alexa

Fitbit Ace 3, Smartband Interaktif Khusus Anak Harga Rp1 Jutaan

Pada awal tahun 2021 ini, Fitbit, produsen perangkat olahraga yang dikenal dengan seri wearable-nya telah masuk ke tahap finalisasi proses akuisisi oleh Google. Meski begitu, tak membuat peluncuran produk terbarunya tertunda. Pekan ini, mereka rilis Fitbit Ace 3, sebuah seri gelang pintar atau smartband khusus anak.

Lewat Fitbit Ace 3, Fitbit berharap anak berusia enam tahun atau lebih tua bisa lebih termotivasi untuk lebih banyak bergerak, serta menciptakan gaya hidup lebih sehat. Tak seperti perangkat wearable olahraga lainnya yang mungkin terlihat sedikit membosankan, Fitbit mengemasnya dengan desain dan perangkat lunak lebih menarik bagi penggunanya yang jauh lebih muda.

Terlihat langsung dari tampilannya sendiri, yang dirancang warna-warni dengan lekukan-lekukan ekstra. Bagian luar dari permukaan modul utama Fitbit Ace 3 dikemas dengan karet silikon, begitu pula strap-nya yang berbahan sama. Material tersebut diklaim tahan kotor serta “swim-proof”, tahan hingga penggunaan di bawah air sampai kedalaman 50 meter.

Baca juga: Fitbit Inspire 2 Hadir dengan Gratis 1 Tahun Layanan Premium

Fitbit Ace 3 Punya Tampilan Jam Interaktif

Fitbit Ace 3

Selain hadir dalam opsi warna yang beragam, Fitbit juga membuat tampilan layarnya lebih menarik ketika sedang digunakan. Meski masih hitam putih, dimensi layarnya dibuat lebih besar 20% bila dibandingkan dengan seri Ace 2 yang berukuran 0,7 inci. Daya tahan baterainya sendiri mencapai 8 hari penggunaan.

Bila smartband pada umumnya punya clock face yang bisa digonta-ganti, maka Fitbit Ace 3 juga punya fitur serupa. Bedanya, tampilannya bisa bergerak, dengan lebih banyak animasi sesuai anak seperti tampilan kucing atau kelinci. Sembari menambah aktivitas, tampilannya juga bakal berubah supaya anak lebih termotivasi.

Tentunya, perangkat ini bisa disambungkan ke smartphone milik sang anak, untuk menerima notifikasi seperti panggilan masuk, notifikasi pesan, email dan lainnya. Namun Fitbit juga berikan mode tidur serta do not disturb, agar tak mengganggu ketika dipakai saat jam sekolah.

Secara sensor, perangkat ini cukup minimalis karena masih belum dilengkapi sensor denyut jantung. Namun masih dapat mengukur kualitas tidur serta jumlah langkah sang anak. Secara default, Fitbit Ace 3 bakal targetkan durasi aktif bergerak 60 menit dan 10 ribu langkah tiap harinya, sesuai saran dari lembaga CDC.

Sebagai orang tua, mereka juga dapat menerima insight atau catatan kegiatan sang anak melalui akun dan aplikasi Fitbit. Pengguna Fitbit Ace 3 tak bisa menikmati fitur seperti berbagi hasil olahraga di dalam aplikasi. Orang tua juga harus membuatkan akun khusus untuk pengguna berusia 6 – 12 tahun.

Harga Fitbit Ace 3

Fitbit Ace 3

Tersedia secara pre-order di Amerika Serikat, Fitbit membanderol gelang pintar khusus anak ini seharga USD79,95, atau sekitar Rp1,1 jutaan. Dibandingkan dengan smartwatch anak yang biasanya punya dimensi besar, perangkat seperti Fitbit Ace 3 bakal lebih praktis digunakan.

Fitbit berencana untuk rilis smartband anak ini secara global pada 15 Maret mendatang. Dan pada musim panas nanti, pihaknya bakal merilis dua jenis strap khusus bertema Minion, dijual terpisah dengan harga USD29,95 (Rp430 ribuan).

Tinggalkan komen