar kripto global yang senilai US$ 1,6 triliun.

Cryptocurrency memang kembali menunjukkan tanda-tanda kehidupan lagi setelah turun secara signifikan dari rekor tertinggi dalam beberapa bulan terakhir. Anjloknya market crypto dipicu oleh kekhawatiran tentang tindakan keras China dan pertanyaan yang disebabkan cuitan Elon Musk tentang penggunaan energi Bitcoin.

Baca Juga: Bappebti: Edukasi Penting untuk Maksimalkan Potensi Aset Kripto di Indonesia

Selain itu faktor yang masih menciptakan ketidakpastian saat ini adalah RUU infrastruktur AS saat ini sedang berjalan melalui Kongres AS, yang tengah membahas persyaratan pelaporan untuk transaksi kripto dan pengumpulan pajak.

Meski demikian, itu tidak menghentikan momentum dalam transaksi aset kripto. Terbukti nilai pasar meningkat sekitar 10 persen menjadi US$1,89 triliun. Melansir CoinGecko.com, token lain seperti Binance Coin, Cardano, XRP, dan Altcoin juga meningkat.

 

Tinggalkan komen